Pengertian Zakat Menurut Bahasa dan Istilah

Bila kita berbicara tentang zakat, maka pada umumnya yang ada di dalam pikiran adalah sejumlah harta yang diberikan untuk golongan tertentu. Misalnya saja seperti uang, beras, hewan ternak, dan sebagainya. Tentu saja pengenalan tentang zakat ini sudah dilakukan sejak kita kecil, sehingga pemahaman akan zakat itu sendiri bisa juga diterapkan sejak usia dini.

Selain bahasan secara umum tentang hal ini, mengetahui apa sebenarnya pengertian zakat menurut bahasa dan istilah pun menjadi satu hal penting. Akan sangat disayangkan jika kita membicarakan tentang zakat namun tak tahu apa arti dari kata itu. Penerapan kita untuk mengeluarkan zakat pun belum terasa maksimal tanpa tahu apa arti dari zakat itu sendiri.

Pentingkah Mengetahui Pengertian Zakat Menurut Bahasa dan Istilah?

Bagi kita yang ingin menjelaskan pengertian zakat menurut bahasa dan istilah, maka hal ini adalah salah satu bagian yang penting sebagai langkah awal sebelum memberi pemahaman pada orang lain. Misalnya saja kepada sejumlah anak kecil. Dengan mengetahui apa pengertian zakat menurut bahasa dan istilah, maka kita pun bisa menjelaskan dengan baik kepada mereka.

Mengetahui pengertian zakat menurut bahasa dan istilah pun penting untuk sejumlah orang yang ingin membuat tulisan tentang topik terkait. Hal ini akan menjadi informasi penting yang akan dibutuhkan oleh para pembaca. Misalnya saja untuk membuat buku, artikel, esai, atau bahkan bahan presentasi yang akan ditunjukkan pada orang lain sebagai pihak audience.

Baca juga : Macam-macam Zakat dalam Islam

Jika kita memahami pengertian zakat menurut bahasa dan istilah, hal ini pun akan menambah wawasan. Beberapa poin penting yang ingin kita tahu bisa dipahami secara lebih dalam. Dengan begitu, hal ini bisa kita jelaskan pada orang lain dengan tepat dan bahkan bisa juga menggunakan bahasa yang lebih sederhana, misalnya saja kepada anak-anak.

Pemahaman yang jelas dan mendalam tentang pengertian zakat menurut bahasa dan istilah ini pun akan memudahkan kita untuk menjabarkan dan mengurai. Misalnya saja kita dihadapkan pada soal yang berhubungan dengan topik ini. Kita pun bisa menjelaskan secara lebih mudah, baik dalam bentuk tulisan maupun secara lisan sesuai dengan permintaan.

 maka pada umumnya yang ada di dalam pikiran adalah sejumlah harta yang diberikan untuk go Pengertian Zakat Menurut Bahasa dan Istilah

Mengenal Pengertian Zakat Menurut Bahasa dan Istilah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya agar kita juga mengenal dan juga mengetahui apa pengertian zakat menurut bahasa dan istilah. Hal ini sangat penting untuk kita lakukan. Dengan begitu, beberapa hal seperti di atas pun bisa terpenuhi dan memberi bentuk kemudahan bagi kita, terlebih jika kita memahami dan bukan dengan cara menghafal.

Baca juga : Pengertian Zakat Mal, Syarat dan Jenis Harta untuk Zakat Mal

Menurut bahasa, zakat artinya bertambah atau ziyadah, bersih, dan juga terpuji. Bila diucapkan, zaka al-zar memiliki arti taman itu tumbuh serta bertambah. Bila dilafalkan zakat al-nafaqah maka artinya adalah nafkah, tubuh, serta bertambah bila diberkati. Kata tersebut pun sering dikemukakan sebagai makna thaharah atau yang artinya suci.

Pengertian di atas seperti firman Allah yang ada di dalam Surah Asy-Syams ayat 9 yang memiliki arti, “Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa.” Maksud dari ayat tersebut adalah mensucikan diri manusia dari akhlak yang dinilai buruk.

Menurut istilah, zakat merupakan kadar atau sejumlah harta tertentu yang diberikan pada yang berhak menerima dengan adanya beberapa syarat. Hukum zakat ini merupakan salah satu rukun Islam, yaitu fardhu ‘ain untuk tiap orang yang memenuhi semua syaratnya. Zakat ini nantinya akan diberikan kepada beberapa golongan tertentu pada manusia itu sendiri.

Kedua pengertian zakat menurut bahasa dan istilah seperti di atas memang memiliki titik beda. Akan tetapi, inti dari keduanya tetap saja sama. Kita pun sejauh ini secara garis besar mengenal dan juga memahami zakat sebagai sejumlah harta yang hukumnya wajib untuk dibayar oleh seorang muslim yang memenuhi sejumlah syarat untuk golongan tertentu.

Sejumlah info tentang pengertian zakat menurut bahasa dan istilah dan alasan mengapa penting mengetahui hal ini sudah kita tahu. Dengan begitu, kita pun bisa semakin paham dan mudah untuk mendeskripsikannya. Hal ini pun akan memberi sejumlah manfaat lain seperti alasan pentingnya mengetahui arti zakat menurut bahasa dan istilah seperti yang ada di atas.