HUBUNGAN ALAT PENCERNAAN DENGAN MAKANAN DAN KESEHATAN (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5)

HUBUNGAN ALAT PENCERNAAN DENGAN MAKANAN DAN KESEHATAN (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5) ✓ Mengonsumsi makanan yang bergizi dengan cara yang teratur dengan porsi yang tidak berlebihan akan membuat tubuhmu sehat. Jika tubuhmu sehat, maka aktivitas – aktivitas yang berlangsung di dalam tubuhmu akan berjalan normal. Tetapi, tahukah kamu apa yang selanjutnya terjadi pada makanan yang telah kamu konsumsi tersebut? Makanan yang dikonsumsi tersebut akan mengalami proses pencernaan. Kemudian, sari – sari makanan bisa diserap masuk ke dalam dinding usus, kemudian diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh. Untuk mengubah makanan menjadi sari-sari makanan diperlukan oleh organ – organ pencernaan makanan yang bekerja sama dalam bentuk sistem pencernaan.

HUBUNGAN ALAT PENCERNAAN DENGAN MAKANAN DAN KESEHATAN  HUBUNGAN ALAT PENCERNAAN DENGAN MAKANAN DAN KESEHATAN (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5)

A. Sistem Pencernaan pada Manusia
Definisi dari alat-alat pencernaan adalah semua organ tubuh yang mempunyai fungsi dalam proses pencernaan. Alat-alat pencernaan itu terdiri atas saluran pencernaan & juga kelenjar pencernaan yang bisa memproduksi enzim-enzim pencernaan. Adapun saluran pencernaan pada manusia terdiri dari a). rongga mulut, b). kerongkongan, c). lambung, d). usus halus, dan e). usus besar. Sesudah makanan masuk ke mulut, lalu makanan akan dicerna sepanjang saluran makanan. Makanan yang sudah tidak dapat tercerna maka akan dibuang ke luar tubuh dalam bentuk tinja (feses).

1. Rongga Mulut
2. Kerongkongan
3. Lambung
4. Usus Halus
5. Usus Besar

Selengkapnya di : Sistem Pencernaan pada Manusia

B. Penyakit-Penyakit pada Alat Pencernaan dan Kebiasaan Hidup Sehat (Materi SD/MI Kelas 5)
Penyakit pada alat pencernaan adalah merupakan gangguan pada alat pencernaan yang disebabkan oleh adanya faktor – faktor tertentu. Sedangkan untuk kebiasaan hidup sehat adalah kecenderungan untuk selalu menjaga kesehatan hidup kita.

1. Penyakit-Penyakit pada Alat Pencernaan
2. Kebiasaan Hidup Sehat
Selengkapnya ada di : Penyakit-Penyakit pada Alat Pencernaan dan Kebiasaan Hidup Sehat

C. Vitamin : Jenis dan Fungsi Vitamin A, B, C, D, E, K
Vitamin mempunyai fungsi sebagai zat pengatur. Kebutuhan tubuh akan vitamin yaitu jumlahnya hanya sedikit  saja. Walaupun yang diperlukan hanya sedikit, namun peran vitamin sangat besar yaitu dalam menjaga kesehatan tubuh kita karena jika kita kekurangan vitamin maka tubuh dengan mudah terserang penyakit. Adapun penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin disebut avitaminosis. Seseorang kelebihan vitamin juga tidak baik, Kelebihan vitamin disebut hipervitaminosis.

1. Vitamin A
2. Vitamin B
3. Vitamin C
4. Vitamin D
5. Vitamin E
6. Vitamin K

Untuk melihat selengkapnya tentang tentang Vitamin : Jenis dan Fungsi Vitamin A, B, C, D, E, K

D. Makanan dan Kesehatan (Materi SD/MI Kelas 5)
Kita makan sebenarnya untuk apa?Bagaimanakah tubuh kita mengolah dan menggunakan makanan tersebut? Fungsi dari makanan bagi tubuh kita, antara lain sebagai sumber energi, untuk pembentukan dan pertumbuhan sel – sel yang baru, untuk mengganti sel – sel yang mengalami kerusakan, serta untuk mengatur bagian tubuh supaya bekerja dan tumbuh secara normal.

1. Makanan yang Mudah Dicerna dan Makanan yang Tidak Mudah Dicerna
2. Makanan Bergizi dengan Susunan Seimbang Menjadikan Tubuh Sehat

Untuk melihat selengkapnya tentang makanan dan juga kesehatanada di Makanan dan Kesehatan

Demikian artikel HUBUNGAN ALAT PENCERNAAN DENGAN MAKANAN DAN KESEHATAN (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5) yang semoga bermanfaat.