Apa Prinsip Demokrasi?

Kita sering mendengar kata “ Demokrasi”. Sudah pasti, karena memang negara kita adalah negara Demokrasi, tepatnya bernama Demokrasi Pancasila. Sebuah prinsip negara yang berpihak pada rakyat sepenuhnya, sehingga masyarakat akan selalu diberi tahu tentang semua kebijakan yang dijalankan pemerintah. Maka dari itulah, prinsip demokrasi harus diperhatikan dengan benar dan harus dilaksanakan dengan baik.

Demokrasi sendiri artinya adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Semua hal yang dilakukan atau yang dilaksanakan oleh pemerintah adalah untuk kepentingan rakyat. Di mana pengambilan keputusan pun melibatkan masyarakat. Indonesia sendiri adalah negara yang menganut keras prinsip kenegaraan yang satu ini.

Contoh nyata dari penerapan prinsip ini adalah pelaksanaan Pemilu atau Pemilihan Umum. Pemilihan ini dilakukan untuk memilih presiden, wakil rakyat, sampai dengan kepala desa. Sebelumnya pemilihan tersebut hanya dilakukan intern lembaga pemerintahan saja, sehingga rakyat tidak mengenal siap pemimpinnya dan atau siap wakil rakyatnya.

Kebijakan-kebijakan langsung dikeluarkan tanpa kita ketahui siapa sebenarnya sosok pemimpin kita. Kita tidak mengenal mereka, namun tiba-tiba harus mematuhi semua kebijakannya. Alhasil kebijakan tidak berjalan lancar karena tidak ada kerja sama yang baik dengan masyarakat sebagai sasaran kebijakan-kebijakan yang ada.

Keadaan terus berlanjut, hingga akhirnya muncul istilah Demokrasi. Bukan hanya muncul sebagai wacana saja, melainkan juga diterapkan. Indonesia pun akhirnya menjadi Negara Demokrasi dengan beberapa prinsip demokrasi yang pastinya berpihak pada rakyat.

7 Prinsip Demokrasi yang wajib kita ketahui 

Bukan hanya patuh saja, sebagai rakyat kita juga harus tahu semua tentang Demokrasi. Mulai dari konsep sampai dengan prinsip-prinsipnya. Berikut adalah prinsip-prinsip dari Demokrasi :

1. Prinsip Jaminan Kebebasan Pers
Kaitannya adalah dengan peran pers sebagai jembatan untuk menjalin keeratan hubungan rakyat dengan pemerintah. Pers menyiarkan, meliput, dan selalu memberitahukan apa saja kebijakan terbaru yang dibuat oleh pemerintah, sehingga masyarakat tidak ketinggalan. Prinsip ini bisa kita rasakan sekarang ini, dengan gencarnya pekerja pers untuk mengupdate berita-berita terbaru.

Prinsip Demokrasi

 karena memang negara kita adalah negara Demokrasi Apa Prinsip Demokrasi?

2. Prinsip Penegakan Hukum dan Persamaan Hukum
Semua masyarakat memiliki kedudukan yang sama di hadapan hukum. Tanpa memandang status, pekerjaan, kekayaan, level sosial, kecantikan, jabatan, atau lainnya, bahwa semua uang bersalah harus di hukum. Hukum tidak akan memilih-milih untuk menjatuhkan sanksinya.

3. Prinsip Jaminan HAM
Setiap orang sejak lahir sudah memiliki hak asasi, untuk itulah negara juga wajib menjaminnya. Ada Komnas HAM atau Komisi Nasional Hak Asasi Manusia yang menjadi lembaga khusus untuk menjamin hak asasi rakyat Indonesia. Dengan adanya Komnas HAM ini, setia tindakan penyelewengan HAM akan langsung ditindaklanjuti.

4. Prinsip Kebebasan untuk Berserikat dan Mengeluarkan Pendapat
Masyarakat bebas untuk membentuk perkumpulan atau kelompok tertentu. Kelompok-kelompok tersebut harus yang banyak manfaatnya, sehingga akan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya. Fungsi dari adanya perkumpulan ini juga adalah untuk menampung pendapat-pendapat masyarakat yang kemudian diteruskan ke pemerintah.

5. Prinsip Negara berdasarkan Konstitusi
Prinsip Demokrasi ini penting, karena menjadi pedoman pelaksanaan demokrasi dan semua kebijakan pemerintah. Konstitusi ini adalah berupa undang-undang yang didalamnya terdapat pasal-pasal lengkap terkait dengan penyelenggaraan negara yang baik dan benar.

6. Prinsip Pergantian Kekuasaan sesuai dengan peraturan
Di mana pemerintahan harus memiliki pemimpin yang terus berkembang. Negara harus dipimpin oleh pemimpin yang berkompeten. Bukan hanya satu orang saja. Maka dari itulah Negara Demokrasi mengharuskan pergantian pemimpin negara secara berkala. Pemilu adalah sarana untuk memilih penguasa negara yang akan dilakukan setiap lima tahun sekali.

7. Prinsip Peradilan yang bebas dan Adil
Peradilan adalah pemutus sanksi yang akan didapatkan oleh orang-orang yang bersalah. Demokrasi mengharuskan peradilan yang tidak memihak pihak manapun dalam memutuskan. Dan harus tegas dan bersikap seadil-adilnya.

Pemilihan prinsip demokrasi untuk diterapkan di negara tercinta ini bukanlah tanpa sebab dan dipilih begitu saja. Ada pertimbangan matang, pengkajian berkala, serta tata kelola yang baik dan benar. Bahkan didalamnya sudah dada prinsip-prinsip penting yang bisa dijadikan acuan.

Pentingnya mengetahui prinsip-prinsip demokrasi ini, maka akan tahu apa saja hak dan kewajiban kita sebagai masyarakat. Kita adalah pemegang kendali jalannya demokrasi yang baik di negara tercinta ini, demi keutuhan bangsa dan negara.