Sejarah Mikroskop

Sejarah mikroskop sangatlah unik, mengingat benda ini memang sangat unik. Benda yang mampu melihat benda-benda berbeda sangat kecil yang tak kasat mata ini mampu digunakan sebagai alat yang sangat canggih semenjak ditemukannya alat tersebut. hingga kini alat ini masih saja tetap eksis digunakan disejumlah sekolah-sekolah di Indonesia.

Siapa saja yang ingin memiliki mikroskop untuk pribadi atau untuk sekolah wajib tahu perkembangan mikroskop melalui sejarah mikroskop itu sendiri. Sejarah dari benda yang canggih bisa melihat benda-benda yang sulit dijangkau dengan mata telanjang ini sangatlah panjang yang hingga kini berkembang menjadi benda yang lebih canggih soal pengamatan.

Kini Mikroskop Modern Lebih Canggih dengan Teknologi Baru

Di dalam dunia Biologi tentu benda ini sangat berarti kecil,. bisa melihat senyawa berukuran sangat kecil sekali dengan mudah. Hingga saat ini teknologi  lebih banyak mengembangkan mikroskop stereo sehingga keberadaan mikroskop binokuler semakin jarang digunakan. Meski demikian fungsinya tak jauh dari bibokuler yang bisa melihat objek 3D.

Zaman dulu sejarah mikroskop terdapat dua jenis Mikroskop yakni, monokuler dan binokuler. Kini berkembang menjadi mikroskop digital binokuler. Dengan adanya teknologi yang semakin maju maka, jenis mikroskop ini kini bisa melakukan pengamatan lebih detail dan mudah sebab, sudah bisa digabungkan dengan teknologi komputer serta kamera melalui satu buah mikroskop saja.

Dengan adanyanya kecanggihan mikroskop digital binokuler maka, setiap peneliti atau pengguna tak perlu lagi memakai mata secara langsung untuk pengamatan setiap obyek yang bentuknya kecil menggunakan lensa okuler.

Mikroskop digital ini dengan teknologi canggih hanya cukup melalui pengaturan atau setting menggunakan komputer dengan menghubungkan langsung menggunakan mikroskop. Sehingga, mikroskop zaman sekarang berbeda sekali fungsi dan bentuknya dibandingkan sejarah mikroskop zaman dulu.

Jenis mikroskop digital yang lebih dinamis ini dirancang dalam berbagai keperluan demonstrasi untuk pengajaran,pemeriksaan klinis, hingga digunakan sebagai aplikasi laboratorium. Jenis mikroskop digital sangat banyak digunakan berbagai kalangan mulai dari kalangan profesional, pelajar, dan guru di sekolah-sekolah yang bonafid bahkan sudah menjadi benda yang selalu ada di perguruan tinggi jurusan biologi, farmasi hingga kedokteran.

Mikroskop listrik binokuler merupakan jenis mikroskop cahaya yang memakai listrik sumber daya. Jika tidak adanya listrik, maka mikroskop ini tidak dapat digunakan. Ini adalah salah satu kekurangan mikroskop yang menggunakan listrik untuk mengoperasikannya. Ada mikroskop cahaya yang menggunakan matahari sebagai sumber cahaya untuk menerangi obyek. Nama lain dari mikroskop cahaya yaitu compound microscope. Image yang didapatkan dari mikroskop cahaya adalah 2 dimensi (mono).

Baca juga : Fungsi Mikroskop Berdasarkan Fungsi dan Bagiannya

benda berbeda sangat kecil yang tak kasat mata ini mampu digunakan sebagai alat yang sanga Sejarah Mikroskop

Mikroskop Zaman Sekarang Lebih Mudah Digunakan

Salah satu jenis mikroskop adalah Polarized Light Microscopy dengan kecanggihan teknologi sekarang Mikroskop cahaya yang dulunya ini lebih banyak memiliki tingkat tingkat kepekaan lebih tinggi. Jika dibandingkan sejarah mikroskop zaman dulu jenis mikroskop cahaya masa kini lebih mudah sekali digunakan baik secara kuantitatif atau kualitatif menggunakan spesimen anisotropik.

Sekarang, Mikroskop polarisasi kualitatif adalah salah satu jenis mikroskop paling populer digunakan berbagai. Terutama pada bidang kristalografi yang biasanya digunakan oleh ahli mineral, ahli geologi, dan ahli kimia. Salah satu jenis mikroskop yang juga dirancang untuk mengamati atau memotret spesimen saat terlihat suatu karakter anisotropik optiknya.

Satu lagi jenis mikroskop yang juga bersejarah bagi kehidupan. Sejarah mikroskop elektron sejak dulu tidaklah menggunakan energi cahaya akan tetapi menggunakan berkas elektron dengan membentuk gambar pada waktu diteliti. Dari sejarahnya, jenis mikroskop elektron dapat menghasilkan gambar pengamatan dengan ukuran dan resolusinya yang lebih besar. Selanjutnya gambar dapat dilihat dengan difoto atau fluoresens menggunakan kamera.

Jenis mikroskop elektron berdasarkan sejarah mikroskop hingga kini banyak digunakan manusia untuk pemindaian hingga mikroskop transmisi yakni, dipergunakan saat proses scanning dan transmisi elektron mikroskop.

Baca juga : Mikroskop Binokuler dan Perbedaan dengan Mikroskop Monokuler

Itulah jenis-jenis mikroskop yang ada pada zaman sekarang ini. Berdasarkan lamanya mikroskop yang sudah ada sejak zaman dulu benda ini memang sangat berguna bagi manusia. Tanpa menggunakan mata secara langsung manusia bisa mengamati dengan jelas benda-benda yang akan diamati. Penglihatan manusia yang terkadang terbatas dapat dipermudah dan jelas.