✓ Atletik : Apa Pengertian Atletik?

Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama yaitu pada 776 SM. Kata atletik merupakan bahasa Yunani yang berasal dari kata Athlon atau Athlum yang artinya “ Lomba atau Perlombaan/Pertandingan”. Edi Purnomo, 2011 menjelaskan mengenai pengertian olahraga atletik bahwa atletik adalah aktivitas jasmani yang terdiri dari gerakan – gerakan dasar yang harmonis dan dinamis, yaitu jalan; lari; lempar dan lompat. Selain itu Mochamad Djumidar A.widya, 2004 juga menerangkan bahwa definisi atletik adalah salah satu unsur dari pendidikan jasmani dan kesehatan, juga merupakan komponen-komponen pendidikan keseluruhan yang mengutamakan  aktivitas jasmani serta pembinaan hidup sehat dan pengembangan jasmani, mental, sosial dan emosional yang serasi, selaras dan seimbang.

Muhajir juga memberi penjelasan mengenai atletik, bahwa atletik adalah olahraga yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia. Berlari, meloncat dan melempar adalah bagian tak terpisahkan dari sejarah panjang kehidupan manusia”. 

 merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama yaitu pada  ✓ Atletik : Apa Pengertian Atletik?

Pengertian atletik menurut ahli lainnya antara lain

1.Aip Syarifudin
Atletik adalah salah satu cabang olahraga yang diperlombakan yang meliputi nomor-nomor jalan, lari, lompat dan lempar.

2. Woeryanto
Penjelasan atketik selanjutnya menurut Woeryanto dinyatakan bahwa atletik merupakan dasar untuk cabang olahraga lain seperti: Sepakbola, basket, bulutangkis, hockey dan sebagainya. Cabang -cabang olah – raga tersebut membutuhkan suatu kecepatan,daya tahan & juga kekuatan, sedangkan dlm atletik unsur itu telah dibina scr seksama.

3. Sukirno
Beliau memberi keterangan tentan apa itu olahraga atletik, yaitu sebagai olahraga yg paling tua dan merupakan induk dr semua cabang olah-raga, oleh sebab itu atletik sering disebut sebagai the mother of sport.

Olahraga atletik yang terdiri atas cabang jalan, lari, lempar dan juga lompat dan dapat dikatakan bahwa atletik merupakan cabang olahraga yang paling tua usianya. Olahraga atletik dikeal juga dengan sebutan “ibu atau induk” dari seluruh cabang olahraga yang ada (Mother of sports). Hal ini disebabkan oleh karena gerakan yang ada di dalam atletik telah tercermin pada kehidupan manusia purba, mengingat jalan, lari, lompat dan juga lempar yang secara tidak sadar telah mereka lakukan dalam rangka upaya untuk mempertahankan dan mengembangkan hidupnya,  bahkan mereka memakai untuk menyelamatkan diri dari gangguan alam sekitarnya.

Baca juga : Contoh Artikel Olahraga

Itulah artikel pengetahuan umum yang berjudul Atletik : Apa Pengertian Atletik? yang semoga bermanfaat.