Pengertian Biogas

Pengertian biogas pun tidak asing lagi bagi kita yaitu aktivitas mikroorganisme fermentasi aerob maupun anaerob dari bahan – bahan organik sehingga menghasilkan bahan bakar gas. Bahan bakar gas ini biasa gas berupa metana yang mampu menghasilkan bahan bakar relatif bersih dibandingkan dengan batu bara serta emisi karbondioksida yang lebih sedikit. Selain itu, secara sederhana kita bisa menyebutnya menjadi gas yang terlepas dari bahan – bahan organik seperti sisa sayuran, kotoran, bahkan jerami yang telah mengalami proses fermentasi atau metanisasi.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Biogas

Biogas merupakan campuran gas akibat aktivitas bakteri metanogenik yang terjadi pada bahan-bahan organik yang telah terurai dalam fermentasi an-aerob. Terdiri atas campuran metana (50 hingga 75%) dan CO2 (25 hingga 45%) serta beberapa nilai dari gas H2, N2, dan H2S.

Berbagai kandungan atau susunannya pun memiliki manfaat bagi manusia. Salah satu keunggulannya dibandingkan bahan bakar lain dari fosil ialah ramah lingkungan dan tentunya dapat diperbarui karena dihasilkan dari makhluk hidup. Selain itu, bahan bakar fosil pun menyebabkan adanya global warming dimana kondisi panas permukaan muka bumi ini meningkat salah satunya akibat bahan bakar dari fosil ini karena menghasilkan kandungan karbondioksida secara berlebih. Bahan bakar gas ini pun menjadi salah satu alternatif yang mampu digunakan akibat kelangkaan bahan bakar dari fosil.

Seperti diketahui bahan dasar yang dipakai ialah limbah organik, kotoran hewan dan manusia. Beberapa penelitian tentang biogas pun selalu terpaku pada pemanfaatan kotoran hewan dan manusia. Selain itu, ada juga yang mampu dihasilkan dari limbah rumah tangga khususnya sisa sayuran. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa yang dihasilkan dari limbah sayuran dapat dibakar setelah hari ke-6. Nilai kalornya pun mengalami peningkatan di hari ke-18 dan kemudian menurun diikuti penurunan volume juga.

 pun tidak asing lagi bagi kita yaitu aktivitas mikroorganisme fermentasi aerob maupun ana Pengertian Biogas

Baca juga : Mikroskop Cahaya

Seperti diketahui biogas ini tidak akan mampu dibakar sebelum terbentuk gas metan. Pada awalnya akan terjadi proses hirolisis selulosa dan senyawa organik dalam substrat kemudian diikuti tahap acidogenesis yang merupakan pembentukan asam-asam organik yang berlangsung selama 80 hingga 90 jam. Gas metan pun dihasilkan akibat aktivitas bakteri metanogen yang merombak asam asetat menjadi CH4 yang memiliki waktu regenerasi 5 hingga 16 hari. Gas metan yang dihasilkan dari limbah sayuran pun cukup tinggi hingga mencapai 10.080 joule.

Biogas menjadi salah satu bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan sehingga menjadi pilihan yang cukup baik. Manusia sebenarnya memiliki hubungan dengan lingkungan yang mampu berdampak negative seperti pencemaran udara, pencemaran air bahkan pencemaran tanah. Kurangnya pendekatan-pendekatan yang sesuai dengan kaidah ekologi yang baik kurang dipahami sehingga seringkali merusak lingkungan untuk pemenuhan kebutuhannya.

Seperti halnya kita ketahui bahwa kita tidak bisa lepas dari bahan bakar minyak dari fosil dikarenakan gaya hidup yang memaksa kendaraan pribadi dimana-mana. Biogas ini bisa menjadi pengganti tetapi memang kualitas nya dibandingkan bahan bakar fosil yaitu memiliki oktan yang lebih rendah sehingga banyak orang yang lebih memilih pada bahan bakar minyak.

Pemerintah pun kini mulai sadar akan manfaat biogas apabila diterapkan di kalangan masyarakat khususnya untuk wilayah yang sulit terjangkau agar tetap mendapatkan asupan bahan bakar. Salah satu pemanfaatannya dimulai dari pengumpulan beberapa kotoran untuk diolah menjadi biogas. Salah satunya pemanfaatannya ialah di salah satu desa di Kota Batu yang memanfaatkan kotoran hewan.

Pada awalnya di desa tersebut mayoritas masyarakatnya sebagai peternak sapi perah dan  terkadang sedikit menggunakan kotoran sapi untuk pupuk kandang dan sebagian besar dibuang percuma. Setelah itu terdapat bantuan dan bimbingan dari pihak pemerintah sehingga sekarang biogas mampu dimanfaatkan masyarakat untuk mengisi tiap- tiap rumah tangga.

Baca juga : Pengertian Atlas dan Pentingnya Mempelajari Atlas

Seperti kita tahu kelangkaan gas elpiji pun kini telah merambah ke berbagai kota sehingga alangkah baiknya biogas ini mampu dimanfaatkan dengan hanya menggunakan limbah yang ada di sekitar. Dengan demikian, adanya biogas mampu mengurangi limbah yang ada di lingkungan serta kita juga dapat meminimalisir penggunaan bahan bakar dari fosil sehingga bumi kita akan tetap stabil dan keberlanjutan umat manusia akan selamat.