✓ Cara Menanggulangi Banjir

Cara Menanggulangi Banjir ✓ Banjir dapat dikatakan untuk saat ini merupakan hal yang sudah terbiasa terjadi untuk setiap tahunnya dan belum dapst di atasi secara maksimal. Kurang menyadarinya akan bahaya banjir dan sebab sebab terjadinya banjir merupakan hal yang sangat erat kaitannya dengan banjir yang terjadi. Banjir berdampak pada kerugian material dan imaterial. Hal yang paling baik adalah mencegah terjadinya banjir. Lalu, apa saja yang dapat dilakukan untuk menangani banjir? Artikel ini berkaitan dengan bagai mana cara menanggulangi banjir tersebut.

Daftar Isi

1. Tidak Membuat Rumah/ Bangunan di Pinggir Sungai
2. Menjaga Lingkungan Sekitar
3. Reboisasi dan Tebang Pilih
4. Membersihkan Saluran Air
5 Membuang Sampah pada Tempatnya
6. Dengan Membuat Lubang Biopori

Cara Menanggulangi Banjir

Ilustrasi Cara Menanggulangi Banjir

Cara Menanggulangi Banjir dengan Tidak Membuat Rumah/ Bangunan di Pinggir Sungai

Pada waktu sekarang ini semakin banyak masyarakat yang membangun rumah di pinggiran sungai, sebaiknya pinggiran sungai jangan di jadikan sebagai tempat tinggal atau sebagai rumah penduduk, hal ini karena dapat menyebabkan banjir.

Cara Menanggulangi Banjir dengan Menjaga Lingkungan Sekitar

Yang sangat penting yaitu menjaga lingkungan sungai atau selokan, sungai sebaiknya di pelihara secara baik. Sebaiknya jangan membuang sampah ke selokan, hak ini karena sungai atau selokan bukan merupakan tempat pembuangan sampah

Cara Menanggulangi Banjir dengan Reboisasi dan Tebang Pilih

Terkadang orang lupa sehabis menebang tidak menanam kembali sebagai pengganti pohon yang ditebangnya tersebut. Pohon yang telah ditebang alangkah bainya ada penggantinya. Hal ini dimaksudkan untuk regenerasi hutan dengan tujuan hutan tidak menjadi gundul. Jika sudah gundul maka segera dilakukan reboisasi.

Cara Menanggulangi Banjir dengan Membersihkan Saluran Air

Proses membersihkan saluran air merupakan hal yang positif sebagai upaya dan cara menanggulangi banjir. Biasanya proses pembersihannya dilakukaan dengan cara gotong rotong. Penjagaan ini harus dilakukan secara terus menerus dengan waktu berkala. Hal tersebu mempunyai tujuan agar terjadi hujan deras, air tidak akan tersumbat dan mampu mencegah terjadinya banjir

Cara Menanggulangi Banjir dengan Membuang Sampah pada Tempatnya

Tidak sedikit kita lihat dan temukan bahwa masyarakat indonesia membuang sampah sembarangan terutama membuang sampah ke sungai, Dengan membuang sampah ke sungai maka dapat berdampak buruk di kemudian hari. Oleh sebab sampah yang telah menumpuk bisa menyebabkan terjadinya banjir pada waktu curah hujan sedang tinggi. Pengelolahan terhadap sampah secara benar dan tepat dapat membantu mencegah banjir.

Membuat Lubang Biopori

Dengan adanya biopori maka air akan cepat meresap ke bawah, sengga tidak ada genangan air.

Itulah artikel pengetahuan umum yang berjudul Cara Menanggulangi Banjir yang semoga dapat kita aplikasikan dalam sehari – hari dan bermanfaat.