Apa Sajakah Fungsi Kulit pada Manusia

A. Untuk mengeluarkan Minyak dan Keringat
Ekskresi ialah proses pembuangan sisa metabolisme dan benda tidak berguna lainnya. Fungsi utama dari organ ini adalah untuk mengeluarkan minyak dan keringat dari dalam tubuh. Ekskresi juga berguna untuk pembuangan zat-zat sisa pada makhluk hidup seperti karbon dioksida, urea, racun dan lainnya.

B. Indra Peraba
Fungsi ini sangat penting bagi makhluk hidup. Melalui indra peraba, kita dapat merasakan sakit, panas, atau dingin apabila sesuatu menyentuh kulit. Hal itu dikarenakan pada permukaan kulit kita terdiri atas berbagai penerima rangsang yang akan menanggapi rasa sakit, tekanan, panas, dan dingin.

 C. Perlindungan 
 Pelindung Tubuh dari Kerusakan mekanis, Zat zat kimia, atau mencegah masuknya kuman penyakit di dalam tubuh. Kulit juga bisa mencegah patogen berbahaya dan zat beracun memasuki tubuh. Kecuali ada luka pada kulit, tidak ada yang bisa menembus kulit.

D. Pengatur suhu
Kulit kita membantu tubuh kita agar mempertahankan suhu internal yang konstan. Ketika suhu lingkungan naik, pembuluh darah hadir dalam melebarkan kulit. Dengan cara ini, banyak panas yang hilang dari tubuh kita. Di sisi lain, dalam menanggapi lingkungan yang dingin, pembuluh darah mengerut, sehingga mengurangi kehilangan panas tubuh.

E. Tempat pembuatan Vitamin D
 Kulit kita mengandung zat zat yang disebut ergosterol, yang bertanggung jawab atas sintesis vitamin D. Pada paparan sinar matahari, ergosterol diubah menjadi vitamin D2 yang merupakan salah satu bentuk dari lima jenis vitamin D. Vitamin D ialah vitamin steroid dan meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor bersama-sama dengan metabolisme mereka.

Bonus Pantun :

Ada buah manggis
Ada juga buah anggur
Awalnya romantis
Pas tekdung malah kabur

Tags: