√ Pengertian Poster dan Tips Membuat Poster Yang Baik

Anda pasti sering melihat pengumuman atau iklan terpampang di berbagai tempat khususnya area publik seperti perempatan jalan, pasar dan area strategis lain. Hal tersebut tentu bertujuan agar iklan atau pengumuman bisa menarik minat banyak orang untuk membaca. Tentu tujuan tersebut sesuai dengan pengertian poster yang menyerukan imbauan atau ajakan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik.

Pengertian Poster, Tujuan Dan Jenis Berdasarkan Keperluan

Pengertian poster secara umum adalah media publikasi yang bisa terdiri dari tulisan, gambar atau mengkombinasikan keduanya yang bersifat informasi atau ajakan untuk melakukan sesuatu yang positif. Oleh sebab itu, poster kerap dipasang di tempat yang strategis atau memungkinkan diketahui khalayak ramai seperti pasar, sekolah, jalan dan lain-lain.

Poster lazim dibuat menggunakan tulisan atau kalimat yang singkat, padat dan jelas. Sesuai pengertian poster yang bersifat informasi atau ajakan, setiap orang yang membaca bakal langsung memahami maksud poster tersebut walau hanya membaca sekilas. Poster dibuat dengan tujuan sesuai kebutuhan atau keperluan sang pembuat poster itu sendiri. Tidak hanya bersifat informasi semata, poster juga kerap dibuat untuk kepentingan komersil, kampanye, riset atau film dan komik.
Berikut ini, beberapa jenis poster yang dikelompokkan berdasarkan keperluan sang pembuat.

1. Poster niaga
Poster niaga sering pula disebut dengan poster iklan yang berisi penawaran barang atau jasa yang dijualbelikan. Anda pasti sering melihat poster niaga yang banyak tertempel di pinggir jalan demi menggaet calon konsumen. Semakin unik dan khas poster tersebut, maksud dan tujuan poster niaga tentu saja bisa tercapai.

2. Poster kegiatan
Adalah jenis poster yang sesuai dengan pengertian poster yang bersifat informasi atau ajakan melakukan kegiatan tertentu. Kegiatan yang dilaksanakan beragam seperti senam, jalan sehat, work shop dan lain-lain.

3. Poster pendidikan
Poster yang berisi hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Tentu isi poster pendidikan harus positif dan mendidik sesuai aturan yang berlaku.

4. Poster layanan masyarakat
Jenis poster satu ini kerap ditemukan di berbagai tempat yang berisi ajakan atau informasi seputar layanan masyarakat. Misalnya poster yang menunjukkan pentingnya keluarga sehat, keluarga berencana, menjaga dan melestarikan alam dan lain-lain. Poster layanan masyarakat biasa dibuat oleh instansi pemerintah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga sekitar.

Baca juga : Pengertian Kredit

4 Tips Membuat Poster yang Baik

Setelah Anda memahami pengertian poster dan tujuan, kini bisa menentukan jenis poster yang akan dibuat berdasarkan keperluan. Sebaiknya Anda juga mengetahui cara membuat poster yang baik agar poster yang Anda tempelkan nanti mampu menarik minat masyarakat. 4 cara berikut bisa Anda terapkan dalam membuat poster yang baik dan menarik.

1. Menentukan tema dan tujuan poster terlebih dahulu
Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat poster adalah menentukan tema atau topik dan tujuan pembuatan poster tersebut. Jika Anda bermaksud membuat sebuah poster yang bertujuan untuk promosi produk atau jasa, sebaiknya melakukan pertimbangan maksimal.
Tak ada salahnya riset terlebih dahulu termasuk meminta bantuan ahli desain poster. Pembuatan poster promosi harus lebih matang dibandingkan dengan poster yang bertujuan sebagai sosialisasi saja.

2. Menentukan kalimat yang akan ditulis dalam poster
Bagaimana cara membuat kalimat yang baik dalam pembuatan poster? Tentu Anda harus menentukan kata yang menggambarkan pengertian poster secara gamblang yakni singkat, padat dan jelas. Informasi atau promosi yang terlalu berbelit-belit membuat pembaca enggan menyelesaikan sampai tuntas. Akibatnya tujuan poster Anda tidak bisa tersampaikan dengan baik.

Pilih bahasa yang singkat agar pesan informasi tersampaikan dalam hitungan detik saja. Sedangkan jika ingin membuat poster promosi, sebaiknya pilih kata-kata yang mampu mensugesti pikiran.

3. Menggunakan gambar yang baik
Anda harus mengkombinasikan antara tulisan dengan gambar secara baik agar bisa menarik mata. Desain poster yang unik dan menarik bisa langsung memberikan efek visual. Proporsi antara gambar dengan tulisan harus pas agar poster Anda bisa menarik minat pembaca.

4. Pilih media poster yang tepat
Tentukan media pembuatan poster seperti kain, kertas dan bahan lain yang mendukung. Memilih media pembuatan poster tentu selalu berkaitan dengan tempat penempelan poster nanti. Pastikan Anda memilih media yang tepat dengan lokasi ditempatkannya poster tersebut.

Baca juga : Pengertian Lingkungan Hidup

Pengertian Poster

Anda pasti sering melihat pengumuman atau iklan terpampang di berbagai tempat khususnya ar √  Pengertian Poster dan Tips Membuat Poster Yang Baik

Jika Anda hendak membuat poster, pastikan membaca ulasan mengenai pengertian poster dan cara pembuatan yang baik di atas. Selama Anda pandai menentukan desain poster yang tepat, maksud dan tujuan poster bakal tersampaikan pada khalayak ramai.