Mikroskop Binokuler dan Perbedaan dengan Mikroskop Monokuler

Mikroskop Binokuler adalah salah satu lensa yang terdapat pada Mikroskop cahaya. Seperti yang kita tahu jika mikroskop cahaya banyak memanfaatkan energi cahaya supaya dapat memperbesar bayangan pada objek. Agar penjelasan lebih detail mengenai tema pembahasan yang dimaksud mari menyimak beberapa ulasan kami yang berikut ini.

Selaian lensa Mikroskop Binokuler pada jenis mikroskop cahaya juga memakai monokuler atau hanya satu lensa. Sedangkan binokuler sendiri memiliki dua lensa. Pada kedua jenis lensa memiliki kelebihan masing-masing berdasarkan fungsinya. Di sini kami akan sedikit mengupas mengenai perbedaan monukuler dan binokuler pada mikroskop cahaya.

Ada Dua Jenis Lensa pada Mikroskop Cahaya

Di dalam mikroskop cahaya terdapat satu jenis lensa atau dua jenis lensa. Ini gunanya untuk memusatkan energi cahaya sehingga manusia akan semakin mudah mengamati objek secara jelas. Di Indonesia mikroskop sering digunakan di lab Biologi sekolah yang berguna sebagai alat pembelajaran.

Energi dari sumber cahaya dapat berasal langsung dari cahaya matahari namun bisa juga berasal dari cahaya yang terdapat pada lampu. Lensa satu atau mono juga disebut dengan lensa okuler atau monokuler dengan beberapa perbedaan yang ada pada 2 lensa okuler atau binokuler.

Secara umum lensa okuler dipergunakan untuk melihat panjang serta lebar objek. Lensa ini dapat melihat objek melalui 3 dimensi yakni, panjang, lebar dan tinggi pada objek. Selain dikenal dengan nama mikroskop Binokuler namanya juga dikenal dengan Mikroskop Stereo.

Mikroskop Binokuler

 adalah salah satu lensa yang terdapat pada Mikroskop cahaya Mikroskop Binokuler dan Perbedaan dengan Mikroskop Monokuler

Ini Dia Perbedaan Antara Mikroskop Binokuler dan Monokuler

Di dalam Mikroskop cahaya sebetulnya terdapat 3 jenis lensa yakni, lensa obyektif, okuler, dan kondensor. Dengan jenis lensa ini maka maka penglihatan mata untuk melihat benda-benda yang sangat mini bisa dipermudah.

Jenis lensa objektif serta lensa okuler biasanya terletak di kedua ujung tabung yang terdapat pada mikroskop. Di dalam lensa okuler ini terdapat dua jenis mikroskop berbentuk lensa tunggal atau monokuler dan juga lensa ganda atau binokuler.

Mikroskop Binokuler pada mikroskop cahaya dilengkapi dua jenis lensa okuler sedangkan mokuler hanya terdapat sebuah lensa saja. binokuler dapat lebih jelas terlihat objek yang diamati karena memiliki dua lensa sekaligus. Di dalam mengamati suatu objek akan terlihat jelas dengan Binokuler dengan adanya efek 3 dimensi.

Menggunakan mikroskop binokuler lebih banyak keuntungannya. Karena di dalam  mikroskop ini seseorang yang melakukan pengamatan benda kecil dapat menggunakan kedua matanya sekaligus sehingga mudah sekali seseorang mengamati objek yang diinginkannya.

Kelebihan pada mikroskop ini bisa menampilkan gambar berbentuk 3 dimensi sehingga, sangat berguna dan memudahkan bagi peneliti melakukan riset dengan lebih detail. Berbeda dengan mikroskop monokuler yang hanya menggunakan satu mata dalam pengamatan. Kesulitan mengamati benda akan terasa jika Anda sudah pernah mencoba binokuler sebelumnya.

Meskipun begitu namun menggunakan mikroskop binokuler ini terdapat kelemahan juga seperti misalnya, kemampuan pembesaran yang tak terlalu besar hal ini dikarenakan pada masing-masing lensa mempunyai tingkatan pembesaran yang cukup berbeda.

Selain itu, lensa objektif hanya mempunyai pembesaran 1 sampai 2 kali. Sedangkan, lensa okuler dapat mencapai 10 hingga 15 kali. Di dalam mikroskop ini sistem lensanya juga dibuat terpisah. Akan tetapi meskipun begitu dengan jalur cahaya yang ada pada mikroskop ini bisa membuat bagian menjadi terpisah antara sisi kiri dan kanan.

Kelemahan yang lainnya terdapat di sistem numerical aperture yang dibatasi yang sama keberadaannya dengan jalur beam yang dikenal juga memakai istilah cahaya ganda atau rangkap. Kelemahan ini yang mengharuskan seorang peneliti mengatur diameter objek atau benda untuk menghasilkan gambar dengan jelas dan besar.

Baca juga : Fungsi Mikroskop

Itulah beberapa informasi yang kami peroleh dari berbagai sumber. Zaman sekarang sudah ada mikroskop dengan teknologi yang lebih modern sehingga beberapa peralatan yang terdapat padanya lebih canggih lagi.

Membeli mikrospkop zaman sekarang bisa memilih mikroskop binokuler saja dengan kelebihan-kelebihan seperti yang terangkum di atas. Dalam meneliti benda-benda yang sangat kecil sekali mikroskop binokuler akan memudahkan peneliti melihat objek sebab menggunakan kedua mata sekaligus.