60 Contoh Soal Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay) Part3

60 Contoh Soal Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay) Part3 Edisi Revisi – Melanjutkan postingan 60 contoh soal informatika kelas xi semester genap sebelumnya (latihan soal nomor 11-25), bagian ketiga yang sedang anda baca ini, masih berisikan materi yang sama, yaitu soal mengenai “Dampak Sosial Informatika” (Bab 1). Berbeda dengan butir soalnya yang berbentuk pilihan ganda, bagian ketiga ini berbentuk essay/uraian.

Dimulai dari pertanyaan nomor 26, berikut dibawah ini soal informatika dilengkapi kunci jawaban untuk siswa kelas 11 semester genap kurtilas edisi revisi.

26. Sebutkan jenis-jenis hak ekonomi dalam HaKI!
Jawaban : Hak ekonomi meliputi faktor-faktor sebagai berikut
a. Hak pertunjukan (performance right)
b. Hak penyebarluasan (distribution right)
c. Hak penggandaan (reproduction right)
d. Hak atas rekaman suara (Mechanical right)
e. Ha katas program siaran (broadcasting right)
f. Hak adaptasi (adaptational right) yang meliputi hak penerjemahan hak dramatisasi, dan hak film.

27. Jelaskan mengenai Creative Common (CC)!
Jawaban : Model lisensi yang telah dikembangkan sebagai usaha kerja sama dikenal dengan nama Creative Common (CC). CC mengeluarkan satu bentuk lisensi hak cipta yang gratis untuk umum yang percaya bahwa hak cipta dapat ditegakan melalui GPL. Tidak seperti GPL, lisensi CC tidak didesain untuk program komputer, tetapi untuk karya kreatif lainnya misalnya website, beasiswa, musik, film, fotografi, karya sastra, bahkan pelajaran. CC merupakan proyek untuk internasionalisasi lisensi CC untuk semua jurisdiksi diseluruh dunia.

28. Bentuk perjanjian antara sang pembeli dan pembuat yang diminta menyetujui atau membatalkan dapat dilihat pada….
Jawaban : Teks EULA

29. Berbagai bentuk tindakan tidak terpuji pada commercial proprientary disebut sebagai….
Jawaban :  Pembajakan

30. Mengapa pemahaman HKI bisa dinyatakan salah/keliru?
Jawaban : Pemahaman HKI yang keliru selalu berkaitan dengan prasangka bahwa HKI hanya akan menguntungkan negara-negara maju dan menghambat negara-negara berkembang dalam mengakses teknologi dan informasi. Persoalannya sekarang bukan pada akses teknologi dan informasi, tetapi kecendrungan yang terjadi di dunia saat ini adalah adanya persaingan dagang yang ketat antara negara yang satu dengan negara lain.

31. Creative Common (CC) merupakan proyek untuk internasionalisasi lisensi yang digunakan untuk….
Jawaban : Semua jurisdiksi di seluruh dunia

32. Penggunaan serial number yang ditemukan di internet atau pun suatu crack khusus yang disebut….
Jawaban : Patch

33. HKI atas program komputer adalah….
Jawaban : Kekayaan yang secara tradisional dilindungan dengan hak cipta atau paten

34. Hak ekonomi meliputi faktor-faktor hak penyebarluasan yang dikenal dengan istilah…
Jawaban : Distribution right

35. Terangkan yang Anda ketahui tentang komunitas pengguna dan programmer!
Jawaban : HKI atas program komputer adalah kekayaan yang secara tradisional dilindungi dengan hak cipta atau paten di beberapa negara. Sebaliknya, gerakan open source dalam dunia industry program komputer telah mengadopsi posisi yang berbeda terhadap penegasan HKI untuk program komputer. Open source merujuk pada pengembangan program komputer yang kode asal (source code)yang bisa diperoleh publik sesuai dengan standar sertifikasi yang dikeluarkan open source Initiative (OSI). Program komputer tersebut walaupun dilindungi dengan hak cipta bebas untuk didistribusikan dengan lisensi terbatas dan pengembang di dorong untuk menjalankan, memodifikasi, menyalin, dan mendistribusikan program komputer gratis sepanjang memenuhi kondisi tertentu termasuk source code yang tetap dapat diakses oleh publik dan pemegang source code tidak menarik royalti apa pun.

Baca juga:
– Contoh Soal TIK Kelas XI Semester Genap Pilihan Ganda dan Jawabannya
– Contoh Soal Powerpoint Pilihan Ganda dan Jawabannya
– Contoh Soal TIK (Ujian Sekolah/USBN ) SMA Kelas XII

36. Perjanjian tentang aspek-aspek HKI yang berkaitan dengan perdagangan atau yang lebih dikenal….
Jawaban : Trade Related Aspects of Intellectual Property (TRIPS)

37. Penjualan komputer dengan isi perangkat lunak bajakan termasuk kategori….
Jawaban : Penipuan

38. Tuliskan hubungan antara gerakan open source dengan pengembangan program komputer!
Jawaban : Gerakan open source disusun untuk mendorong pengembangan program komputer secara bersama-sama, membuang program yang salah (bug) dan mengenalkan karya turunan. Model bisnis open source tetap berbasis pada hak cipta dan kontak, karena sistem hak cipta menyediakan infastruktur yang legal untuk open source program komputer. Beberapa program komputer didistribusikan dan memberikan lisensi untuk bebas mereproduksi program komputer menurut kondisi General Public License (GPL) serta end-user program komputer terikat oleh GPL. Dalam hal ini, yang paling populer adalah Linux OS yang berusaha untuk mengembangkan sistem operasi yang selama ini didominasi oleh Microsoft.

39. Pada tahun Creative common (CC) mengeluarkan satu bentuk lisensi hak cipta gratis untuk umum yang dapat ditegakan melalui….
Jawaban : GPL

40. Hak ekonomi meliputi faktor-faktor hak adaptasi (adaptation right) yang terdiri atas…
Jawaban : Hak penerjemahan, hak dramatisasi, dan hak film.

Lanjut ke soal nomor 41-60 ==> 60 Contoh Soal Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay) Part4