Pengertian Ilmu Komputer

Kemunculan komputer menjadi pertanda kemajuan jaman yang semakin canggih. Dalam hitungan detik saja semuanya berubah instan dan memuaskan. Dalam satu action saja, kita sudah bisa menyelesaikan segala urusan dengan sangat mudah dan cepat. Tanpa harus belajar secara mendalam, kita sudah bisa mengenal ilmu komputer secara umum. Hanya mengetahui garis besarnya saja dan mengetahui cara mengoperasikannya, maka kita sudah bisa menyatakan bahwa diri kita sudah mengenal tentang cabang ilmu ini.

Kita menjadi bisa karena mau belajar. Jika tidak mau belajar, maka tidak akan pernah ada kata mampu atau bisa. Hanya di angan-angan saja atau di mimpi saja, maka kita tidak akan pernah bisa berubah menjadi lebih baik.

Bukan hal yang mudah memang, namun setidaknya ada usaha untuk menyamai apa yang diketahui orang banyak. Apalagi sudah ada kesempatan yang lapang dan alat yang semakin canggih. Fasilitas-fasilitas menanti untuk dioperasikan dengan baik,mm tinggal kita ada kemauan atau tidak. Seperti dengan mengoperasikan komputer ini yang sudah menjadi nasi lauk bagi kita sejak awal kemunculannya.

Komputer menjadi benda elektronik pintar pertama kali yang muncul di tengah-tengah kehidupan manusia. Sebuah benda yang menyerupai televisi tabung yang tidak hanya bisa menghasilkan suara dan gambar saja ,melainkan tulisan, angka, grafik, dan melakukan banyak hal. Bahkan dengan komputer ini, muncul tulisan-tulisan rapi yang tertulis di atas kumpulan kertas yang dibukukan. Semakin banyak yang menggandrunginya dan semakin banyak yang belajar untuk mengoperasikannya.

Berawal dari komputer dengan layar hitam berukuran kecil yang hanya bisa untuk mengetik saja, lalu muncul komputer yang lebih besar. Tetap bertaburnya namun pentiumnya sudah bertambah. Fungsinya pun juga bertambah, sehingga semakin praktis kegunaannya.

Lalu semakin lama semakin baru lagi model komputernya, yakni komputer flat atau tanpa tabung dan kini muncul komputer jinjing yang disebut dengan laptop. Semakin berkembang dan terus berkembang hingga tidak ada yang mustahil jika suatu saat ada komputer transparan yang super canggih di mana kita bisa mengoperasikannya hanya dengan menyentuh saja. Tanpa ada keypad, keyboard, atau mouse.

Ilmu Komputer

Kemunculan komputer menjadi pertanda kemajuan jaman yang semakin canggih Pengertian Ilmu Komputer

Keberadaan komputer inilah yang kemudian menelurkan sebuah cabang ilmu yang bernama Ilmu Komputer. Sebuah ilmu yang bisa dikategorikan sebagai ilmu hidup juga. Ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan di jaman modern ini. Ilmu yang wajib dikuasai, karena jika tidak maka kita akan ketinggalan jaman. Sekali saja ketinggalan maka akan sangat jauh ketertinggalan yang akan kita kejar, karena waktu akan terus berputar dengan cepatnya.

Definisi Ilmu Komputer dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Ilmu komputer adalah ilmu yang berhubungan dengan komputer atau ilmu yang mempelajari semua tentang komputer, mulai dari cara mengoperasikannya, komponen-komponennya, jenis-jenisnya, dan seluk beluk detail tentang komputer.

Maka dari itulah ada pendidikan tersendiri yang bisa ditempuh untuk menguasai ilmu tentang komputer ini. Bahkan ada titel pendidikan yang bisa kita dapatkan dan akan disematkan di belakang nama kita, sebagai tanda bahwa kita sudah menempuh pendidikan komputer dan dinyatakan lulus sebagai ahli komputer.

Untuk mempelajari ilmu tentang komputer ini tidaklah sulit. Kita tidak harus menjalani pendidikan, melainkan bisa belajar sambil praktik bersama dengan orang yang sudah ahli atau sudah menguasai. Bisa memanggil guru di rumah, namun juga bisa mengikuti les privat. Banyak alternatif pendidikan non formal yang bisa kita ikuti.

Apalagi kini dunia kerja membutuhkan orang yang pandai mengoperasikan komputer. Semua urusan administrasi perkantoran, bahkan administrasi toko kelontong pun menggunakan metode komputerisasi.

Bukti bahwa komputer adalah mesin canggih yang memudahkan. Setiap pelamar kerja pasti akan ditanya tentang sertifikat keahlian komputernya sebagai kualifikasi plus untuk dipertimbangkan agar diterima kerja. Maka kita tidak boleh menyepelekan begitu saja.

Untuk belajar Ilmu Komputer, kita bisa memulainya dari hal dasar, yakni tentang bentuk fisik komputer itu sendiri. Komputer memiliki layar, mouse, CPU, dan keyboard sebagai komponen utamanya. Kita harus paham fungsinya masing-masing.

Kemudian baru mencoba menyalakan dan mematikannya, memahami fungsi komputer dari aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya. Di mana komputer berfungsi sebagai alat pengolah kata, pengolah angka dan data, gambar, video, suara, musik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apalagi kalau sudah terhubung dengan jaringan internet, maka hampir tidak ada yang tidak bisa dikerjakan oleh komputer. Jadi kita tinggal duduk manis saja di depan komputer, maka semua pekerjaan terkait akan selesai lebih cepat.

Baca juga : Pengertian Antibiotik

Bahkan komputer juga akan memberikan keuntungan bagi kita, yakni bisa berpenghasilan, layaknya orang yang bekerja. Inilah bukti kenyamanan dan kemudahan penggunaan ilmu komputeruntuk kehidupan manusia.