Sejarah Senam Lantai

Sejarah senam lantai pertama kali dikenal oleh bangsa Cina, pada 2700 sebelum masehi silam, bangsa Cina kuno sudah mengenal gerakan sederhana dari senam lantai. Namun jika kita melihat dari segi yang lebih umum, senam sebenarnya pertama kali berasal dari Yunani.

Pada masa lampau, biarawan Cina dulu mengenal gerakan senam bukan sebagai pertunjukan ataupun tari, namun sebagai alat bela diri dan pengobatan atau terapi. Hal tersebut diperkuat dengan adanya peninggalan kitab warisan  dari Kong Hu Cu yang merangkum gerakan atau bentukan sederhana dari dasar senam lantai.

Ada pula pendapat yang mengutarakan senam lantai pertama kali di kenal oleh bangsa India. Karena bangsa India sedari dulu sudah terkenal dengan gerakan-gerakan unik yang digunakan sebagai alat pengobatan atau terapi. Di era modern ini ada beberapa gerakan pada sebuah pengobatan yang dinilai mirip dengan gerakan senam lantai, yaitu yoga.

Memang jika kita lihat lebih seksama ada beberapa gerakan yoga yang mirip dengan senam lantai, seperti kayang yang terdapat pada senam lantai juga terdapat pada yoga. Pada senam lantai Teknik yang ditekankan adalah pernapasan dan gerakan yang dinamis, poin tersebut juga terdapat pada yoga yang banyak dikenal oleh orang di zaman sekarang sebagai gerakan terapi.

Di India selain banyak masyarakat yang mempercayai yoga mampu mengobati dan menyehatkan tubuh, pada masa lampau masyarakat India juga melakukan gerakan yoga sebagai pemujaan kepada dewa- dewa.

Baca juga : Sejarah Permainan Bulu Tangkis

Mengupas Lebih dalam Sejarah Senam Lantai

 bangsa Cina kuno sudah mengenal gerakan sederhana dari senam lantai Sejarah Senam Lantai

Mesir dikenal merupakan sebagai bangsa dengan peradaban yang sangat maju pada masanya, ternyata juga memiliki sejarah yang berkaitan dengan senam lantai. Pada banyak penelitian ditemukan gambar Mesir Kuno pada piramida terukir mirip sekali dengan gerakan dasar senam lantai. Pada peninggalan Mesir Kuno memang banyak menggambarkan kehidupan masa lampau dari kebiasaan, acara, adat sampai tarian semua diukir dalam gambar dua dimensi termasuk sejarah senam lantai.

Para ilmuwan peneliti piramida banyak menemukan ukiran yang menggambarkan gerakan- gerakan senam lantai. Sejarah senam lantai pada jaman dulu tersebut unik, karena seakan identik dengan yoga yang ada di India dan Gymnastic yang berasal dari German. Dan gerakan tersebut adalah cikal bakal terbentuknya senam lantai.

Dalam penjelasan di atas sekaligus mematahkan argumen bahwa senam pertama kali di kenal pada abad 20. Bahkan pada tahun sebelum masehi ternyata banyak masyarakat dari berbagai negara sudah mengenal dasar dari senam lantai. Akan tetapi pada masa dulu gerakan tersebut pada umumnya diperuntukkan untuk pengobatan dan terapi penyakit, bahkan sebagai pemujaan dewa- dewa yang diyakini pada masa itu.

Mungkin penjelasan yang benar adalah pada abad ke-20 masyarakat mulai mengenal senam tidak hanya sebagai pengobatan dan pemujaan. Akan tetapi senam lantai di masukkan dalam kategori olah raga dan pertunjukan, bahkan dilombakan. Dan pada abad ke 20 juga senam lantai mulai menyebar dan dikenal oleh dunia.

Sejarah senam lantai di Indonesia yang perlu anda tahu

Di Indonesia sendiri sejarah senam lantai di kenal sejak tahun 1912. Saat itu adalah masa penjajahan Belanda berlangsung. Pada saat itu senam dimasukkan dalam kurikulum sekolah, dan dari situlah masyarakat Indonesia mulai mengenal senam.

Pada tahun 1916 adalah awal dimana penyebaran senam lantai di seluruh Indonesia. Dr. H. F Minkema adalah pencetus tersebarnya senam di Indonesia. Pada 1918 silam Dr. Minkema mulai mendirikan kursus senam lantai tepatya di kota Malang. Di kota Bandung juga di bilang sebagai pelopor menyebarnya senam di Indonesia. Karena sekolah senam pertama kali didirikan di Bandung pada tahun 1922 dengan nama MGSS.

Namun pada tahun 1942 segala aktifitas senam harus terhenti karena pada saat itu Jepang menjajah Indonesia dan melarang semua kegiatan senam. Sebagai gantinya jepang memberikan taiso, taiso merupakan senam pagi yang hanya dilakukan pada pagi hari oleh murid sekolah.

Singkat cerita setelah penjajahan jepang, pada tahun 1963, tepatnya pada tanggal 14 Juli Indonesia resmi mendirikan organisasi senam yang di beri nama PERSANI. Organisasi PERSANI dibentuk oleh tokoh- tokoh olah raga Indonesia pada saat itu.

Pada tahun 1964 Indonesia mengikuti perlombaan senam lantai internasional. Kompetisi pertama itu dikenal sebagai GANEFO 1 yang diikuti oleh Indonesia, Rusia, Cina, Mesir, Korea. Itulah beberapa sejarah perkembangan senam lantai dari masa ke masa hingga sampai masuk ke Indonesia.