Mitigasi Adalah, Bentuk Mitigasi dan Pengertian Mitigasi Secara Umum

Mitigasi Adalah, Bentuk Mitigasi dan Pengertian Mitigasi Secara Umum ✓ Apa Pengertian Mitigasi? mengutip dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana disebutkan bahwa mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Adapun penyelenggaraan penanggulangan terhadap bencana dalam situasi bisa potensi terjadi bencana,meliputi: a). kesiapsiagaan; b). peringatan dini; dan c). mitigasi bencana. Mitigasi dalam hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengurangi risiko bencana yang terjadi bagi masyarakat yang berada pada daerah rawan bencana. Kegiatan mitigasi dilakukan melalui: a). pelaksanaan penataan ruang; b). pengaturan pembangunan, pembangunan infrastruktur, tata bangunan; dan c). penyelenggaraan pendidikan, penyuluhan, dan pelatihan baik secara konvensional maupun modern.

Mitigasi Adalah, Bentuk Mitigasi dan Pengertian Mitigasi Secara Umum

 Bentuk Mitigasi dan Pengertian Mitigasi Secara Umum Mitigasi Adalah, Bentuk Mitigasi dan Pengertian Mitigasi Secara Umum

Bentuk mitigasi antara lain:

  • Mitigasi struktural (membuat chekdam, bendungan, tanggul sungai, rumah tahan gempa, dll.)
  • Mitigasi non-struktural (peraturan perundangundangan, pelatihan, dll.)

Baca juga : Cara Penanggulangan Gempa Bumi

Kegiatan mitigasi bencana di antaranya :

  • pengenalan dan pemantauan terhadap risiko bencana;
  • identifikasi dan juga pengenalan terhadap sumber bahaya atau ancaman bencana;
  • pemantauan terhadap pengelolaan sumber daya alam;
  • perencanaan yang partisipatif penanggulangan bencana; 
  • pengembangan budaya sadar bencana;
  • penerapan usaha fisik, dan nonfisik, serta pengaturan penanggulangan bencana;
  • pemantauan terhadap penggunaan teknologi tinggi;

Pengertian mitigasi secara umum adalah merupakan suatu usaha untuk mengurangi dan atau meniadakan korban dan kerugian yang mungkin timbul, maka titik berat perlu diberikan pada tahap sebelum terjadinya bencana, yaitu terutama kegiatan penjinakan / peredaman.

Itulah artikel pengetahuan umum yang berjudul Mitigasi Adalah, Bentuk Mitigasi dan Pengertian Mitigasi Secara Umum yang semoga bermanfaat.