Pengertian Museum Menurut Para Ahli dan Pentingnya Mempelajari Museum

Bila kita berbicara tentang masa lalu, maka hal ini pada umumnya akan berhubungan dengan sejarah. Oleh karena itu, tak jarang jika beberapa hal dengan unsur sejarah yang masih ada pun diabadikan, misalnya saja seperti disimpan dan dirawat. Hal ini pada umumnya akan dilakukan dengan memuseumkan beberapa benda sejarah tersebut di lokasi tertentu.

Salah satu hal yang berhubungan dengan lokasi tersebut adalah museum. Museum sendiri jumlahnya sudah ada begitu banyak di dunia maupun Indonesia. Akan tetapi, hingga kini ada sejumlah orang yang mungkin masih merasa bingung dengan pengertian museum. Oleh karena itu, tak ada salahnya bagi kita untuk mengenal definisi tersebut dari beberapa sisi.

Mengenal Pengertian Museum Menurut Para Ahli

Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki museum dengan jumlah yang banyak dan sudah tersebar di banyak wilayah. Lebih dari itu, kita pun bisa menemukan berbagai jenis museum yang ada. Akan tetapi, ada baiknya selain mengetahui beberapa hal tersebut, kita pun mengetahui pengertian museum terlebih dulu agar lebih mudah memahami topik ini.

Kita bisa mengetahui pengertian museum dari berbagai sisi. Berbagai pemikiran ahli bisa menjadi hal yang memberi kemudahan bagi kita untuk mendapat gambaran yang lebih luas tentang museum itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa pengertian museum menurut para ahli.

1. Douglas A. Allan
Museum merupakan sebuah gedung yang di bagian di dalamnya menyimpan sejumlah kumpulan benda yang digunakan untuk kesenangan dan penelitian studi.

2. Advaced Dictionary
Museum adalah sebuah gedung yang di dalamnya memamerkan benda-benda sebagai gambaran tentang sejarah, seni, ilmu pengetahuan, dan masih banyak lagi.

3. A.C. Parker
Museum adalah suatu lembaga yang dengan aktif menjelaskan manusia, dunia, dan juga alam.

4. ICOM (International Council of Museum)
Museum ialah lembaga non profit yang memiliki sifat permanen untuk memberi pelayanan terhadap masyarakat dan perkembangannya, yang terbuka untuk umum, yang memiliki tugas untuk mengumpulkan, meneliti, melestarikan, mengomunikasikan, serta memamerkan warisan dari sejarah manusia.

5. Sri Soejatmi
Sebuah lembaga yang memiliki tugas melestarikan dan juga mewariskan budaya dengan cara mengumpulkan, memiliki, merawat, memamerkan, dan juga mengomunikasikannya kepada masyarakat.

6. Moh. Amir Sutaarga
Sebuah lembaga permanen yang memberi layanan untuk kepentingan masyarakat serta kemajuannya, tidak mencari keuntungan, terbuka untuk umum yang meneliti, memelihara, memamerkan, serta komunikasikan beberapa benda pembuktian material manusia di dalam lingkungannya demi pendidikan, studi, dan rekreasi.

7. Schouten
Bangunan yang menjadi tempat banyak orang memelihara dan memamerkan barang-barang bernilai historis.

Pengertian Museum

 maka hal ini pada umumnya akan berhubungan dengan sejarah Pengertian Museum Menurut Para Ahli dan Pentingnya Mempelajari Museum

Dari beberapa pengertian museum seperti di atas bisa kita tarik kesimpulan museum adalah sebuah gedung pada lembaga non profit yang menyimpan sekumpulan benda yang dikumpulkan, diteliti, dilestarikan, dikomunikasikan, dan dipamerkan baik itu tentang seni, sejarah, ilmu pengetahuan tentang manusia, dunia, dan juga alam yang memiliki nilai historis.

Mengapa Penting untuk Mengetahui Pengertian Museum?

Setelah mengetahui beberapa pengertian museum sesuai dengan pendapat para ahli di atas, maka tentu saja ada beberapa hal penting yang bisa kita dapat. Hal ini juga termasuk dengan alasan penting untuk mengetahui seperti apa pengertian museum tersebut. Beberapa dasar atau alasan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Lebih mudah menjelaskan
Kita akan bisa menjelaskan seperti apa definisi museum untuk sejumlah orang yang belum memahaminya. Selain itu, kita pun bisa lebih mudah untuk menjelaskannya pada sejumlah uraian jika memang diminta.

2. Melengkapi referensi
Pada beberapa tuntutan akademik, pengertian museum yang beragam ini bisa menjadi satu bahasan penting yang wajib dicantumkan. Oleh karena itu, tak heran jika ada banyak orang yang melengkapi rujukan mereka dengan memberikan beberapa sudut pandang tentang definisi museum menurut para ahli.

3. Memberi alternatif definisi
Kita juga bisa memberi alternatif definisi kepada sejumlah orang yang ingin memahami hal tersebut sesuai dengan pendapat para ahli, untuk memudahkan mereka dalam memahami mana pengertian yang paling cocok.

Baca juga : Wisata Edukasi Museum Geologi Bandung

Beberapa pengertian museum menurut para ahli dan tendensi penting untuk memahaminya bisa menjadi pengetahuan lebih untuk kita. Oleh karena itu, kita bisa menjadikan hal yang satu ini sebagai salah satu hal yang menguntungkan.