√ Pengertian Efek Rumah Kaca

Manusia telah disediakan tempat hidup yang sempurna di bumi ini. Bumi yang sangat luas dan lengkap dengan semua hal yang ada didalamnya. Di dalam bumi disediakan alam yang siap sedia memenuhi semua kebutuhan manusia agar bisa bertahan hidup. Ada air, udara, buah, sayur, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun manusia ternyata belum bisa berlaku bijak dalam menggunakannya sehingga munculah pemanasan global. Di balik ini, muncul pengertian efek rumah kaca yang harus kita pahami.

Ada keterkaitan antara Efek Rumah Kaca dan pemanasan global. Sangat jelas karena kedua fenomena ini melibatkan kalor atau panas. Panas alami yang ada di bumi, sehingga menyebabkan alam memiliki suhu yang panas. Dari pemanasan global yang kita ketahui semakin meradang di bumi kita ini, sampai dengan bencana yang menyertainya kemudian.

Manusia kini semakin terusik hidupnya, karena tidak terlepas dari bahaya yang mengancam kapan saja. Bahaya dari bencana yang kapan saja datang dan selalu mengintai setiap detiknya. Padahal manusia hidup untuk sejahtera dan menjalani kehidupan dengan damai dan nyaman. Tujuan ini sudah dipersiapkan Tuhan dengan sedemikian indahnya melalui alam yang asri.

Namun manusia sendirilah yang mengubahnya dengan merusak alam sekitar. Manusia berulah demi kepentingan sendiri. Tidak memikirkan akibatnya. Jangankan memikirkan masa depan anak cucu, memikirkan keadaan besok saja tidak terbersit sama sekali dalam pikirannya. Hutan digunduli, sungai dikotori, tanah digersangi, bahkan udara pun dikotori. Semuanya terjadi dengan melakukan hal sepele, namun akibatnya sangat fatal.

Seperti pemanasan global ini yang membuat suhu bumi meningkat. Cuaca menjadi tidak menentu dan bencana di mana-mana. Untuk itulah, latar belakang kerusakan bumi akibat pemanasan global adalah dari ulah manusia sendiri.

Baca juga : Pengertian Deposito

Ulah manusia yang tidak bertanggung jawab tersebut juga terangkum dalam peristiwa Efek Rumah Kaca. Sebuah peristiwa awal yang menjadi batu loncatan terjadinya pemanasan global atau Global Warming.

Pengertian Efek Rumah Kaca

Manusia telah disediakan tempat hidup yang sempurna di bumi ini √ Pengertian Efek Rumah Kaca

Gambaran tentang Pengertian Efek Rumah Kaca

Kalau dilihat dari namanya, maka bagi orang awam atau yang kita ketahui secara spontan akan tertuju pada rumah kaca (bangunan full kaca) yang menyebabkan pemantulan panas matahari tidak bisa diserap bumi dengan benar sehingga sinar panas matahari akan kembali lagi ke arah datangnya sinar, yakni ke langit lagi.

Jadi yang menyebabkan adanya Efek Rumah Kaca ini adalah banyaknya bangunan-bangunan berkaca. Bangunan-bangunan modern yang tidak lagi menggunakan bahan bangunan yang ramah lingkungan, melainkan menggunakan bahan siap pakai yang mengakibatkan polusi pada lingkungan sekitar.

Baca juga : Pengertian Administrasi Negara

Namun ternyata yang menyebabkan terjadinya Efek Rumah Kaca atau Green House Effectini adalah kerusakan alam, yakni penebangan hutan. Bumi menjadi panas dan tidak ada tumbuhan yang bisa menyerap panas sinar matahari. Kadar oksigen menipis sehingga udara terasa sangat panas dan tidak nyaman untuk dipakai bernapas. Ini diakibatkan tumbuhan tidak bisa memproduksi oksigen dengan maksimal karena hutan menjadi gundul.

Untuk itulah, secara lebih detail, pengertian efek rumah kaca berkaitan dengan peristiwa yang menyebabkan bumi menjadi panas. Penyebabnya adalah ketidaksempurnaan bumi dalam menerima pantulan panas sinar matahari sehingga memantul kembali ke atmosfer, namun atmosfer tidak bisa menerimanya dengan maksimal.

Seharusnya atmosfer menyerap panas bumi setelah melalui berbagai proses yang bertahap, tidak langsung dipantulkan seperti ilustrasi pemantulan panas sinar matahari tersebut. Sehingga muncullah fenomena Efek Rumah Kaca ini. Jika dibiarkan terus menerus, Efek Rumah Kaca akan membuat bumi rusak karena memiliki suhu terlalu panas. Padahal makhluk hidup membutuhkan keseimbangan suhu.

Namun sebenarnya, Efek Rumah Kaca ini memberikan keuntungan bagi bumi. Di mana tanpa adanya Efek Rumah Kaca ini, bumi akan membeku. Namun ada kadarnya sendiri. Tidak secara terus menerus terjadi sehingga membuat keuntungan menjadi hangus ditelan kerugian atau dampak buruknya.

Memahami pengertian efek rumah kaca bisa kita mulai dengan mempelajari keadaan alam sekarang ini. Kita pastinya bisa membedakan apa yang terjadi pada bumi kita sekarang. Pastinya berbeda dengan dulu, aman dari bencana. Sekarang bumi semakin panas, tidak nyaman, polusi di mana-mana, dan juga banyak terjadi bencana alam. Yang paling kentara adalah perubahan musim yang sangat ekstrim. Sehingga dengan memahami pengertian efek rumah kaca, kita menjadi paham tentang bagaimana pentingnya melestarikan dan menjaga alam kita.