Politik : Pengertian Menurut Ahli dan Tujuan Politik

Kita dapat memberi pengertian politik sebagai sebuah pembentukan & pembagian kekuasaan pada suatu masyarakat seperti pada proses pembuatan suatu keputusan khususnya pada sebuah negara. Jika dilihat dari kepentingan penggunanya, maka pengertian politik ini dapat dibagi menjadi dua, yakni pengertian politik dengan arti kepentingan umum dan pengertian politik pada arti kebijaksanaan.

Pengertian politik untuk kementingan umum adalah semua usaha yang dilakukan demi kepentingan umum, mulai dari di bawah kekuasaan daerah hingga di bawah kekuasaan negara. Secara singkat, pengertian politik adalah sebuah teori, teknik atau metode untuk mempengaruhi orang sipil. Politik adalah suatu tingkatan pada suatu kelompok ataupun individu untuk membahas tentang beberapa hal yang tengah terjadi dalam sebuah masyarakat maupun negara. Politikus merupakan seseorang yang sedang melakukan kegiatan politik.

Pengertian Politik Menurut Para Ahli

Supaya Anda bisa lebih memahami tentang pengertian politik, berikut ini ada beberapa pengertian politik menurut para ahli, diantaranya adalah:

1. Aristoteles
Pengertian politik adalah sebuah usaha yang dijalani oleh warga negara dalam mewujudkan kebaikan bersama.

2. Joice Mitchel
Pengertian politik merupakan sebuah keputusan yang kolektif dalam pembuatan kebijakan umum bagi seluruh masyarakat.

3. Roger F. Soltau
Bahwa pengertian politik adalah berbagai macam kegiatan mengenai penentuan berbagai tujuan serta melaksanakan tujuan tersebut. Dimana politik membuat berbagai konsep utama mengenai kekuasaan, negara, kebijaksanaan, pengambilan keputusan dan juga pembagian.

4. Johan Kaspar Bluntchli
Pengertian politik adalah sebuah ilmu politik yang memperhatikan berbagai macam masalah negara yang mencakup situasi, paham serta kondisi negara yang sifatnya penting.

5. Hans Kelsen

Beliau mendefinisikan bahwa politik memiliki 2 arti, yakni:

a. Sebagai etik, yaitu berhubungan dengan tujuan manusia supaya tetap bisa hidup dengan sempurna.

b. Sebagai teknik yaitu berhubungan dengan berbagai cara atau teknik manusia dalam mencapai sebuah tujuan.

Pengertian politik menurut etimologi adalah berikut ini:

a). Segala urusan & juga tindakan (kebijaksanaan, siasat, dll) yang berkaitan dengan pemerintahan negara atau terhadap orang lain.

b). Pengetahuan ttg ketatanegaraan atau kenegaraan (sistem pemerintahan atau dasar pemerintahan).

c). Cara bertindak dalam menghadapi dan menangani untuk suatu masalah.

Jadi, secara garis besar, pengertian politik dapat disimpulkan yaitu sebuah perilaku ataupun berbagai macam kegiatan yang dikerjakan dalam mewujudkan berbagai macam kebijakan dalam sebuah tatanan negara supaya bisa merealisasikan semua cita-cita negara yang sesungguhnya. Dengan begitu akan bisa untuk membentuk dan membangun negara yang sesuai dengan rules supaya kebahagiaan bersama dalam masyarakat dapat tercapai dengan mudah.

Sedangkan untuk perilaku politik adalah sebuah perilaku suatu manusia ataupun kelompok untuk memenuhi hak serta kewajiban sebagai seorang politik. Adapun beberapa contoh perilaku politik, yakni ikut dalam pesta politik, mengikuti suatu parpol dan juga organisasi yang lain, menjalankan hak dalam pemilihan pimpinan politik dan lain sebagainya.

Tujuan Politik dalam Suatu Negara

Jika melihat dari pengertian politik di atas, maka pastinya kita bisa mengetahui apa sebenarnya tujuan dari politik. Secara umum, berikut ini ada beberapa tujuan dari politik.

1. Mengusahakan supaya kekuasaan di dalam pemerintah dan masyarakat bisa didapatkan, diterapkan dan dikelola sesuai dengan hukum dan norma yang telah berlaku.

2. Berusaha supaya kekuasaan dalam sebuah pemerintah dan masyarakat bisa mengelola, mendapatkan dan juga menerapkan demokrasi dengan keseluruhan.

3. Berusaha untuk mengupayakan pengelolaan dan penerapan politik pada pemerintah dan masyarakat yang sesuai pada kerangka pertahanan prinsip NKRI.

Kemudian untuk tujuan politik yang ada di Indonesia yaitu sebagai berikut.

1. Melindungi semua hak dan kewajiban untuk warga negara Indonesia seluruhnya tanpa terkecuali, serta menjaga semua kewajiban dengan cara melaksanakan pemerintahan dalam pengatur sebuah keamanan.

2. Untuk mensejahterahkan seluruh kehidupan masyarakat di Indonesia.

3. Untuk memastikan bahwa terlaksanannya sebuah sistem pendidikan hanya untuk memajukan negara dan bangsa.

4. Menjaga perdamaian, keamanan dan membuat kehidupan sosial menjadi seimbang, baik itu dalam negeri ataupum diluar negeri.

Baca juga : Pengertian Ilmu Politik

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, penerapan politik ini dapat diartikan sebagai sebuah proses kekuasaan pemerintah, dari lembaga legislatif, eksekutif, dan juga yudikatif. Dalam penerapan politik ini terjadi dalam proses kekuasaan sebuah lembaga non pemerintahan, contohnya parpol dan organisasi masyarakat.

Nah, itulah pengertian politik secara umum dan menurut para ahliserta tujuan dari politik di suatu negara. Dengan Anda mengetahui tentang politik dan tujuannya, maka bisa menambah wawasan Anda tentang politik di Indonesia.