✓ Makanan dan Kesehatan (Materi SD/MI Kelas 5)

Makanan dan Kesehatan (Materi SD/MI Kelas 5) ✓ Kita makan sebenarnya untuk apa?Bagaimanakah tubuh kita mengolah dan menggunakan makanan tersebut? Fungsi dari makanan bagi tubuh kita, antara lain sebagai sumber energi, untuk pembentukan dan pertumbuhan sel – sel yang baru, untuk mengganti sel – sel yang mengalami kerusakan, serta untuk mengatur bagian tubuh supaya bekerja dan tumbuh secara normal.

Daftar Isi:

1. Makanan yang Mudah Dicerna dan Makanan yang Tidak Mudah Dicerna
2. Makanan Bergizi dengan Susunan Seimbang Menjadikan Tubuh Sehat

Makanan dan Kesehatan (Materi SD/MI Kelas 5)

Bagaimanakah tubuh kita mengolah dan menggunakan makanan tersebut ✓ Makanan dan Kesehatan (Materi SD/MI Kelas 5)

1. Makanan yang Mudah Dicerna dan Makanan yang Tidak Mudah Dicerna

Yang dimaksud dengan makanan yang mudah dicerna adalah makanan – makanan yang terbuat dari bahan yang tidak berserat. Sebagai contoh untuk makanan yang mudah dicerna antara lain : nasi, tepung, buah-buahan yang tidak berserat, daging, dan juga ikan. Sedangkan untuk makanan yang sulit dicerna adalah makanan yang banyak mengandung serat. Contoh makanan yang tidak mudah dicerna antara lain : sayuran. Serat terbuat dari selulosa. Tubuh kita tidak bisa mencerna serat sebab tidak punya enzim pencerna selulosa, yaitu selulase.

2. Makanan Bergizi dengan Susunan Seimbang Menjadikan Tubuh Sehat

Seperti yang telah disebutkan di awal bahwa makanan yang kita makan akan dipakai untuk pertumbuhan, mengganti sel-sel yang rusak, menghasilkan panas dan energi, serta memelihara kesehatan tubuh. Jika kita makan sesuai dengan gizi yang dibutuhkan serta berupa makanan yang seimbang, maka tubuh kita akan menjdi sehat. Makanan yang bergizi merupakan jenis makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan juga mineral. Supaya lebih jelas, ayo kita belajar bersama – sama mempelajari zat – zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita sehari – hari yang diambil dari makanan.

a. Karbohidrat

Contoh makanan yang mengandung karbohidrat misalnya nasi, roti, sagu, umbi-umbian, jagung, dan juga pisang. Apa fungsi karbohidrat untuk tubuh kita? Fungsinya yaitu untuk menghasilkan tenaga atau energi dan menghasilkan panas.

b. Lemak

Lemak bisa kita dibedakan menjadi 1). lemak nabati dan 2). lemak hewani. Pengertian lemak nabati adalah lemak yang berasal dari tumbuhan. Sebagai contoh lemak nabati yaitu terdapat pada kelapa, kemiri, buah zaitun, buah cokelat, dan kacang tanah. Sedangkan pengertian lemak hewani adalah lemak yang berasal dari hewan. Sebagai contoh lemak hewani yaitu terdapat dalam daging, susu, keju, dan mentega. Energi yang dihasilkan oleh lemak lebih banyak daripada energi yang dihasilkan oleh karbohidrat. Fungsi lemak pada tubuh kita yaitu mempunyai fungsi sebagai pelindung alat – alat tubuh yang halus, misalnya mata, hati, dan ginjal; pelarut vitamin A, D, E, dan K; energi cadangan.

Artikel lainnya : Sistem Pencernaan pada Manusia

c. Mineral

Jumlah mineral dibutuhkan oleh tubuh kita berjumlah sedikit saja. Tetapi, mineral harus selalu ada dalam makanan yang kita makan. Pada tubuh mineral mempunyai fungsi sebagai zat pembentuk (pembangun) dan pengatur. Mineral terdapat dalam berbagai aneka bahan makanan. Tetapi, tidak ada satu pun bahan makanan yang mengandung semua jenis mineral. Oleh sebab itu, kita sebaknya makan dari berbagai jenis makanan supaya kebutuhan mineral tercukupi. Beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya saja: zat yodium, zat kapur, zat fosfor, dan zat besi. 1) Zat Yodium. Zat ini mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya penyakit gondok. Kekurangan zat yodium akan mengakibatkan penyakit gondok. Zat yodium, misalnya, terdapat pada garam beryodium dan ikan laut. 2) Zat Kapur. Zat ini dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, juga dibutuhkan untuk membantu proses pembekuan darah saat terluka. Zat kapur banyak terkandung dalam susu, ikan, dan juga telur. 3) Zat Fosfor. Zat fosfor dibutuhkan oleh tubuh kita dalam pembentukan tulang dan sel-sel tubuh. Kekurangan zat fosfor mengakibatkan pertumbuhan badan terganggu. Contoh makanan yang banyak mengandung zat fosfor misalnya daging, susu, sayuran, dan biji-bijian. 4) Zat Besi. Zat ini diperlukan dalam pembentukan selsel darah merah. Zat besi banyak terkandung di dalam daging, hati, kedelai, dan juga sayur – sayuran. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan penyakit kurang darah (anemia).

d. Protein

Protein dibedakan menjadi dua macam, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani bersumber dari hewan, contihnya ikan, telur, dan daging. Protein nabati bersumber dari tumbuhan, misalnya kacang-kacangan. Apa kegunaan protein bagi tubuh kita? Protein berfungsi untuk membangun tubuh supaya menjadi besar (pertumbuhan), mengganti bagian-bagian tubuh yang telah rusak, dan dapat menghasilkan tenaga.

Baca juga : Penyakit-Penyakit pada Alat Pencernaan dan Kebiasaan Hidup Sehat

e. Vitamin

Vitamin mempunyau sifat sebagai zat pengatur. Vitamin diperlukan dalam jumlah sedikit. Walaupun diperlukan dalam jumlah sedikit, vitamin sangat besar peranannya dalam menjaga kesehatan tubuh. Selengkapnya tentang vitamin ada di artikel : Vitamin : Jenis dan Fungsi Vitamin A, B, C, D, E, K

Demikian artikel Makanan dan Kesehatan (Materi SD/MI Kelas 5) yang semoga bermanfaat. Terimakasih.