Pengertian Lingkungan Hidup

Seringkali berita mengenai kondisi alam yang mulai mengalami kerusakan lalu lalang di media. Pencemaran tersebut diakibatkan oleh eksploitasi yang dilakukan manusia yang tidak bertanggung jawab. Lingkungan hidup tidak hanya sebatas kondisi alam semata, namun termasuk kesatuan non hidup dan interaksi spesies yang hidup di sana. Bagaimana pengertian lingkungan hidup berdasarkan para ahli?

Pengertian Lingkungan Hidup secara Umum dan Berdasarkan Para Ahli

Para ahli merumuskan definisi lingkungan hidup berbeda-beda. Namun rumusan pengertian lingkungan hidup tersebut memiliki kesamaan yaitu kesatuan makhluk hidup dengan unsur pendukung di sekitarnya yang saling berinteraksi. Keterikatan tersebut menimbulkan sebuah hubungan yang saling mempengaruhi satu sama lain.

Kondisi lingkungan yang terus terjaga dan lestari akan mendukung kehidupan yang lebih baik. Sebaliknya, kondisi alam yang mulai tercemar atau rusak akan mempengaruhi kehidupan setiap organisme. Bahkan, kepunahan satwa atau flora disebabkan ulah manusia yang hanya mengeruk keuntungan tanpa berpikir jangka panjang. Padahal, keberadaan satwa dan flora sangat mempengaruhi kehidupan manusia.

Sebagai tambahan wawasan, beberapa pengertian lingkungan hidup menurut para ahli berikut mungkin bisa menjadi bahan referensi.

1. Bintarto
Merumuskan pengertian lingkungan hidup sebagai segala sesuatu yang ada di sekitar baik komponen hidup atau tak hidup yang terpengaruh kegiatan manusia.

2. Soemarwoto
Lingkungan hidup adalah seluruh komponen benda dan situasi yang mempengaruhi kehidupan manusia.

3. Emil Salim
Pengertian lingkungan hidup adalah seluruh kondisi di alam baik benda atau keadaan sekitar yang bisa mempengaruhi kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan.

Beberapa pengertian lingkungan hidup tersebut tentu memiliki persamaan yang sama. Sedangkan Kamus Ekologi merumuskan keterkaitan antara makhluk hidup dan non hidup yang keseluruhan hidup di bumi atau daerah sekitarnya. Lingkungan hidup sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu lingkungan alami dan buatan.

Pengertian Lingkungan Hidup

Seringkali berita mengenai kondisi alam yang mulai mengalami kerusakan lalu lalang di medi Pengertian Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup alami adalah kondisi alam yang masih asli tanpa ada campur tangan manusia di dalamnya. Contoh lingkungan hidup alami adalah pantai, lautan, bentang alam, habitat hewan dan sebagainya. Sedangkan lingkungan hidup buatan adalah kondisi alam yang berubah akibat adanya intervensi kegiatan manusia. Contoh lingkungan buatan adalah area perkotaan, bangunan, bendungan dan lain-lain. Tentu kehidupan ekosistem di lingkungan alam menjadi berubah akibat kegiatan manusia tersebut. 

3 Unsur Utama Lingkungan Hidup 

Dalam mendukung lingkungan hidup, ada tiga jenis unsur utama yang sangat mempengaruhi antara lain:

1. Unsur lingkungan biotik
Mencakup seluruh komponen makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan.

2. Unsur lingkungan abiotik
Komponen non hidup yang sangat mempengaruhi kelangsungan kegiatan komponen biotik seperti tanah, iklim, bentang alam dan sebagainya.

3. Unsur sosial budaya
Termasuk dalam unsur sosial budaya adalah gagasan, idea tau keyakinan yang bisa mempengaruhi semua kegiatan manusia.

Cara Melestarikan Lingkungan Hidup Agar Tetap Terjaga

Seperti pengertian lingkungan hidup yang menjabarkan bahwa semua komponen akan memberikan pengaruh pada kehidupan biotik, sudah sepatutnya manusia menjaga alam. Apabila salah satu unsur lingkungan hidup mengalami kerusakan, otomatis mempengaruhi keseluruhan komponen termasuk non biotik. Banyak sekali kasus perusakan atau pencemaran yang mengakibatkan lingkungan hidup menjadi rusak. Contoh penggundulan hutan secara liar, pengubahan bentang alam berlebihan dan lain-lain.

Padahal, lingkungan hidup yang sehat dan baik akan memberikan manfaat yang luar biasa seperti menyediakan sumber makanan, obat-obatan, tempat wisata, penelitian, pusat ilmu pengetahuan dan masih banyak lagi. Bayangkan jika lingkungan hidup menjadi rusak akibat kegiatan eksploitasi manusia! Tentu kehidupan menjadi tidak seimbang yang akan berdampak pada kehidupan manusia itu sendiri. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan lingkungan hidup di sekitar kita seperti menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan, menggalakkan penghijauan, tebang pilih, membentuk kawasan konservasi alam dan lain-lain. Hal sederhana seperti mengurangi penggunaan kantong plastik atau naik kendaraan umum bisa memberikan dampak positif. Manusia mendapatkan semua manfaat alam sehingga harus menjaga dan melestarikan agar kehidupan tetap harmonis.

Ulasan mengenai pengertian lingkungan hidup beserta unsur pendukung dan cara menjaga kelestarian tersebut wajib dipahami semua kalangan. Jika bukan kita yang menjaga lingkungan alam mulai sekarang, bagaimana nasib anak cucu kelak?