Penyakit-Penyakit pada Alat Pencernaan dan Kebiasaan Hidup Sehat (Materi SD/MI Kelas 5)

Penyakit-Penyakit pada Alat Pencernaan dan Kebiasaan Hidup Sehat (Materi SD/MI Kelas 5) ✓ Penyakit pada alat pencernaan adalah merupakan gangguan pada alat pencernaan yang disebabkan oleh adanya faktor – faktor tertentu. Sedangkan untuk kebiasaan hidup sehat adalah kecenderungan untuk selalu menjaga kesehatan hidup kita.

Daftar Isi:

1. Penyakit-Penyakit pada Alat Pencernaan
2. Kebiasaan Hidup Sehat

Penyakit-Penyakit pada Alat Pencernaan dan Kebiasaan Hidup Sehat (Materi SD/MI Kelas 5)

Berikut ulasan singkatnya:

Penyakit-Penyakit pada Alat Pencernaan

Penyakit pada Alat Pencernaan dan Kebiasaan Hidup Sehat  Penyakit-Penyakit pada Alat Pencernaan dan Kebiasaan Hidup Sehat (Materi SD/MI Kelas 5)

Alat pencernaan kita terkadang terserang oleh penyakit, tidak selalu sehat terus. Penyakit tersebut yang biasanya menyerang, antara lain meliputi sariawan, mag (radang lambung), hepatitis, penyakit usus buntu, diare, tifus, dan diabetes melitus (kencing manis), serta konstipasi. Sebagai mana oada umumnya penyakit, maka penyakit-penyakit tersebut akan mengganggu aktivitas alat – alat pencernaan kita.

Artikel lainnya : ALAT PERNAPASAN MANUSIA DAN BEBERAPA HEWAN

Untuk lebih jelasnya mengenai Penyakit-Penyakit pada Alat Pencernaan tersebut, maka perhatikan uraian yang berikut ini :

1. Sariawan.
Penyakit ini merupakan radang yang terjadi pada rongga mulut dan juga pada lidah. Adapun untuk tanda – tanda sariawan yaitu adanya luka bernanah pada mulut atau pada lidah. Penyebab munculnya penyakit ini yaitu disebabkan oleh karena kekurangan vitamin C.

2. Mag (Radang Lambung).
Tanda-tanda terjadinya penyakit Mag yaitu pada lambung akan terasa perih dan mual, hal ini disebabkan karena terlalu banyak asam lambung. Selain daripada itu, makan yang tidak teratur juga bisa memicu terjadinya penyakit mag ini.

3. Hepatitis.
Penyakit hepatitis adalah merupakan semacam radang di hati yang disebabkan oleh virus. Adapun untuk tanda – tanda jika terserang penyakit ini yaitu tubuh akan terasa lemas dan air seni akan berwarna cokelat seperti halnya warna air teh.

4. Penyakit Usus Buntu (Apendisitis).
Adapun untuk Penyakit-Penyakit pada Alat Pencernaan yaitu radang pada usus buntu dengan tanda – tanda sakit pada perut sebelah kanan bawah.

5. Diare.
Bagi orang yang terserang penyakit diare, dia akan buang air besar secara terus – menerus. Untuk penyebab dari penyakit ini yaitu dikarenakan oleh bakteri yang menyerang usus halus dan usus besar.

6. Tifus.
Penyakit tifus adalah merupakan penyakit yang terjadi pada usus halus dan usus besar yang disebabkan oleh bakteri. Tanda – tanda dari penderita penyakit tifus yaitu tubuh penderita biasanya panas tinggi dan diare.

7. Kencing Manis (Diabetes Melitus).
Penyakit kencing manis adalah merupakan penyakit yang terjadi pada pankreas. Timbulnya dari penyakit ini karena penderitanya kekurangan hormon insulin. Sebagai akibatnya, gula yang seharusnya dapat diserap oleh usus, malah akan dikeluarkan melalui air seni (sehingga air seni menjadi manis). Dengan begitu maka penyakit ini disebut penyakit kencing manis.

8 Konstipasi.
Konstipasi merupakan penyakit susah buang air besar, disebut juga sebagai sembelit. Adapaun penyebabnya yaitu kurang makan sayuran dan juga kurangnya mengonsumsi buah – buahan.

Kebiasaan Hidup Sehat

Penyakit pada Alat Pencernaan dan Kebiasaan Hidup Sehat  Penyakit-Penyakit pada Alat Pencernaan dan Kebiasaan Hidup Sehat (Materi SD/MI Kelas 5)

Mengonsumsi makanan yang bergizi dengan menu seimbang belum cukup menjamin kesehatan kita. Bagi orang yang memiliki suatu kebiasaan makan yang terburu – buru atau mengunyah makanan dengan singkat bisa mengalami gangguan pencernaan. Makan yang terlalu kenyang, sering menunda waktu makan, atau makan yang tidak teratur juga bisa mengganggu terhadap kesehatan alat – alat pencernaan kita.

Terus bagaimanakah agar hidup kita supaya selalu sehat? Hal – hal yang perlu diperhatikan agar hidup kita selalu sehat, yaitu dengan Kebiasaan Hidup Sehat yang meliputi antara lain:

1. makan secara teratur dan diusahakan tiga kali dalam sehari;
2. makan sesuai dengan kebutuhan kita, tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit;
3. makan makanan yang bergizi dengan menu seimbang;
4. minum air yang cukup;
5. jangan makan secara tergesa – gesa atau mengunyah makanan secara singkat;
6. istirahat yang cukup;
7. melakukan olahraga secara teratur.

Baca juga : Sistem Pencernaan pada Manusia (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5)

Demikian artikel yang berjudul Penyakit-Penyakit pada Alat Pencernaan dan Kebiasaan Hidup Sehat (Materi SD/MI Kelas 5) yang semoga bermanfaat. terimakasih.