Psikologi : Pengertian dan Macam – Macamnya

Psikologi adalah ilmu kejiwaan. Pengertian yang singkat, padat, dan tepat sasaran. Di mana memang benar bahwa psikologi akan selalu berhubungan dengan ilmu jiwa, mental, rohaniah, kepribadian, dan semua hal tentang manusia secara mendalam. Namun jika diartikan sebagai ilmu jiwa, maka akan memberikan kesan menakutkan. Ini dikarenakan kejiwaan identik dengan orang yang bermasalah dengan kejiwaannya. Padahal tidak seperti itu.

Bahwasannya, ilmu  psikologi itu hadir untuk membantu kita mengenal diri kita sendiri. Kita sebagai manusia bukan hanya harus mengenal semua hal yang ada di sekitar kita, melainkan kita juga harus mengenal diri kita sendiri. Bukan tanpa sebab, karena diri kita ini adalah bagian dari lingkungan kita ini. Kita memiliki peran di dalam kehidupan ini. Peran sebagai makhluk hidup, peran sebagai manusia, sebagai ayah, ibu, anak, guru, murid, dan masih banyak lagi yang lainnya. Setiap peran yang kita sandang ini memiliki tugas masing-masing, misalnya peran sebagai manusia untuk menjaga alam dan memanfaatkannya dengan baik, peran sebagai ayah sebagai kepala rumah tangga, dan sebagainya.

Beberapa pengertian Psikologi menurut para ahli

Berikut adalah beberapa pendapat ahli tentang pengertian psikologi :

1. Ilmu yang membahas tentang tingkah laku manusia dan lingkungannya, menurut Dakir.

2. Ilmu tentang perilaku terbuka dan tertutup manusia terhadap lingkungannya, menurut Muhibbin Syah.

3. Menurut Aristoteles psikologi  adalah ilmu tentang hakikat jiwa manusia sejak lahir hingga mati
Masih banyak lagi para ahli yang mendeskripsikan tentang pengertian dari ilmu kehidupan yang satu ini. Walaupun berbeda, namun tetap sama maknanya. Sehingga dapat diambil garis besar bahwa ini adalah ilmu yang mempelajari semua tentang manusia dan kejiwaannya selama hidup berinteraksi dengan lingkungannya.

Psikologi

 akan selalu berhubungan dengan ilmu jiwa Psikologi : Pengertian dan Macam - Macamnya

Seluk beluk Mendetail tentang ilmu Psikologi

Sama dengan cabang ilmu yang lainnya, psikologi ini juga memiliki banyak cabang ilmu, diantaranya adalah psikologi pendidikan, perkembangan, forensik, kriminal, psikologi sosial, agama, dan banyak lagi lainnya. Hampir setiap lini kehidupan dapat terjamah oleh ilmu jiwa ini. Bahkan ilmu ini pun bisa dikaitkan dengan bidang ilmu apapun atau dalam pembahasan apapun.

Baca juga : Pengertian, Manfaat dan Bahaya Sinar-X

Untuk mendalami ilmu ini, kita bisa menempuh pendidikan khusus. Nantinya kita akan menjadi ahlinya atau pakarnya. Ada bidang pekerjaan atau lapangan kerja yang luas untuk pakar ilmu jiwa ini.

Pengenalan macam-macam ilmu Psikologi secara detail

1. Sosial, yakni mempelajari tentang manusia sebagai makhluk sosial, sehingga nantinya yang dipelajari lebih lanjut adalah tentang manusia dan lingkungan sosialnya.

2. Klinis yang juga mempelajari tentang manusia namun dilihat dari kondisi fisiknya. Akan berkaitan dengan keadaan sehat atau tidak kalau dilihat secara klinis

3. Perkembangan. Jenis ini mempelajari tentang tingkah laku manusia mulai dari lahir sampai tua (seumur hidup), di berbagai tempat, dan terkait tingkah laku apa saja.

4. Industri. Jelas, akan berkaitan dengan peran manusia dalam menjalankan industri. Semua kegiatan manusia industri akan dikupas tuntas.

5. Pendidikan, dengan objek para pelajar atau semua orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Inilah polah mereka, masalah apa saja yang dihadapi, serta solusinya. Jenis ini sangat krusial, mengingat pendidikan adalah salah satu hal mendasar yang membentuk karakter manusia. Dan karakter manusia ini dibahas dalam cabang ilmu ini.

Baca juga : Pengertian Teknik Informatika

6. Konseling, yang berkaitan dengan kegiatan konsultasi atau sharing. Tujuannya untuk mengkaji masalah dan mendapatkan pemecahannya.

7. Kepribadian. Sama dengan pengertian dari ilmu jiwa ini sendiri, namun di cabang ilmu ini kita bisa belajar lebih mendalam tentang kepribadian manusia.

8. Faal. Jenis ini berkaitan dengan bidang kesehatan, karena akan mempelajari tingkah laku manusia berdasarkan organ tubuhnya.

9. Abnormal yang mengkaji detail tentang sifat-sifat manusia yang menyimpang.

10. Diagnostik untuk mendiagnosis tingkah laku manusia secara detail.
Pentingnya ilmu psikologi untuk dikuasai bukanlah abal-abal lagi. Kita berani bertingkah, maka kita harus paham tentang ilmunya. Demi menjaga harga diri, menjunjung kenyamanan dan mendapatkan hakikat sebagai manusia sebenarnya, ilmu ini hadir untuk dipelajari. Apalagi manusia diberi akal pikiran yang jernih dan sempurna, maka akan lebih baik jika digunakan sesuai fungsinya.