Mitigasi Banjir dan Mitigasi Gempa Bumi

Mitigasi Banjir dan Mitigasi Gempa Bumi ✓ Banjir adalah suatu peristiwa yang terjadi saat aliran air yang berlebihan yang sifatnya sementar merendam daratan yang biasanya tidak mengalami terendam air. Sedangkan gempa bumi adalah merupakan suatu getaran yang terjadi pada permukaan bumi sebagai akibat adanya pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Sedangkan definisi mitigasi adalah merupakan serangkaian usaha yang ditempuh/dilaksanakan guna untuk dapat mengurangi risiko bencana, baik itu dilakukan lewat pembangunan fisik ataupun lewat penyadaran untuk menghadapi suatu ancaman bencana.

Daftar Isi:
1. Mitigasi Banjir
2. Mitigasi Gempa Bumi

Mitigasi Banjir dan Mitigasi Gempa Bumi

Mitigasi Banjir

 Banjir adalah suatu peristiwa yang terjadi saat aliran air yang berlebihan yang sifatnya  Mitigasi Banjir dan Mitigasi Gempa Bumi

banyak hal yang merupakan faktor penyebab banjir, namun pembahasannya bukan di faktornya namun pada mitigasi banjir. Berikut merupakan mitigasi bencana alam banjir dapat dilakukan dengan cara:
1. Melakukan kontrol penggunaan lahan dan juga perencanaan lokasi yang tepat untuk menempatkan fasilitas – fasilitas vital yang rentan terhadap terjadinya banjir ke daerah yang lebih aman.
2. Melakukan penyesuaian desain bangunan di daerah banjir. Desain banguna harus tahan terhadap bahaya banjir dan dibangun bertingkat
3. Membangun segala infrastruktur kedap air
4. Membangun tanggul sebagai tembok penahan disepanjang aliran sungai serta membuat tembok laut di sepanjang pantai pada daerah yang rawan badai atau tsunami.
5. Melakukan normalisasi pembersihan sedimen
6. Membuat saluran drainase yang baik
7. Meningkatan kewaspadaan terhadap daerah rawan banjir
8. Selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar (misalnya terhadap penggundulan hutan, dan lain sebagainya)
9. Membuat pelatihan mengenai kewaspadaan terhadap bahaya banjir, misalnya cara penyimpanan perbekalan, tempat istirahat atau tidur di tempat yang aman.

Mitigasi Gempa Bumi

 Banjir adalah suatu peristiwa yang terjadi saat aliran air yang berlebihan yang sifatnya  Mitigasi Banjir dan Mitigasi Gempa Bumi

Mitigasi bencana alam gempa bumi bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1. Memastikan bangunan harus dibangun dengan konstruksi yang tahan terhadap getaran atau gempa
2. Mengikuti standard kualitas bangunan karena bangunan harus kuat terhadap getaran atau gempa
3. Membuat fasilitas umum dengan standard kualitas yang bagus
4. Memastikan bangunan-bangunan yang vital sudah terbangun dengan kuat.
5. Membuat perencanaan penempatan pemukiman dalam rangka untuk mengurangi tingkat kepadatan hunian pada wilayah rawan bencana.

Demikian artikel pengetahuan umum yang berjudul Mitigasi Banjir dan Mitigasi Gempa Bumi yang semoga bermanfaat.