Pengertian Penginderaan Jarak Jauh : Komponen dan Manfaatnya

Mendengar istilah penginderaan jauh pastinya ada sebagian dari Anda yang akan bertanya maksud dari istilah tersebut. Dalam hal ini, disebutkan bahwa istilah tersebut merujuk pada ilmu geografi di mana penelitian terhadap permukaan bumi akan sering dilakukan dengan memanfaatkan istilah yang kemudian disingkat dengan inderaja.

Dari sini, pastinya masih banyak yang bertanya, sebab istilah tersebut cukup asing bagi Anda yang memang belum pernah berkecimpung dalam dunia geografi. Untuk lebih jelasnya, berikut uraian singkat dari apa yang dikenal dengan sebutan inderaja.

Apa yang dimaksud dengan penginderaan jauh? 

Merujuk pada definisi yang diungkapkan oleh beberapa ahli, disebutkan bahwasannya, penginderaan jauh atau yang kemudian lebih singkatnya dikenal dengan sebutan inderaja ini adalah teknik penglihatan atas benda yang lokasinya jauh dari alat indera di mana untuk melihat benda tersebut dilakukan dengan memanfaatkan berbagai alat, baik itu melalui pesawat, kendaraan bawah air atau bahkan satelit.

Melalui pemanfaatan inderaja ini, maka kegiatan kontak langsung dengan benda tersebut akan diminimalisir. Terkait dengan metode yang digunakan, disebutkan bahwa ideraja ini memanfaatkan sistem fotografi, magnet, spektroskop ataupun juga radar.

Istilah yang dalam bahasa asing dikenal dengan sebutan “remote sensing” ini ternyata dikenal sebagai sistem yang sangat terkoordinasi dengan baik. dalam sistem tersebut tentunya juga terdapat komponen-komponen tertentu yang membantu tercapainya penginderaan jauh tersebut dengan baik. tanpa adanya komponen tersebut, sudah pasti penginderaan jarak jauh ini tidak akan tercapai dengan baik.

Komponen apa saja yang termasuk dalam penginderaan jauh?

Seperti yang disebutkan di atas, bahwasannya inderaja ini dibentuk atas sistem yang terkoordinasi dengan baik. melalui sistem ini, maka penelitian yang bekecimpung dalam dunia geografi atas permukaan bumi untuk dilihat lebih detail akan bisa dijangkau dan pastinya memberikan hasil yang sangat memuaskan.

Baca juga : Pengertian Strategi

 pastinya ada sebagian dari Anda yang akan bertanya maksud dari istilah tersebut Pengertian Penginderaan Jarak Jauh : Komponen dan Manfaatnya

Berikut komponen yang terdapat pada penginderaan jarak jauh.

a. Sumber tenaga dikatakan sebagai komponen yang harus terpenuhi pada inderaja yang dalam hal ini akan membantu Anda dalam mendapatkan pantulan obyek dengan sangat jelas. Jenis tenaga yang digunakan adalah tenaga elektromagnetik ataupun matahari serta jenis tenaga buatan lainnya.

b. Dalam penginderaan jarak jauh, atmosfir dikatakan menjadi sebuah penghalang yang nantinya akan menghalangi pancaran tenaga

c. Adanya interaksi diantara obyek dan juga tenaga yang dihasilkan dalam bentuk rona benda yang berbeda-beda. Dikatakan bahwa untuk benda yang memiliki pantulan tenaga kuat menjadikan benda memiliki rona cerah dan sebaliknya.

d.Sensor akan membantu Anda dalam merekam tenaga yang berasal dari suatu obyek. Kemampuan yang dimiliki oleh sensor tersebut selanjutnya dikenal dengan sebutan resolusi spasial.

e. Data input juga dikenal sebagai komponen dalam penginderaan jarak jauh. Data ini diperoleh dalam bentuk manual visual, digital ataupun juga numeric.

f. User atau yang selanjutnya dikenal dengan sebutan pengguna data merupakan salah satu penentu atas keberhasilan dari inderaja. Melalui kemampuan yang handal, maka akan diperoleh suatu hasil yang sesuai dengan harapan atas piranti tersebut.

Apa saja manfaat yang didapatkan dari penginderaan jauh?

Setelah dilakukan proses penginderaan jarak jauh, maka seorang peneliti akan mendapatkan hasil. Tentunya, hasil tersebut juga akan memberikan kontribusi yang besar bagi manusia dan berikut ini beberapa manfaat dari inderaja yang perlu Anda ketahui.

a. Memberikan gambaran dari permukaan bumi secara lebih jelas dan luas serta relative lebih lengkap

b. Pengamatan menggunakan steoroskop akan memberikan gambaran tiga dimensi yang nantinya akan memberikan hasil lebih akurat

c. Jika ada obyek yang tidak nampak, maka karakteristik dari obyek tersebut akan terlihat dalam bentuk citra sehingga obyek tersebut ke depannya akan bisa dikenali

d. Citra yang susah dijangkau akan bisa memberikan informasi yang nantinya akan bisa dijadikan sebagai tambahan informasi.

Baca juga : Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Saat ini, pemanfaatan penginderaan jauh sangat penting dalam dunia penelitian sebagai bagian dari pemanfaatan atas perkembangan teknologi yang semakin canggih. Beberapa pemanfaatan inderaja ini dilakukan untuk memeriksa kaitannya dengan pemetaan sumber daya laut, pemetaan atas adanya sedimentasi, abrasi ataupun pengamatan pasang surut yang terjadi pada air laut. Selain itu, penginderaan jarak jauh ini juga dimanfaatkan oleh mereka yang berkecimpung dalam bidang hidrologi ataupun meteorologi yang keseluruhannya akan menghasilkan data akurat.