✓ Vitamin : Jenis dan Fungsi Vitamin A, B, C, D, E, K

Vitamin : Jenis dan Fungsi Vitamin A, B, C, D, E, K ✓ Vitamin mempunyai fungsi sebagai zat pengatur. Kebutuhan tubuh akan vitamin yaitu jumlahnya hanya sedikit  saja. Walaupun yang diperlukan hanya sedikit, namun peran vitamin sangat besar yaitu dalam menjaga kesehatan tubuh kita karena jika kita kekurangan vitamin maka tubuh dengan mudah terserang penyakit. Adapun penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin disebut avitaminosis. Seseorang kelebihan vitamin juga tidak baik, Kelebihan vitamin disebut hipervitaminosis.

Vitamin : Jenis dan Fungsi Vitamin A, B, C, D, E, K

 Vitamin mempunyai fungsi sebagai zat pengatur ✓ Vitamin : Jenis dan Fungsi Vitamin A, B, C, D, E, K

Daftar Isi:

1. Vitamin A
2. Vitamin B
3. Vitamin C
4. Vitamin D
5. Vitamin E
6. Vitamin K

Terdapat berbagai macam vitamin yang diperlukan oleh tubuh kita. Vitamin-vitamin tersebut, antara lain : vitamin A,  B, C, D, E, dan K. Untuk jenis vitamin A, D, E, dan K adalah vitamin yang larut di dalam lemak, sedangkan untuk vitamin B dan C adalah vitamin yang larut dalam air. Dengan adanya sifat tersebut maka vitamin A, D, E, dan K bisa disimpan di dalam tubuh, sedangkan vitamin B dan C tidak bisa disimpan di dalam tubuh. Oleh karenanya, setiap hari kita harus mengkonsumsi vitamin B dan C melalui makanan yang kita makan atau minuman yang kita minum.

Baca juga : Sistem Pencernaan pada Manusia

Fungsi Vitamin A, B, C, D, E, K

1) Vitamin A

Fungsi Vitamin A yaitu berguna untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan juga untuk mempertinggi daya tahan tubuh terhadap infeksi. Tubuh yang kekurangan vitamin A akan mengakibatkan penyakit rabun senja. Pada bayi, kekurangan vitamin A dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kebutaan. Makanan yang banyak mengandung vitamin A yaitu banyak terdapat pada buah pisang, pepaya, telur, wortel, tomat, susu, dan ikan, serta hati.

2) Vitamin B

Fungsi vitamin B yaitu berguna untuk mendukung pertumbuhan badan dan juga untuk mencegah terhadap gangguan saraf. Tubuh yang kekurangan vitamin B akan mengakibatkan penyakit beri-beri, selera makan hilang, dan juga pertumbuhan badan akan terhambat. Makanan yang banyak mengandung vitamin B yaitu banyak terdapat pada sayuran, telur, kacang-kacangan, nasi, hati, daging, dan juga pada susu.

3) Vitamin C

Fungsi vitamin C yaitu berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Tubuh yang kekurangan vitamin C akan mengakibatkan gusi menjadi berdarah, sariawan, dan juga bibir menjadi pecah-pecah. Vitamin C terdapat di buah-buahan yaitu buah yang berwarna kuning kemerah-merahan, seperti halnya pada buah tomat, nanas, dan jeruk. Selain itu, vitamin C juga banyak terdapat pada sayuran yang masih segar. Jangan mengonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi untuk jangka waktu lama karena bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan.

4) Vitamin D

Fungsi vitamin D yaitu berguna untuk membantu pembentukan dan pertumbuhan tulang. Apabila tubuh kekurangan vitamin D maka dapat menyebabkan terserang penyakit tulang (rakitis) dan pertumbuhan tulang tidak sempurna. Makanan yang banyak mengandung vitamin D yaitu banyak terdapat pada minyak ikan, susu, mentega, dan juga telur. Vitamin D bisa juga diproduksi oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari. Di bawah kulit tubuh kita terdapat zat provitamin D. Jika terkena sinar matahari, maka zat tersebut akan berubah menjadi vitamin D.

5) Vitamin E

Fungsi vitamin E yaitu berguna untuk menjaga kesehatan alat reproduksi, membentuk sel darah merah, dan memperhalus kulit. Tubuh yang kekurangan vitamin E bisa mengakibatkan keguguran, bayi meninggal di kandungan, dan kemandulan. Makanan yang banyak mengandung vitamin E yaitu banyak terdapat pada kecambah, telur, susu, mentega, dan juga pada daging.

6) Vitamin K

Fungsi vitamin K yaitu berguna untuk membantu pembekuan darah pada saat terjadi luka. Tubuh yang kekurangan vitamin K akan mengakibatkan darah sukar membeku pada saat luka. Makanan yang banyak mengandung vitamin K yaitu banyak terdapat dalam sayuran hijau, contohnya pada bayam, buncis, dan sawi. Selain itu, vitamin K juga terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian, kuning telur, dan hati.

Baca juga : Penyakit-Penyakit pada Alat Pencernaan dan Kebiasaan Hidup Sehat

Demikian artikel tentang Vitamin : Jenis dan Fungsi Vitamin A, B, C, D, E, K yang semoga bermanfaat.