Pengertian Strategi Pemasaran (Menurut Ahli) dan Tujuan Strategis Strategi Pemasaran

Bisnis adalah salah satu hal yang tak bisa lepas dari kehidupan kita. Selain itu, bisnis pun memiliki cakupan luas untuk dibahas. Ada banyak sekali topik yang mengulas tentang bisnis, sehingga kita pun bisa memilih mana yang merupakan topik terbaik atau menarik. Salah satu di antara topik di bidang bisnis tersebut misalnya saja seperti strategi pemasaran suatu pihak.

Memang tak bisa kita pungkiri bahwa sejumlah strategi yang diterapkan dalam bidang pemasaran akan menentukan seberapa berhasil satu pihak dalam menawarkan produk baik itu berupa barang atau jasa kepada calon konsumen. Bahkan, hal yang satu ini pun menjadi salah satu komponen penting dalam dunia bisnis yang selalu diterapkan oleh tiap pebisnis.

Apa Pengertian Strategi Pemasaran Itu?

Seperti yang sudah kita ketahui di atas, strategi pemasaran adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan tiap pebisnis. Tanpa adanya strategi ini, suatu bisnis tak akan bisa berjalan dengan baik. Strategi yang tepat pun akan bisa mengantarkan seseorang pada hasil yang sesuai dengan target. Maka, sangat wajar jika siapa pun akan memilih strategi terbaik.

Bisnis adalah salah satu hal yang tak bisa lepas dari kehidupan kita Pengertian Strategi Pemasaran (Menurut Ahli) dan Tujuan Strategis Strategi Pemasaran

Bila kita berbicara tentang strategi pemasaran, maka tak ada salahnya untuk mengetahui apa definisi dari topik yang satu ini menurut para ahli. Dengan begitu, kita pun bisa lebih memahami dan menambah wawasan mengenai topik terkait seperti yang ada di bawah ini.

1. Philip Kotler
Menurut Philip Kotler, strategi pemasaran merupakan sebuah cara dimana suatu fungsi pemasaran mengadakan kegiatannya agar bisa mencapai suatu pertumbuhan yang menguntungkan di dalam penjualan di level marketing mix.

2. Tjiptono
Merupakan suatu alat yang dirancang dan juga direncanakan secara fundamental. Ini dilakukan sebagai bentuk upaya suatu perusahaan untuk bisa mengembangkan keunggulan bersaing dengan adanya program khusus di dalam melayani pasar dengan cara berkesinambungan.

3. Paul dan Guiltinan
Ialah suatu pola pikir yang dipakai untuk mengembangkan perusahaan. Cara yang diterapkan ialah dengan mengaitkan beberapa unsur pemasaran seperti segmentasi pasar, bauran marketing, posisi, sasaran, dan sebagainya.

4. Hausman dan Associates
Pendapat Hausman dan Associates menyatakan bahwa strategi pemasaran yaitu desain pemasaran dalam jangka panjang untuk memaksimalkan penjualan dengan cara memberikan kepuasan untuk pelanggan.

5. Christian Homburg
Merupakan semua upaya baik untuk jangka pendek maupun panjang dalam bidang pemasaran. Hal ini erat kaitannya dengan analisis kondisi awal pada strategi perusahaan. Pada umumnya strategi itu dimulai dari perumusan, kemudian evaluasi, serta pemilihan strategi dan kontribusinya terhadap tujuan perusahaan.

6. David Aaker
Merupakan suatu proses yang diawali dengan memindai lingkungan bisnis secara internal dan eksternal. Hal ini dilakukan dan dibutuhkan agar bisa memahami banyak aspek lingkungan eksternal agar bisa bersaing dengan fokus perhatian seperti ekonomi, teknologi, budaya, hukum, dan politik.

7. Michael Baker
Michael Baker berpendapat bahwa strategi pemasaran ialah tujuan dasar untuk meningkatkan penjualan serta mencapai keunggulan yang bersifat kompetitif secara berkelanjutan.

Baca juga : Pengertian Akuntansi Manajemen

Mengetahui Beberapa Tujuan dari Strategi Pemasaran

Setelah mengetahui beberapa definisi tentang strategi pemasaran menurut para ahli seperti di atas, kita pun dapat mengetahui tujuannya. Dengan demikian, jika kita berbicara tentang hal serupa maka penguasaan akan pemahamannya bisa memberi hasil terbaik. Kita pun bisa menerapkan tujuan tersebut seperti yang ada di bawah ini.
1. Untuk meningkatkan kemampuan demi kepentingan adaptasi bila ada perubahan yang terjadi di dalam pemasaran.
2. Untuk meningkatkan kualitas koordinasi di dalam suatu tim pemasaran.
3. Untuk memberikan dasar yang bersifat logis di dalam tiap pengambilan keputusan.
4. Untuk bisa mengukur hasil pemasaran yang didasarkan pada standar prestasi yang diberlakukan.

Beberapa tujuan strategi pemasaran seperti yang ada di atas pun bisa menjadi hal dasar yang perlu kita tahu. Bila kita menerapkan strategi ini, maka beberapa tujuan seperti di atas pun bisa menjadi dasarnya. Dengan begitu, kita pun akan termotivasi untuk memilih strategi terbaik untuk memenuhi target dan sesuai dengan harapan.

Berbagai macam bahasan tentang strategi pemasaran seperti definisi menurut para ahli dan tujuannya sudah kita pahami. Dengan begitu, kita pun bisa lebih mudah menguasai hal ini dan menerapkannya dengan tepat.