Berikut – 14 Soal Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini Beserta Jawaban

Kumpulan Soal Materi Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini
  1. Didi yang sedang mencoba menyusun balok kayu, tiba-tiba didekati Anto dengan maksud ingin main bersama. Didi bukannya me nerima keinginan Anto, tapi dia marah dan mengusir Anto karena menurut Didi hanya dia yang berhak main balok kayu.Sikap Didi menunjukkan ciri anak yang ….
    a. Individualitas
    b. Individual
    c. Egois
    d. Egocentris
  2. Pada minggu keempat masuk TK, Anita sudah mampu menulis angka satu sampai dengan lima. Kemampuan menulis angka tersebut merupakan hasil dari ….
    a. Kematangan
    b. Kegiatan
    c. Perkembangan 
    d. Pertumbuhan
  3. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kemampuan anak berbicara dari kelompok anak yang sama usianya, sangat beragam. Keragaman tersebut membuktikan bahwa ….
    a. Perkembangan meliputi semua aspek
    b. Tiap individu berbeda
    c. Berlangsung secara bertahap
    d. Mengikuti pola tertentu
  4. Perkembangan struktur kognitif pada masa akomodasi dapat diketahui dengan terjadinya ….
    a. Proses pembentukan pengetahuan yang baru
    b. Cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti
    c. Jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah/ranah ingatan
    d. Jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek
  5. Kondisi yang paling berpengaruh terhadap kesulitan anak dalam pengembangan fisikmotorik adalah ….
    a. Mata juling
    b. Cacat kaki dan tangan
    c. Badan terlalu gemuk
    d. Tangan kidal
  6. Kegiatan bimbingan yang dilakukan pembimbing untuk membantu anak yang mengalami kesulitan membaca, adalah suatu bentuk pendekatan ….
    a. Situasional
    b. Remedial
    c. Preventif
    d. Kuratif
  7. Berdasarkan prinsip bahwa semua anak memerlukan bimbingan, maka kegiatan pembimbingan yang paling tepat dilakukan oleh Bu Tatmi adalah ….
    a. Memberikan bimbingan kepada semua anak untuk menemukan bakat melukis
    b. Memberikan bimbingan kepada anak-anak yang belum dapat melukis
    c. Mengadakan lomba melukis bagi anak-anak yang berminat
    d. Memberi tugas kepada semua anak untuk membawa lukisan
  8. Kegiatan guru yang paling tepat untuk mengeksplorasi ide dari anak-anak tentang lingkungan hidup adalah ….
    a. Bercerita di depan kelas tentang banjir
    b. Menjelaskan sebab-sebab terjadinya banjir
    c. Menugaskan anak berdiskusi tentang banjir
    d. Mengajak anak melihat video tentang banjir
  9. Kegiatan yang dapat memberikan arahan kepada anak-anak agar memiliki pribadi sosial yang baik adalah ….
    a. Memberikan permainan yang membutuhkan toleransi
    b. Memberikan permainan individual untuk semua anak
    c. Mengajarkan anak agar selalu makan makanan sehat
    d. Melarang anak jajan di sembarang tempat
  10. Pertanyaan yang dapat mengarahkan fokus kegiatan dalam evaluasi program bimbingan dan konseling pada langkah penetapan sasaran adalah ….
    a. Mengapa diperlukan evaluasi pada program bimbingan dan konseling
    b. Apa dan siapa yang akan dievaluasi pada program bimbingan dan konseling
    c. Kapan sebaiknya evaluasi bimbingan dan konseling dilaksanakan
    d. Siapa yang dapat melakukan evaluasi program bimbingan dan konseling
  11. Kegiatan guru yang dapat dikategorikan sebagai proses bimbingan pada saat pembelajaran berlangsung adalah ….
    a. Menghukum anak yang terlambat datang di kelas
    b. Memeriksa hasil pekerjaan rumah anak-anak
    c. Menjelaskan pentingnya hidup rukun sesama teman
    d. Memeriksa kelengkapan belajar
  12. Materi yang paling tepat diberikan pada layanan pemberian informasi yang ditujukan kepada orang tua anak, adalah pemberian informasi mengenai ….
    a. Perkembangan kemampuan anak dalam membaca
    b. Tata cara hidup sehat melalui menu sehari-hari
    c. Tanaman pot sebagai penyejuk halaman rumah
    d. Nyamuk serangga penyebar maut
  13. Langkah pertama yang harus dilakukan guru pada saat menyusun tugas dalam rangka asesmen hasil belajar adalah ….
    a. Menentukan tugas yang akan dinilai
    c. Menentukan skala yang akan digunakan
    c. Melakukan uji coba
    d. Mengidentifikasi kemampuan siswa
  14. Salah satu ciri program bimbingan yang baik adalah ….
    a. Tujuan program sangat ideal
    b. Program bertaraf internasional
    c. Tersedia fasilitas yang diperlukan
    d. Program disusun oleh kepala sekolah
Jawaban:
  1. d. Egocentris
  2. c. Perkembangan 
  3. b. Tiap individu berbeda
  4. c. Jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah/ranah ingatan
  5. b. Cacat kaki dan tangan
  6. d. Kuratif
  7. a. Memberikan bimbingan kepada semua anak untuk menemukan bakat melukis
  8. c. Menugaskan anak berdiskusi tentang banjir
  9. a. Memberikan permainan yang membutuhkan toleransi
  10. b. Apa dan siapa yang akan dievaluasi pada program bimbingan dan konseling
  11. c. Menjelaskan pentingnya hidup rukun sesama teman
  12. a. Perkembangan kemampuan anak dalam membaca
  13. d. Mengidentifikasi kemampuan siswa
  14. c. Tersedia fasilitas yang diperlukan