Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part6

Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part6 – Melanjutkan soal essai ekonomi peminatan bagian ke-5 (latihan nomor 56-65), postingan soal essay/uraian bagian ke-6 berisikan materi yang sama, yaitu soal tentang ketenagakerjaan yang diambil dari Bab 3.

Selain itu, admin juga telah mempublish soal-soal latihan ekonomi sebelumnya, yang bisa anda baca pada tulisan soal essay ekonomi tentang soal pendapatan nasional (Bab 1) dan soal essay mengenai Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi (Bab 2).

Dimulai dari pertanyaan nomor 66, berikut di bawah ini soal dan kunci jawaban ekonomi kelas 11 semester 1 kurtilas edisi revisi untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat.

66. Pekerja yang memiliki jam kerja kurang dari 40 jam per minggu dan pekerjaan tidak sesuai dengan keahlian dan pendidikannya disebut….
Jawaban : Setengah pengangguran

67. Upah yang terjadi karena kekuatan terik-menarik antara permintaan dan penawaran tenaga kerja di pasar disebut….
Jawaban : Upah pasar

68. Teori upah bersi dikemukakan oleh….
Jawaban : Ferdihend Laselle

69. Salah satu usaha meningkatkan kualitas tenaga kerja yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia. Jelaskan!
Jawaban : Peningkatan kualitas sumber daya manusia ditujukan untuk menciptakan manusia Indonesia yang sehat dan produktif. Hal ini dilakukan dengan peningkatan layanan kesehatan, perbaikan lingkungan hidup, peninkatan gizi, serta jaminan sosial yang memadai. Tenaga kerja tidak mampu bekerja dengan baik bila kurang gizi dan kurang sehat. Kurang gizi bahkan bisa menurunkan kualitas otak (kecerdasan) yang justru sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Dengan demikian, peningkatan pemberian gizi dan kesehatan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja.

70. Jelaskan yang dimaksud dengan ketenagakerjaan!
Jawaban : Ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah masa kerja

71. Jelaskan yang dimaksud tenaga kerja menurut UU No. 13 Tahun 2003!
Jawaban : Tenaga kerja menurut UU No. 13 Tahun 2003 adalah setiap orang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat.

72. Sebutkan tiga keuntungan memilih tenaga kerja yang sudah berpengalaman!
Jawaban :
a) Tenaga kerja yang sudah berpengalaman mempunyai tingkatproduktivitas tinggi sehingga dapat secara langsung memberikan sumbangan yang besar bagi perusahaan.
b) Tenaga kerja yang sudah berpengalaman ini tidak memerlukan pelatihan khusus dan hanya memerlukan penyesuaian-penyesuaian tertentu sehingga perusahaan tidak perlu membuat program pelatihan seperti yang terjadi pada tenaga kerja yang belum berpengalaman.
c) Sebagi akibatnya perusahaan tidak harus mengeluarkan biaya untuk pelatihan khusus bagi tenaga kerja yang sudah berpengalaman tersebut.

73. Sebutkan dan jelaskan dua jenis angkatan kerja!
Jawaban : Angkatan kerja di bagi ke dalam dua kelompok yaitu pekerja (employed) dan bukan pekerja atau pengangguran (unemployed). Pekerja adalah penduduk angkatan kerja yang benar-benar mendapat pekerjaan penuh, sedangkan pengangguran adalah penduduk usia kerja tetapi belum mendapat kesempatan kerja.

74. Pengangguran yang terjadi karena kemerosotan permintaan agregat yang mengakibatkan perusahaan mengurangi pekerja atau bahkan menutup perusahaannya adalah pengangguran….
Jawaban : Siklis

75. Kuli, buruh angkut, dan pembantu rumah tangga termasuk tenaga kerja….
Jawaban : Tidak terdidik

76. Golongan yang kerja, golongan yang menganggur, dan mencari pekerjaan termasuk dalam golongan….
Jawaban : Angkatan kerja

77. Kegiatan untuk melatih tenaga kerja agar memiliki keahlian dan keterampilan di bidang tertentu sesuai tuntutan pekerjaan disebut….
Jawaban : Latihan kerja

78. Jika pertumbuhan penduduk lebih tinggi dari pada pertambahan kesempatan kerja akan menimbulkan….
Jawaban : Pengangguran

79. Pengangguran terjadi apabila seseorang belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha secara maksimal, sementara lapangan kerja yang tersedia tidak cocok dengan latar belakang pendidikannya, atau karena malas mencari pekerjaan adalah pengangguran….
Jawaban : Terbuka

80. Jelaskan yang dimaksud dengan sistem upah menurut waktu!
Jawaban : Sistem upah menurut waktu adalah sistem yang didasarkan pada pembayaran upahnya menurut waktu kerja seorang pekerja. Satuan waktunya dapat ditentukan per jam, per hari, per minggu, atau per bulan.

81. Apa yang dimaksud dengan pengangguran?
Jawaban : Pengangguran adalah penduduk yang tidak bekerja tetapi sedang mencari pekerjaan atau mempersiapkan suatu usaha baru atau penduduk yang tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin mendapatkan pekerjaan atau penduduk yang tidak mencari pekerjaan karena sudah diterima bekerja atau mempunyai pekerjaan tetapi belum mulai bekerja.

82. Jelaskan yang dimaksud dengan pengangguran friksional!
Jawaban : Pengangguran Friksional adalah pengangguran yang terjadi karena penawaran tenaga kerja lebih banyak daripada permintaan tenaga kerja atau tenaga kerja yang sudah bekerja tetapi menginginkan pindah pekerjaan lain, sehingga belum mendapatkan tempat pekerjaan yang baru.

83. Sebutkan dampak negatif pengangguran terhadap lingkungan sosial!
Jawaban : Penurunan produktivitas, penurunan standar hidup, penurunan pendapatan negara, pertumbuhan ekonomi terhambat, biaya sosial meningkat.

84. Apa yang anda ketahui tentang sistem upah?
Jawaban : Sistem upah merupakan kerangka pengelolaan perihal bagaimana upah diatur dan ditetapkan. Sistem upah juga dapat diartikan sebagai kebijakan dan strategi yang menentukan konpensasi yang di terima pekerja.

85. Kebaikan sistem upah co-partnership adalah….
Jawaban : Apabila perusahaan mendapatkan keuntungan besar maka pekerja menerima upah yang besar pula

Baca juga: 145 Contoh Soal UTS/PTS Ekonomi Peminatan Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban