Pengertian Peta dan Manfaatnya

Sejumlah orang sudah merasa familiar dengan keberadaan peta. Benda yang satu ini menjadi salah satu hal penting untuk sebagian orang. Peta sendiri sudah menjadi satu hal yang diperkenalkan kepada kita sejak dini. Paling tidak, pada usia SD sudah ada banyak guru yang mulai memperkenalkan peta kepada para murid, meski hanya secara garis besar dan umum.

Selain mengetahui keberadaan peta, tak ada salahnya juga kita mengetahui apa itu pengertian peta. Hal ini menjadi penting, terlebih untuk kita jika mendapat pertanyaan dari anak kecil atau orang lain yang masih merasa asing dengan keberadaan peta. Jika memahami apa itu peta, maka kita pun bisa lebih mudah menemukan jawaban yang paling tepat.

Mengenal Apa Itu Pengertian Peta

Seperti yang sudah disebutkan di atas, peta menjadi satu hal yang sering kali bisa kita temui. Peta sendiri tak diletakkan pada lingkup yang terbatas. Kita bisa menemukan peta di banyak tempat dan aspek kehidupan. Misalnya saja kita melihat peta di sekolah, kantor, instansi tertentu, tepi jalan, pusat kota, museum, dan masih banyak lokasi yang lainnya.

Secara mudah, pengertian peta merupakan gambaran permukaan bumi yang ada di bidang datar, dengan memakai skala dengan ukuran tertentu yang disahihkan dengan sistem proyeksi tersendiri. Pada umumnya, peta ini sendiri juga bisa disajikan dalam cara yang beragam seperti peta tercetak maupun digital yang bisa kita akses dengan bantuan gadget.

Sebenarnya, pengertian peta seperti di atas tak semata-mata dimunculkan tanpa ada sejarahnya. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu mappa yang memiliki arti penutup meja atau taplak. Akan tetapi, secara umum pengertian peta ini sendiri merupakan lembaran seluruh sebagian dari permukaan bumi yang disajikan pada bidang datar dan diperkecil dengan skala.

Perlu kita tahu, sebuah peta menjadi representasi dalam bentuk dua dimensi dari sebuah ruang tiga dimensi. Misalnya saja seperti peta dunia, negara, provinsi, negara bagian, kota, kabupaten, dan masih banyak lagi. Cabang ilmu yang mempelajari proses pembuatan peta seperti ini bisa kita kenal dengan nama kartografi.

Keberadaan peta ini sendiri sebagian besar atau justru hampir semuanya memiliki skala untuk menentukan seberapa besar objek yang ada di peta jika dilihat dalam ukuran atau kondisi sebenarnya. Kita juga bisa menemukan sejumlah peta yang dikumpulkan menjadi satu. Kumpulan dari beberapa peta ini bisa kita sebut sebagai atlas.

Baca juga : Pengertian Atlas

Sejumlah orang sudah merasa familiar dengan keberadaan peta Pengertian Peta dan Manfaatnya

Pentingnya Mengetahui Pengertian Peta dan Beberapa Hal Terkait

Bagi kita yang sudah mengerti pengertian peta seperti yang ada di atas, maka ada beberapa hal yang ternyata menjadi dasar tersendiri. Mengerti pengertian peta ini akan menjadi satu hal yang penting dengan cakupan beberapa hal seperti di bawah ini.

1. Agar bisa menjelaskan dan mendeskripsikan apa itu peta, baik secara lisan maupun tertulis kepada orang lain.

2. Agar lebih mudah membayangkan seperti apa peta itu jika kita menerima penjelasan terkait hal tersebut.

3. Mengevaluasi apakah sesuatu yang dijelaskan atau ditunjukkan sebagai peta sudah sesuai dengan pemahaman atau belum.

4. Lebih mudah untuk mendapat gambaran umum peta dalam berbagai versi.

Baca juga : Pengertian Meteorologi

Selain mengerti pengertian peta di atas, kita juga bisa mengetahui beberapa fungsi dari peta. Ada pun beberapa fungsi tersebut yang bisa kita tahu antara lain seperti yang ada di bawah ini.

1. Menunjukkan lokasi suatu tempat yang ada di permukaan bumi.

2. Mengetahui bentuk atau gambaran dari permukaan bumi seperti benua, pulau, gunung, dan beberapa hal lainnya.

3. Bisa memberi beberapa sajian data seperti potensi daerah yang rawan banjir dan kekeringan, potensi keberadaan air dan ikan, serta beberapa hal lain.

4. Menunjukkan ukuran baik itu luas dan jarak suatu daerah, yang bisa dihitung dengan cara membandingkan skala pada peta dengan perhitungan tertentu.

Beberapa hal penting baik tentang pengertian peta, pentingnya mengetahui hal ini, sampai dengan beberapa fungsinya sudah kita tahu dengan menyimak ulasan di atas. Dengan begitu, sekiranya gambaran tersebut akan bisa membantu kita secara lebih mudah untuk tahu dan paham tentang topik terkait, sehingga akan tepat dalam menguasai tentang peta.