Ilmu Politik : Pengertian, Pendekatan dan Manfaat Mempelajari Ilmu Politik

Ilmu politik merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang tatanan politik dari dasarnya hingga detail. Mempelajari politik sama halnya dengan ingin mengetahui tentang sistem pemerintahan disuatu Negara, baik secara teoritis maupun praktiknya. Ilmu politik mengalami perkembangan dengan cepat, hal tersebut dipengaruhi oleh dibukanya pendidikan khusus untuk mempelajari politik, ada beberapa kampus yang mulai membuka jurusan tersebut.

Politik terkenal sebagai perebutan kekuasaan, harta dan kedudukan. Melihat permasalahan politik yang terjadi di lingkungan masyarakat memang benar. Sebenarnya politik juga tidak dianggap seperti hal tersebut, oleh karena itu mengetahui ilmu politik itu sangat penting bagi semuanya. Bila mengerti ilmunya maka, pemikirannya semakin paham dan bisa menalarkan tentang peristiwa politik yang terjadi.

Manfaat yang Akan Didapatkan Setelah Mempelajari Ilmu Politik 

Ilmu tentang politik menjadikan Anda semakin ahli dalam bidang politik. Bila mempelajarinya maka, beragam manfaat yang akan didapatkan. Apa saja manfaat mempelajari politik? Berikut ini merupakan manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mempelajarinya.

1. Meningkatkan kemampuan melakukan negosiasi
Memahami politik dapat membuat Anda pintar melakukan negosiasi. Kemampuan negosiasi sangat diperlukan dalam bidang apapun untuk mendapatkan penawaran yang bagus. Anda bisa negosiasi hingga mencapai kesepakatan antara kedua belah pihak tanpa adanya kendala apapun.
Biasanya orang yang pandai politik akan melakukan negosiasi dalam semua pekerjaannya. Bahkan dalam negosiasi tersebut harus memperoleh keuntungan bagi dirinya sendiri.

2. Semakin pintar memahami dunia politik
Pintar dalam dunia politik artinya Anda semakin bisa dalam menanggapi hal-hal yang berhubungan dengan politik. Secara tidak langsung politik tidak hanya menyangkut pada pembelajaran sistem pemerintahan saja, namun juga menyangkut pada kehidupan sehari-hari. Bila seseorang yang pintar berpolitik maka, semakin kecil kesalahan yang dilakukan dalam menjalankan tugasnya.

3. Turut serta memajukan sistem pemerintahan
Mengerti ilmu politik memberikan peluang besar bagi siapapun untuk membuat sistem pemerintahan menjadi lebih baik lagi. Dari pendapatnya tentang perubahan yang lebih baik terhadap sistem pemerintahan maka, dijamin pemerintahan suatu negara semakin kuat dan maju. Intinya rakyat dan pemerintah bisa saling membantu untuk memajukan Negara bersama.

Baca juga : Pengertian Ilmu Komunikasi

 merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang tatanan politik dari dasarnya hingga detail Ilmu Politik : Pengertian, Pendekatan dan Manfaat Mempelajari Ilmu Politik

Manfaat ilmu politik sangat berguna bagi diri sendiri dan kepentingan bersama. Adanya manfaat di atas, bisa disimpulkan mengapa penting sekali mempelajari ilmu  tentang politik. Siapapun boleh mempelajarinya agar dapat membuat kehidupan lebih baik lagi, karena sekali lagi politik tidak hanya menyangkut pada sistem pemerintahan namun juga kehidupan keseharian anda.

Pendekatan yang Digunakan Dalam Ilmu Politik 

Mempelajari politik harus secara perlahan yang penting mengerti dan paham. Anda bisa mempelajari tentang politik dimulai dari pendekatan yang digunakannya. Ada tiga mendasar dalam ilmu tentang politik yang bisa disimak pada berikut ini.

1. Pendekatan perilaku
Pendekatan ini meliputi atau berhubungan terhadap lingkungan masyarakat. Pendekatan yang digunakan fokus terhadap pada lingkungan tersebut, khususnya pada sikap rakyat dan pemerintah pada saat sekarang.

2. Pendekatan kelembagaan
Pendekatan kelembagaan menjurus pada ilmu sosiologi dan ekonomi. Fokus pendekatan ini yaitu pada memperbaiki sistem Negara agar semakin bagus dan tidak terkalahkan. Pendekatan kelembagaan juga bertujuan untuk meningkatkan kebaikan seluruh masyarakat.

3. Pendekatan intutisional
Pendekatan yang fokus terhadap kemajuan Negara yaitu pendekatan intutisional. Intinya pendekatan tersebut merupakan cara bagi suatu Negara yang digunakan untuk memperbaharui tatanan pemerintahan.

Baca juga : Pengertian Geologi

Sistem pemerintahan terbagi menjadi dua yaitu demokratis dan otoriter. Sistem pemerintahan demokratis merupakan sistem yang sangat baik dan mengutamakan kepentingan rakyat. Sedangkan sistem pemerintahan otoriter merupakan sistem pemerintahan yang terlalu mengekang rakyatnya. Dari pendekatan intutional tersebut Negara dapat memutuskan mana sistem pemerintahan yang dipakai.

Berbagai macam pendekatan ilmu politik tersebut dapat membuat seseorang lebih mudah mempelajari tentang politik. Berbagai pendekatan yang telah dijelaskan di atas merupakan langkah dasar untuk mempelajari politik. Pelajari dahulu pendekatan tersebut barulah bisa melangkah pada materi politik lainnya.

Memang ilmu tentang politik sangat rumit karena lingkup pembelajarannya sangat luas, yaitu menyangkut pada sistem pemerintahan yang tidak ada habisnya. Meski begitu semakin hari ilmu politik ini sangat dibutuhkan, jadi walau rumit sekali tetap saja seseorang berusaha mempelajarinya dengan baik.