Sistem Pernapasan Pada Manusia (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5)

Sistem Pernapasan Pada Manusia (Materi Pelajaran IPA MI Kelas 5) ✓ Cara bernafasnya manusia adalah dengan menghirup udara dan mengeluarkan kembali udara yang dihirupnya tersebut. Proses pernafasan tersebut berlangsung secara otomatis dan juga secara terus menerus. Udara yang kita hirup untuk proses pernafasan kita mengandung misalnya N2 (nitrogen), O2 (oksigen), CO2 (karbondioksida), dan H2O (uap air). Meskipun banyak kandungan yang ada di udara akan tetapi sistem pernafasan kita hanya memerlukan yang dibutuhkan saja yaitu oksigen. Gas tersebut dipakai untuk membakar sari-sari makanan. Proses pembakaran sari makanan tersebut berlangsung di dalam setiap sel dan mempunyai tujuan untuk menghasilkan energi. Reaksi pembakaran zat makanan yaitu:

Zat makanan + Oksigen ——-> Karbondioksida + Air + Tenaga

Daftar Isi:

1. Alat Pernafasan Manusia
2. Proses Pernapasan
3. Gangguan pada Alat Pernapasan Manusia
4. Cara Merawat Paru-Paru

Sistem Pernapasan Pada Manusia (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5)

Berikut ulasannya

1. Alat Pernafasan Manusia

Alat yang dipakai dalam rangka menghirup dan menghembuskan udara disebut sebgai alat pernafasan. Pada manusia, alat pernafasannya meliputi hidung, pangkal tenggorokan, batang tenggorokan, cabang tenggorokan, dan anak cabang tenggorokan, serta paru-paru.

 Cara bernafasnya manusia adalah dengan menghirup udara dan mengeluarkan kembali udara yan Sistem Pernapasan Pada Manusia (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5)

Keterangan gambar:

1). Lubang hidung 2). Epiglotis 3). Pita suara 4). Trakea 5). Bronkus 6). Bronkiola 7). Alveolus 8). Jantung 9). Pleura 10). Diafragma 11). Rusuk 12). Otot-otot rusuk.

a. Hidung
Bagian ini mempunyai rongga yang disekat oleh tulang lempengan tengah. Tulang lunak ini yang memisahkan rongga hidung menjadi dua bagian, yaitu rongga hidung sebelah kanan dan rongga hidung sebelah kiri.

 Cara bernafasnya manusia adalah dengan menghirup udara dan mengeluarkan kembali udara yan Sistem Pernapasan Pada Manusia (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5)

Keterangan gambar:

a). Rongga-rongga b). Selaput lendir pembau c). Lubang hidung d). Anak tekak e). Langit-langit f). Hulu tenggorokan g). Katup pangkal tenggorokan

Proses menghirup udara melalui hidung lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan mulut. Berikut ini merupakan kelebihan pernapasan melalui hidung yaitu:

a) Pada hidung terdapat rambut dan selaput lendir rambut.

Rambut dan selaput tersebut akan menyaring terhadap debu atau kotoran yang ikut di dalam udara yang terhisap.

b) Hidung akan mengatur suhu udara yang masuk.

Suhu tubuh yang normal atau sehat yaitu sekitar 36° – 37° C. Apabila udara yang masuk ke dalam tubuh suhunya lebih rendah, maka hidung akan melepaskan panas dari dalam tubuh supaya udara yang masuk menjadi lebih hangat, begitu pula dengan sebaliknya.

c) Hidung mengatur kelembapan udara yang masuk
Apabila udara yang masuk terlalu kering, maka yang terjadi adalah dinding – dinding lubang hidung akan menambahkan udara yang dihirup tersebut dengan uap air cadangan. Kondisi yang sebaliknya apabila udara yang dihirup terlalu lembap, maka hidung akan melakukan penyerapan atas kelebihan uap air yang terkandung dalam udara tersebut.
b. Pangkal Tenggorokan
Laring (pangkal tenggorokan) terdiri dari katup pangkal tenggorokan (epiglotis) dan juga terdiri atas beberapa tulang rawan yang membentuk jakun. Untuk pria, tumbuhnya jakun lebih besar jika dibandingkan dengan wanita, olehkarenanya akan kelihatan menonjol keluar, sedangkan untuk wanita tidak terlalu kelihatan jakunnya. Di pangkal tenggorokan terdapat adanya pita suara. Pada waktu teman-teman berbicara, maka gelombang suara akan melewati pangkal tenggorokan sehingga akan menggetarkan pita suara. Kemudian getaran inilah yang menjadikan suara. Untuk ukuran dari pita suara pada pria lebih besar apabila dibandingkan dengan pita suara pada wanita. Sehingga dengan demikian, nada suara yang didapatkan pria menjadi lebih rendah dan juga lebih besar, sedangkan untuk nada suara pada wanita lebih tinggi dan kecil.
 Cara bernafasnya manusia adalah dengan menghirup udara dan mengeluarkan kembali udara yan Sistem Pernapasan Pada Manusia (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5)
Keterangan gambar : 
1. Tulang lidah 2. Katup tulang rawan 3. Perisai tulang rawan 4. Piala tulang rawan 5. Gelang tulang rawan 6. Trakea (batang tenggorokan).
c. Batang Tenggorokan
Pada bagian belakang rongga hidung terdapat adanya saluran yang dikenal dengan nama batang tenggorokan (trakea). Bagian ini tersusun atas tulang – tulang rawan yang mempunyai bentu cincin. Fungsi batang tenggorokan yaitu sebagai tempat untuk lewatnya udara. Pada pangkal batang tenggorokan terdapat adanya katup yang berfungsi untuk mengatur proses membuka dan menutupnya saluran pernapasan. Letak batang tenggorokan beraada di depan saluran makanan (kerongkongan). Apabila kita sedang berbicara, maka katup akan turun kemudian akan menutupi saluran makanan. Namun apabila kita sedang menelan makanan, maka katup tersebut akan terangkat oleh karenanya saluran makanan terbuka, sedangkan saluran udara tertutup.
 Cara bernafasnya manusia adalah dengan menghirup udara dan mengeluarkan kembali udara yan Sistem Pernapasan Pada Manusia (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5)
Keterangan gambar:
1. Hidung 2. Mulut 3. Kerongkongan (jalan masuk makanan ke dalam lambung) 4. Tenggorokan (jalan masuk udara ke paru-paru) 5. Langit-langit 6. Katup tenggorokan membuka (udara masuk ke tenggorokan) 7. Katup tenggorokan menutup (makanan masuk ke kerongkongan).
Apabila terdapat debu atau kotoran yang masuk ke dalam batang tenggorokan, maka dinding batang tenggorokan akan saling bergesekan. Kemudian akan terjadi hembusan udara yang kuat supaya debu tersebut mnjadi keluar. Keadaan tersebut biasa dikenal dengan sebutan batuk. Debu atau kotoran bisa dilontarkan kembali oleh bulu – bulu halus yang ada di dinding batang tenggorokan.
d. Cabang Batang Tenggorokan
Terdapat 2 cabang di bagian bawah pada batang tenggorokan. Masing-masing lubang tersebut menuju ke paru – paru kanan dan paru – paru kiri. Seperti halnya batang tenggorokan, cabang batang tenggorokan (bronkus) terdiri dari tulang-tulang rawan yang mempunyai bentuk seperti cincin. Bronkus (jamak: bronkia) fungsinya yaitu sebagai tempat untuk lalu lintas udara pada saat pernapasan.
e. Anak Cabang Batang Tenggorokan
Cabang dari batang tenggorokan yaitu dua & tiga sesuai dengan jumlah gelambir (lobus) paru – paru. Cabang tenggorokan yang arahnya menuju paru – paru sebelah kanan bercabang tiga. Sedangkan cabang tenggorokan yang menuju paru-paru sebelah kiri mempunyai cabang dua. Masing-masing percabangan tersebut bercabang lagi menjadi saluran-saluran kecil yang dikenal sebagai bronkiolus (jamak: bronkioli). Percabangan ini berakhir sebagai gelembung-gelembung yang sangat kecil.
f. Paru-Paru
Letak dari paru-paru (pulmo) yaitu di dalam rongga dada.Antara rongga dada dan perut dibatasi oleh sekat rongga badan yang dinamakan diafragma. Paru-paru pada manusia jumlahnya adalah sepasang, yaitu paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Paru-paru sebelah kiri terdiri dari 2 gelambir, sedangkan untuk paru-paru sebelah kanan terdiri dari 3 gelambir. Selaput pembungkus paru-paru terbungkus yaitu pleura. Peradangan pada selaput pleura disebut juga pleuritis. Terdapat sustu proses pertukaran udara bersih dan udara yang bersih di dalam paru-paru. Di dalam paru-paru terdapat adanya gelembung paru-paru yang disebut alveolus (bentuk jamak: alveoli). Jumlah alveolus yaitu kira-kira 300 juta buah. Gelembung paru-paru tersebut merupakan  kumpulan pembuluh darah halus. Fungsi dari gelembung tersebut mempunyai fungsi untuk menangkap udara bersih dan melepaskan udara kotor.

2. Proses Pernapasan

Terdapat 2 proses bernapas, yaitu menarik napas (inspirasi) dan mengeluarkan napas (ekspirasi). Berdasarkan pada cara masuknya udara ke dalam paru-paru, maka proses pernapasan bisa dikelompokkan menjadi dua macam yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut.
Berikut ini penjelasan mengenai kedua jenis pernafasan tersebut.

a. Pernapasan Dada
1) Pada Saat Menarik Napas. Otot yang bekerja pada waktu menarik napas yaitu otot tulang rusuk sebelah luar dan diafragma. Pengertian diafragma yaitu sekat antara rongga perut dan rongga dada. Pada saat menarik napas, otot tulang rusuk naik ke atas, tulang dada naik ke atas dan ke depan, diafragma akan mendatar oleh sebab ototnya berkerut. Rongga dada membesar, paru-paru berkembang sehingga udara akan masuk ke dalam paru-paru.
2) Pada Saat Menghembuskan Napas
Pada saat menghembuskan napas, maka otot tulang rusuk sebelah luar akan mengendur, diafragma kembali ke dalam keadaan semula, yaitu berbentuk cembung. Rongga dada mengecil sehingga udara keluar.

b Pernapasan Perut
1) Pada Saat Menarik Napas
Otot tulang rusuk sebelah luar & diafragma akan berkontraksi lebih kuat. Rongga dada membesar, isi rongga perut tertekan, dan tekanan di dalam rongga dada mengecil. Kemudian, udara masuk ke dalam paru-paru.
2) Pada Saat Menghembuskan Napas
Pada waktu menghembuskan napas, otot tulang rusuk sebelah dalam berkerut. Otot berkerut menekan diafragma. Rongga dada mengecil. Sehingga udara dalam paru-paru keluar.

3. Gangguan pada Alat Pernapasan Manusia

Semakin bagus pernapasan yang kita lakukan, maka semakin sehat tubuh kita. Oleh sebab itu, kita harus melakukan kegiatan pernapasan sebaik mungkin. Penyakit yang menyerang alat pernapasan manusia misalnya, TBC (tuberculosis) yang disebabkan oleh virus tuberculosis, penyakit asma yang disebabkan tersumbatnya saluran pernapasan, radang tenggorokan, batuk bronkitis, dan pilek.

Artikel lainnya: Rangkuman Materi Pelajaran IPA SMP/ MTs Kelas VII

Udata yang kualitasnya rendah dapat menyebabkan penyakit pada alat pernapasan. Selain itu, kebiasaan merokok dapat juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit-penyakit tersebut. Udara uang kotor selain mengandung zat-zat kimia yang berbahaya juga mengandung kuman-kuman penyakit. Udara yang kotor disebabkan oleh karena polusi udara.

4. Cara Merawat Paru-Paru

Paru-paru yang sehat menjadikan pembakaran terhadap sari-sari makanan di dalam tubuh berjalan dengan sempurna. Dengan demikian sel-sel di dalam tubuh akan selalu memperoleh energi yang cukup untuk melakukan aktivitas. Hal-hal yang harus diperhatikan supaya paru-paru selalu sehat, yaito: a. sering bernapas dalam – dalam, b. melakukan olahraga di udara terbuka, c. tidak merokok, d. beristirahat yang cukup, e. rumah mempunyai sirkulasi udara yang baik f. melakukan penanaman pohon di lingkungan rumah.

Artikel selengkapnya di : alat pernafasan pada manusia dan hewan

Demikian artikel Ilmu Pengetahuan Alam yang berjudul Sistem Pernapasan Pada Manusia (Materi Pelajaran IPA MI Kelas 5) yang semoga bermanfaat.