7 Contoh Antibiotik Alami di Sekitar Kita

Alam adalah tempat tinggal yang paling nyaman. Alam menyediakan semua yang kita butuhkan. Jangan dikira ada banyak makanan instan yang diimpor dari luar negeri itu semua sudah mengalahkan kelengkapan alam. Makanan-makanan dan obat-obatan tersebut juga berasal dari alam. Seperti adanya antibiotik alami yang sebenarnya ada di sekeliling kita.

Selama ini kita mengenal antibiotik instan yang diracik secara kimiawi. Stoknya melimpah di pasaran. Antibiotik yang siap pakai kapan saja dan harganya pun merakyat. Namun kebanyakan penggunanya adalah tenaga medis untuk menangani pasien yang mengalami luka, baik lunak di dalam tubuh maupun di luar tubuh.

Padahal sebenarnya ada antibiotik yang bisa kita ambil di alam. Tidak perlu membeli. Gratis dan stoknya melimpah ruah. Inilah kebaikan alam yang sudah siap memenuhi kebutuhan manusia kapan saja.

Kita telah mengetahui tentang antibiotik yang menang sebuah senyawa untuk menangkal bibit penyakit. Antibiotik adalah penambah kekebalan tubuh sehingga bisa membentuk imunitas yang kuat. Jenis antibiotik sendiri ternyata ada 2, yakni antibiotik buatan dan antibiotik alami. Untuk antibiotik buatan akan diracik oleh tenaga farmasi dan dipasarkan di apotek-apotek, sedangkan yang alami adalah yang tidak tersentuh tangan-tangan peracik.

7 Antibiotik alami yang bebas kita ambil dari alam sekitar

Antibiotik-antibiotik yang berasal dari alam sangatlah banyak. Cara penggunaannya pun mudah, yakni digunakan secara langsung. Kebanyakan bisa langsung dikonsumsi.

Berikut adalah macam-macam antibiotik yang berasal dari alam :

1. Minyak Thyme
Sejenis minyak yang sangat ampuh melenyapkan beberapa jenis bakteri. Bahkan Jika dibandingkan dengan minyak lavender, bakteri yang bisa dilumpuhkan oleh minyak ini. Cara menggunakan minyak ini adalah dengan mencampurnya dahulu bersama minyak kelapa atau minyak zaitun. Lalu mengoleskannya pada bagian tubuh yang terluka.

2. Bawang putih
Herbal yang dikenal sebagai bumbu dapur ternyata adalah antibiotik yang sangat ampuh. Yang diambil adalah ekstraknya. Bisa membelinya di apotek atau membuatnya sendiri. Cara membuatnya adalah dengan merendam bawang putih dengan minyak zaitun terlebih dahulu. Lalu diambil ekstraknya. Jangan memakai terlalu banyak bawang putih, karena akan menyebabkan pendarahan di dalam tubuh. Takaran yang digunakan adalah cukup 2 siung saja.

Antibiotik Alami

Alam adalah tempat tinggal yang paling nyaman 7 Contoh Antibiotik Alami di Sekitar Kita

3. Madu
Inilah obat dari segala obat. Madu menjadi bahan alami yang sangat banyak dicari. Madu bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Madu juga bisa menjadi antibiotik yang akan membuat tubuh kebal dari berbagai macam penyakit. Untuk mendapatkannya, kita bisa membelinya di mana saja. Namun perlu memilih dengan teliti untuk mendapatkan madu yang asli

Baca juga : Pengertian Ilmu Politik

4. Minyak cengkeh
Yang kita tahu, cengkeh adalah bahan pembuat rokok. Selain itu, cengkeh juga bisa menjadi bahan membuat minuman agar terasa lebih segar dan lezatnya. Ternyata selain itu, cengkeh juga bisa menjadi Antibiotik alami. Minyak pada cengkeh bisa menangkal bakteri yang membahayakan kesehatan tubuh.

5. Minyak oregano
Minyak ini juga menjadi deretan jenis antibiotik yang bersifat alami. Minyak ini telah diteliti dan diuji memiliki sifat anti inflamasi. Terdapat senyawa khusus di dalamnya yang memiliki pernah khusus sebagai antibiotik, yakni bernama senyawa Carvacrol. Sehingga minyak oregano ini bisa menyembuhkan luka dengan lebih cepat. Bahkan lebih banyak dipakai untuk menyembuhkan luka di dalam tubuh, seperti luka di lambung atau di usus.

6. Kayu manis
Bahan alam ini selain sering dipakai sebagian bahan pengharum minuman, ternyata juga bisa dipakai sebagai antibiotik. Ada sifat khusus yang dimiliki oleh kayu manis ini, yakni sebagai anti jamur serta anti bakteri. Cara pengonsumsiannya adalah dengan dicampur madu. Bisa menambah kekebalan tubuh sehingga tubuh mampu menangkal bakteri yang akan mengganggu kesehatan tubuh.

Baca juga : Pengertian Ilmu Komunikasi

7. Jahe
Jahe juga termasuk antibiotik alami yang sangat mudah dijumpai di sekeliling kita. Jahe ini cocok dikonsumsi sebagai minuman hangat.

Ketujuh antibiotik alami tersebut bisa kita gunakan sebagai penambah kekebalan tubuh. Kita bisa menjaga kesehatan tanpa menghabiskan banyak uang, karena alam sudah menyediakan antibiotik yang ampuh. Alam adalah surganya antibiotik. Penggunaan dengan benar dan tidak berlebihan akan membawa keuntungan bagi tubuh. Selalu sehat dan penyakit enggan untuk mendekat.