Soal Pembelajaran PKN di SD Beserta Jawaban

Kumpulan Soal Pilihan Ganda Materi Pembelajaran PKN di SD 
  1. Dalam pendidikan nilai, substansi nilai tidaklah semata-mata ditangkap dan diajarkan tetapi lebih jauh, nilai dicerna dalam arti ditangkap, diinternalisasi, dan dibakukan sebagai bagian yang melekat dalam kualitas pribadi seseorang melalui proses belajar, merupakan pandangan dari…. 
    a. Hermannu 
    b. Lickona 
    c. Bloom 
    d. Alisyahbana 
  2. Menurut Permendiknas No. 22 Tahun 2006, bahwa substansi kurikuler yang didalamnya mengandung nilai dan moral persatuan dan kesatuan bangsa meliputi, antara lain…. 
    a. Hidup rukun dalam perbedaan 
    b. Tertib dala kehidupan keluarga 
    c. Hak dan kewajiban anggota masyarakat 
    d. Harga diri sebagai warga negara 
  3. Berkaitan dengan hubungan interaktif pengembangan nilai dan moral, bahwa pendidikan moral merupakan aspek yang esensial bagi perkembangan dan berhailnya kehidupan demokrasi, merupakan pandangan dari…. 
    a. Hermann 
    b. Lickona 
    c. Bloom 
    d. Alisyahbana 
  4. Dalam kurikulum di bawah ini yang sudah mengenal istilah pendidikan kewarganegaraan adalah kurikulum …. 
    a. Tahun 1946 
    b. Tahun 1957 
    c. Tahun 1961 
    d. Tahun 1968
  5. Menurut Permendiknas No. 22 tahun 2006, bahwa tujuan dari mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut. Kecuali….
    a. Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
    b. Berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab, bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti korupsi
    c. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
    d. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lainnya dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan mengikuti salah satu blok pertahanan agar negara lebih kuat 
  6. Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan alasan bahwa PKN sebagai mata pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai dan moral, adalah….
    a. Materi PKN adalah konsep-konsep nilai Pancasila dan UUD 45 berserta dinamika perwujudan dalam kehidupan masyarakat negara Indonesia
    b. Sasaran belajar akhir PKN adalah perwujudan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam bentuk perilaku nyata kehidupan sehari-hari
    c. Proses pembelajarannya menuntut terlibatnya emosional, intelektual, dan sosial dari peserta didik dan guru sehingga nilai-nilai tersebut bukan hanya dipahami tetapi dihayati sekaligus dilaksanakan
    d. Materi PKN merupakan kebijakan pemerintah yang harus dilaksanakan oleh seluruh warga negara Indonesia, apabila tidak dilaksanakan maka akan mendapatkan sangsi tegas 
  7. Berikut ini adalah mata pelajaran yang paling erat keterkaitannya dengan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, kecuali….
    a. IPS
    b. Pendidikan agama
    c. Pendidikan keterampilan
    d. Bahasa Indonesia 
  8. Penduduk Indonesia golongan weddoid terdapat di daerah….
    a. Enggano dan Mentawai
    b. Papua dan Aru
    c. Sunda Besar dan Madura
    d. Sumatera dan Jawa 
  9. Menurut Piaget, perkembangan dalam tahapan kesadaran mengenai aturan, dimana aturan dirasakan sebagai hal yang tidak bersifat memaksa adalah usia antara….
    a. 0 – 2 tahun
    b. 2 – 8 tahun
    c. 8 – 12 tahun
    d. 12 – 15 tahun
  10. Bahwa sesuatu hal dipandang baik dengan pertimbangan untuk memenuhi anggapan orang lain baik karena memang telah disepakati, merupakan ciri dari tahap perkembangan moral, yaitu….
    a. Orientasi hukuman dan kapatuhan
    b. Orientasi instrumental nisbi
    c. Orientasi kesepakatan timbal balik
    d. Orientasi hukum dan ketertiban 
  11. Pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana utama serta esensi pendidikan demokrasi di Indonesia, yang dilaksanakan dengan fokus kecerdasan dan daya nalar warga negara baik dalam dimensi spiritual, rasional, emosional, maupun sosial adalah….
    a. Civic responsibility
    b. Civic intelligence
    c. Civic participation
    d. Civic education
  12. Pendidikan yang memungkinkan siswa mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajibannya, merupakan fungsi dan peran pendidikan kewarganegaraan sebagai….
    a. Pendidikan nilai dan moral
    b. Pendidikan politik
    c. Pendidikan kewarganegaraan
    d. Pendidikan hukum dan kemasyarakatan 
  13. Pernyataan di bawah ini merupakan kelebihan dari pendekatan pembelajaran terpadu dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran yang bersifat konvensional, kecuali….
    a. Pengalaman dan kegiatan belajar anak akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak
    b. Seluruh kegiatan beajar lebih bermakna bagi anak sehingga hasil belajar akan dapat bertahan lebih lama
    c. Kegiatan yang dipilih dengan dan bertolak dari minat dan kebutuhan
    d. Pembelajaran terpadu lebih menfokuskan pada ranah kognitif dan psikomotor
  14. Salah satu landasan hukum Bhinneka Tunggal Ika, adalah batang tubuh UUD 1945, yaitu…
    a. Pasal 1 ayat 1
    b. Pasal 27
    c. Pasal 30
    d. Pasal 31 
  15. Paham bangsa timbul karena persamaan perangai dan tingkah laku dalam memperjuangkan persatuan dan nasib yang sama, merupakan nasionalisme menurut pandangan ….
    a. Joseph Ernest Renant
    b. Otto Bauar
    c. Louis Sneyder
    d. L. Stoddard 
  16. Berikut ini merupakan konsep arah kebijakan nasional yang dapat dikembangkan untuk menuju masyarakat adil dan makmur dengan pemerintahan yang transparan, kecuali….
    a. Menjadikan nilai-nilai agama dan nilai-nilai budaya bangsa sebagai sumber etika kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka memperkuat akhlak dan moral penyelenggara negara dan masyarakat
    b. Menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara yang terbuka dengan membuka wacana dan dialog terbuka di dalam masyarakat
    c. Meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat
    d. Menegakkan supremasi kekuasaan eksekutif agar pemerintahan berjalan dengan lancar
  17. Bertitik tolak dari kehidupan masyarakat Indonesia yang majemuk dengan keanekaragaman suku, budaya, sosial, agama, dan adat istiadat dapat memperkaya warna kehidupan bangsa Indonesia yang dilandasi oleh rasa cinta tanah air dan bangsa, merupakan tinjauan aspek tuntunan tingkah laku dari aspek….
    a. Aspek sosial
    b. Aspek budaya dan adat istiadat
    c. Aspek hankamnas
    d. Aspek ekonomi 
  18. Berikut ini merupakan latar belakang kemajemukan bangsa Indonesia, kecuali….
    a. Latar belakang historis, dimana neneng moyang bangsa Indonesia datang ke Indonesia dalam waktu yang cukup lama dan berbeda-beda dalam perjalanan berkembang sesuai dengan pengetahuan dan pengalamannya.
    b. Secara geografis kondisi kepulauan di Indonesia berbeda-beda
    c. Secara sosilogis dan kultural dampak teknologi manusia yang berkembang
    d. Secara yuridis bangsa Indonesia mempunyai konstitusi yang mengatur kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa
  19. Lagu apuse berasal dari daerah…..
    a. Papua (Irian Jaya)
    b. Sulawesi Utara
    c. Tapanuli
    d. Maluku
  20. Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan pandangan Prof. Haryati Sudibyo tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menanggulangi keanekargaman bangsa Indonesia adalah….
    a. Bahwa Indonesia merupakan kepulauan yang luas sekali
    b. Wilayah yang luas terdiri dari belasan ribu pulau dengan penduduk yang beranekaragam
    c. Keanekaragaman budaya dan bahasa setempat memiliki dasar budaya dan bahasa yang sama
    d. Hukum nasional harus diberlakukan secara berbeda-beda menyesuaikan kondisi budayanya 
  21. Dibawah ini merupakan pernyataan tentang ciri-ciri bahwa pelaksanaan HAM di Indonesia telah dilaksanakan, kecuali….
    a. Dalam bidang politik berupa kemauan pemerintah dan masyarakat untuk mengakui pluralisme pendapat dan kepentingan dalam masyarakat
    b. Dalam bidang sosial ditandai dengan adanya perlakuan yang sama dalam hukum antara orang kecil dan priyayi, dan adanya rasa toleransi dalam masyarakat terhadap perbedaan atau latar belakang agama dan ras warga negara Indonesia
    c. Dalam bidang ekonomi dalam negeri, yaitu dengan tidak adanya monopoli dalam sistem ekonomi yang berlaku
    d. Dalam bidang pemerintahan, kekuasaan legislatif lebih diperluas agar dapat menjatuhkan kekuasaan eksekutif
  22. Salah satu fungsi Komnas HAM dalam penyuluhan adalah….
    a. Menyebarluaskan wawasan mengenai HAM kepada masyarakat Indonesia
    b. Studi kepustakaan, studi lapangan, dan studi banding di negara lain mengenai HAM
    c. Penerbitan hasil pengakajian dan penelitian
    d. Pengamatan pelaksanaan HAM dan penyusunan laporan hasil pengamatan 
  23. Hukum adalah pikiran atau anggapan orang tentang adil dan tidak adil mengenai hubungan manusia, merupakan pandangan dari….
    a. Dr. Mr. Kisch
    b. Prof Sudiran
    c. Grotius
    d. Prof Mochtar K 
  24. Berdasarkan UUD 1945 pasal 30 ayat 1 dan 2, ada beberapa hal yang perlu dipahami, yaitu, kecuali….
    a. Keikutsertaan warga negara dalam pertahanan dan keamanan negara merupakan hak dan kewajiban
    b. Pertahanan dan keamanan negara menggunakan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta
    c. Kekuatan utama dalam sistem pertahanan adalah TNI, sedangkan dalam sistem keamanan adalah POLRI
    d. Kedudukan rakyat dalam pertahanan dan keamanan sebagai kekuatan inti 
  25. Hak asasi manusia melekat pada diri setiap manusia, tanpa melihat latar belakang kehidupan dan status sosialnya, merupakan ciri khas dari HAM, yaitu….
    a. Kodrat
    b. Hakiki
    c. Universal
    d. Tidak dapat dicabut 
  26. Dalam UUD 1945 Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang terdapat dalam ….
    a. Pasal 28
    b. Pasal 29
    c. Pasal 30
    d. Pasal 31 
  27. Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat merupakan konsep demokrasi menurut….
    a. Hornby
    b. Abraham Lincoln
    c. Torres
    d. Miriam Budiarjo 
  28. Pendidikan demokrasi adalah upaya sistematis yang dilakukan negara dan masyarakat untuk menfasilitasi individu warga negara agar memahami, menghayati, mengamalkan dan mengembangkan konsep, prinsip dan nilai demokrasi sesuai dengan status perannya dalam masyarakat, merupakan pandangan dari….
    a. Udin S. Winataputra
    b. Numan Somantri
    c. Gandal dan Finn
    d. Thomas Jefferson 
  29. Paradigma pendidikan demokrasi yang perlu dikembangkan dalam lingkungan sekolah adalah pendidikan demokrasi yang bersifat multidimensional atau bersisi jamak. Sifat multidimensionalitasnya tersebut terletak pada hal-hal berikut, kecuali….
    a. Pandangannya yang pluralistik uniter
    b. Sikapnya dalam menempatkan individu, negara, dan masyarakat global yang harmonis
    c. Tujuannya yang diarahkan pada semua dimensi kecerdasan
    d. Konteks yang menghasilkan pengalaman belajar yang eksklusif 
  30. Sekumpulan peraturan hidup yang dianggap sebagai suara hati nurani setiap manusia, merupakan definisi dari norma….
    a. Kesusilaan
    b. Kesopanan
    c. Adat
    d. Hukum
  31. Alat penegak hukum yang diberi wewenang untuk bertindak sebagai penuntut umum serta melaksanakan keputusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap adalah….
    a. Kepolisian
    b. Kejaksaan
    c. Kehakiman
    d. Penasehat hukum 
  32. Peradilan yang bertugas dan berwenang memeriksa perkara-perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam di bidang perkawinan, kewarisan, wasiat, wakaf, shadaqoh, dan hibah adalah….
    a. Peradilan agama
    b. Peradilan militer
    c. Peradilan tata usaha negara
    d. Peradilan umum 
  33. Barang siapa dengan sengaja melukai berat orang lain diancam karena melakukan penganiayaan berat, dengan pidana penjara paling lama delapan tahun, merupakan pernyataan dari KUHP pasal ….
    a. Pasal 354 KUHP ayat 1
    b. Pasal 362 KUHP
    c. Pasal 339 KUHP
    d. Pasal 365 KUHP 
  34. Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan kekuatan atau keunggulan dari pembelajaran tematik, adalah….
    a. Pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa
    b. Menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan guru
    c. Hasil belajar akan bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna
    d. Mengembangkan keterampilan berpikir siswa dengan permasalahannya yang dihadapi 
  35. Model pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan tema tertentu yang berkecenderungan dapat disampaikan melalui beberapa mata pelajaran merupakan model….
    a. Webbed
    b. Connected
    c. Integrated
    d. Networked 
  36. Langkah pertama dalam pembelajaran portofolio menurut Center for Civic Education, adalah….
    a. Mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat
    b. Memilih masalah untuk kajian kelas
    c. Mengumpulkan informasi tentang masalah yang akan dikaji oleh kelas
    d. Mengembangkan portofolio kelas 
  37. Berikut ini merupakan tujuan dari tahap mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat, kecuali….
    a. Agar siswa menyadari apa yang mereka ketahui tentang masalah di masyarakat
    b. Agar mendiskusikan permasalahan ini dengan orang tua siswa, tetangga, atau anggota masyarakat lain untuk menemukan apa yang mereka ketahui dan apa yang mereka pikirkan tentang permasalahan ini
    c. Mengumpulkan informasi yang cukup untuk memilih masalah yang disepakati oleh mayoritas siswa
    d. Mengkaji informasi yang telah dikumpulkan yang dianggap paling penting 
  38. Sesuatu yang merujuk kepada tuntunan perilaku yang membedakan perbuatan yang baik dan buruk atau dapat diartikan sebagai kualitas kebaikan yang melekat pada sesuatu, merupakan arti dari….
    a. Konsep
    b. Nilai
    c. Moral
    d. Norma
  39. Yang menjadi WNI adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara terdapat dalam ….
    a. Pasal 26 ayat 1 UUD 1945
    b. Pasal 27 UUD 1945
    c. Pasal 28 UUD 1945
    d. Pasal 29 UUD 1945 
  40. Bela negara dapat terwujud bila dilandasi oleh adanya tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut didasarkan oleh, kecuali….
    a. Kecintaan pada tanah air
    b. Kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia
    c. Keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai ideologi negara, dan kerelaan berkorban
    d. Kesetiaan terhadap pimpinan, walaupun dalam keadaan salah atau benar 
  41. Perasaan yang menghayati tindakan dan motif orang lain dengan rasa kecurigaan, merupakan sikap….
    a. Apatisme
    b. Sinisme
    c. Alienasi
    d. Anomie
  42. Tanggung jawab bersumber atau lahir atas penggunaaan fasilitas dalam penerapan kemampuan tiap orang untuk menggunakan hak atau dan melaksanakan kewajibannya, merupakan pandangan dari…..
    a. Purbacaraka
    b. Ridwan Halim
    c. Plato
    d. Aristoteles 
  43. Perwujudan sikap toleransi dalam kehidupan beragama, antara lain dapat dimanifestasikan sebagai berikut, kecuali….
    a. Bergaul atau berinteraksi dengan sesama warga masyarakat dengan tidak menonjolkan perbedaan agama, keturunan, bahasa, budaya, ras atau etnik
    b. Tidak melakukan tindakan yang memprovokasi, seperti mangadu domba, rasa kedaerahan yang sempit maupun etnosentrisme, pelecehan ajaran agama tertentu
    c. Tidak mencampuradukkan ajaran-ajaran agama yang satu dengan lainnya
    d. Melakukan kegiatan ritual setiap agama, agar dapat menghayati setiap agama yang ada di lingkungannya
  44. Menurut Jarolimek dan WC Parker bahwa dalam hubungannya degan proses pembelajaran, penilaian yang dilakukan oleh guru bertujuan untuk, kecuali….
    a. Membantu mengklarifikasi tujuan pembelajaran bagi peserta didik
    b. Menginformasikan kelebihan dan kekurangan peserta didik dalam belajar
    c. Menginformasikan peserta didik bagaimana meningkatkan proses dan hasil belajarnya
    d. Sebagai alat bagi guru untuk mengancam siswa apabila melanggar tata tertib atau melakukan perbuatan yang dianggap guru tidak baik 
  45. Penilaian kelas harus mengukur apa yang seharusnya di ukur dengan menggunakan alat yang dapat dipercaya, tepat, dan sahih merupakan prinsip….
    a. Valid
    b. Mendidik
    c. Berorientasi pada kompetensi
    d. Adil dan objektif 
  46. Model penilaian yang digunakan untuk mengetahui bagaimana respon atau pendapat siswa terhadap suatu permasalahan yang berkaitan dengan materi atau pokok bahasan/sub pokok bahasan yang diajarkan, adalah….
    a. Model penilaian daftar cocok
    b. Model penilaian catatan anekdot
    c. Model penilaian skala bertingkat
    d. Model penilaian sosiometri
  47. Karakter penilaian portofolio dimana bahan-bahan yang dikembangkan oleh siswa benarbenar nyata dikembangkan dan disusun oleh siswa, merupakan karakteristik….
    a. Multi sumber
    b. Authentic
    c. Eksplisit
    d. Integrasi 
  48. Pernyataan berikut ini merupakan tujuan pokok dari kegiatan show case dalam pembelajaran portofolio, kecuali….
    a. Untuk menginformasikan kepada hadirin tentang pentingnya masalah yang diidentifikasi di masyarakat
    b. Untuk menjelaskan dan mengevaluasi kebijakan alternatif mengatasi masalah sehingga hadirin dapat memahami keuntungan dan kerugian dari setiap kebijakan tersebut
    c. Untuk mendiskusikan kebijakan yang dipilih kelas sebagai kebijakan terbaik untuk mengatasi masalah
    d. Agar siswa menyadari apa yang mereka ketahui tentang masalah di masyarakat 
  49. Berikut ini yang bukan merupakan sikap dan perbuatan yang harus dilakukan oleh setiap warga negara dalam upaya membina ketertiban sebagai perwujudan atau manifestasi warga negara yang cerdas, adalah….
    a. Menggunakan hak yang dimiliki sesuai dengan kaidah-kaidah normatif yang berlaku, seperti norma agama, kesusilaan, kesopanan dan agama
    b. Menghargai hak dan kewajiban serta kepentingan orang lain
    c. Menjunjung tinggi toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
    d. Keanekaragaman dalam masyarakat harus dihapus digantikan dengan kesamaan dalam semua aspek agar tidak timbul konflik 
  50. Potensi dasar mental manusia yang merupakan keinginan atau kehendak terhadap sesuatu adalah…
    a. Sense of interest
    b. Sense of curiosity
    c. Sense of reality
    d. Sense of inquiry 
Kunci Jawaban:

  1. a. Hermannu 
  2. a. Hidup rukun dalam perbedaan 
  3. a. Hermann 
  4. d. Tahun 1968
  5. d. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lainnya dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan mengikuti salah satu blok pertahanan agar negara lebih kuat 
  6. d. Materi PKN merupakan kebijakan pemerintah yang harus dilaksanakan oleh seluruh warga negara Indonesia, apabila tidak dilaksanakan maka akan mendapatkan sangsi tegas 
  7. c. Pendidikan keterampilan 
  8. a. Enggano dan Mentawai
  9. a. 0 – 2 tahun 
  10. c. Orientasi kesepakatan timbal balik 
  11. b. Civic intelligence 
  12. b. Pendidikan politik 
  13. d. Pembelajaran terpadu lebih menfokuskan pada ranah kognitif dan psikomotor
  14. a. Pasal 1 ayat 1
  15. b. Otto Bauar 
  16. d. Menegakkan supremasi kekuasaan eksekutif agar pemerintahan berjalan dengan lancar
  17. a. Aspek sosial 
  18. d. Secara yuridis bangsa Indonesia mempunyai konstitusi yang mengatur kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa
  19. a. Papua (Irian Jaya)
  20. d. Hukum nasional harus diberlakukan secara berbeda-beda menyesuaikan kondisi budayanya 
  21. d. Dalam bidang pemerintahan, kekuasaan legislatif lebih diperluas agar dapat menjatuhkan kekuasaan eksekutif
  22. d. Pengamatan pelaksanaan HAM dan penyusunan laporan hasil pengamatan 
  23. b. Prof Sudiran
  24. d. Kedudukan rakyat dalam pertahanan dan keamanan sebagai kekuatan inti 
  25. b. Hakiki 
  26. a. Pasal 28 
  27. d. Miriam Budiarjo 
  28. a. Udin S. Winataputra
  29. a. Pandangannya yang pluralistik uniter 
  30. a. Kesusilaan 
  31. b. Kejaksaan 
  32. a. Peradilan agama 
  33. a. Pasal 354 KUHP ayat 1 
  34. b. Menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan guru 
  35. a. Webbed 
  36. a. Mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat 
  37. d. Mengkaji informasi yang telah dikumpulkan yang dianggap paling penting 
  38. b. Nilai
  39. a. Pasal 26 ayat 1 UUD 1945 
  40. d. Kesetiaan terhadap pimpinan, walaupun dalam keadaan salah atau benar 
  41. b. Sinisme 
  42. a. Purbacaraka 
  43. d. Melakukan kegiatan ritual setiap agama, agar dapat menghayati setiap agama yang ada di lingkungannya
  44. d. Sebagai alat bagi guru untuk mengancam siswa apabila melanggar tata tertib atau melakukan perbuatan yang dianggap guru tidak baik 
  45. a. Valid 
  46. a. Model penilaian daftar cocok
  47. b. Authentic
  48. d. Agar siswa menyadari apa yang mereka ketahui tentang masalah di masyarakat 
  49. d. Keanekaragaman dalam masyarakat harus dihapus digantikan dengan kesamaan dalam semua aspek agar tidak timbul konflik 
  50. a. Sense of interest