Psikologi Sosial : Pengertian, Konsep Dasar dan Tujuan Psikologi Sosial

Psikologi sosial adalah sebuah ilmu yang mempelajari mengenai hubungan antara manusia dengan kelompok dalam sebuah lingkungan yang dipengaruhi oleh perilaku manusia itu sendiri. Kadang kala dam hidup bersosial pasti mempunyai hubungan yang tidak baik dengan orang lain. Dimana biasanya terjadi sebuah pertengkaran, perselisihan, pertikaian dan konflik soaial lainnya, dan biasanya hal ini biasa terjadi antara teman, tetangga, keluarga atau dengan yang lainnya.

Dengan adanya hal tersebut, tentunya akan mendorong sebuah perkembangan psikologi sosial untuk mempelajari hubungan antara manusia dengan perilaku yang mempengaruhinya. Dengan hubungan manusia yang telah dipengaruhi dengan sikap, tingkah laku serta pembuat keputusan, maka itu semua berasal dari psikologi ranah sosial dan akan menimbulkan sebuah respon yang sifatnya destruktif maupun konstruktif.

Konsep dasar pada Psikologi sosial

Interaksi sosial pada manusia didalam masyarakat mulai dari antar individu hingga antar kelompok pasti mempunyai respon kejiwaan. Respon kejiwaan tersebut meliputi, perhatian, sikap, emosional, motivasi, kemauan, harga diri dan lain sebagainya termasuk dalam psikologi sosial. Lalu suatu kondisi dalam sebuah interaksi sosial dipengaruhi bukan hanya dari sebuah proses kejiwaan saja, akan tetapi oleh keadaan lingkungan juga.

Faktor lingkungan meliputi nilai, norma, aturan, budaya, sosial, cuaca dan lain sebagainya. pengaruh dari lingkungan bisa berasal dari semangat hidup, harga diri, etos kerja maupun kesadaran orang dikehidupan sehari-hari. Dalam mencapai keberhasilan seseorang maka peranan keluarga atau teman sejawat juga akan sangat mendorong semangat prestasi yang akan diraihnya.

Salah satu kajian dari ilmu sosial yaitu konsep-konsep dasar dari psikologi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perhatian
Rasa peka atau biasa disebut dengan perhatian pada yang sedang terjadi pada lingkungan, maka akan berpengaruh pada sikap seorang individu dalam hubungan sosialnya.

2. Minat
Daya tarik atau minat seorang individu pada lingkungan sosial akan berpengaruh juga pada hubungan individu dengan kelompok, dimana ini akan berhubungan dengan interaksi dan pemberian respon. Munculnya sebuah minat dalam setiap individu, biasanya dipengaruhi oleh beberapa subjek dari luar, misalnya budaya, keluarga dan juga lingkungan.

3. Kemauan
Kemauan adalah sebuah potensi dorongan dari diri individu dalam mendapatkan serta tercapainya sesuatu yang diinginkan. Memiliki sebuah keinginan yang kuat maka itu adalah sebuah modal utama dalam suatu pencapaian. Dengan sebuah kemauan merupakan kunci utama dalam mendapatkan sebuah prestasi.

Psikologi Sosial

 sebuah ilmu yang mempelajari mengenai hubungan antara manusia dengan kelompok dalam sebua Psikologi Sosial : Pengertian, Konsep Dasar dan Tujuan Psikologi Sosial

4. Motivasi
Motivasi merupakan sebuah konsep dasar yang muncul pada diri sendiri serta bida didapatkan dari orang-orang terdekat ataupun lingkungan. Motivasi adalah sebuah kekuatan yang dapat mendorong sebuah kemauan dalam mendapatkan sesuatu. Dengan motivasi yang kuat akan menguatkan sebuah perjuangan dalam mencapai tujuan yang ingin dicapainya.

Itulah beberapa konsep dari yang dapat anda ketahui. Sebenarnya tidak hanya itu saja, masih ada beberapa konsep yang lainnya, seperti kecerdasan dalam menghadapi masalah, kesadaran, penghayatan, harga diri, sikap mental, dan kepribadian.

Baca juga : Pengertian Psikologi Kepribadian

Tujuan dan implementasi Psikologi sosial dalam lingkungan

Psikologi sosial memiliki tujuan seperti halnya disiplin ilmu yang lainnya. Dimana dalamnya terdapat tujuan instruksional yang meliputi tujuan pembelajaran atau kulikuler. Berikut ini ada 5 tujuan dari psikologi sosial, sebagai berikut.

1. Tidak semuanya suasana sosial itu baik, jadi harus mendapatkan pengetahuan mengenai psikologi sosial supaya tidak tersugesti kedalam situasi yang tidak baik.

2. Para peserta akan diberikan pengetahuan dalam menganalisis, mengidentifikasi, dan juga menyusun ketika memecahkan suatu masalah dengan cara sistematis serta memberikan proses kejiwaan yang ada kaitannya tentang hubungan kehidupan yang saling mempengaruhi.

3. Dibekali dengan kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik pada semua orang didalam masyarakat. Jadi akan memudahkan dalam melakukan sebuah pendekatan dalam mewujudkan sebuah perubahan yang lebih baik.

4. Memberikan kesadaran dalam kehidupan sosial serta lingkungannya dalam merubah perilaku serta sifat sosial yang semakin baik.

5. Untuk mengembangkan suatu pengetahuan serta keilmuan Psikologi sosial untuk perkembangan masyarakat, kehidupan teknologi, keilmuan, dan lingkungan

Baca juga : Pengertian Psikologi Pendidikan

Implementasi psikologi sosial dalam lingkungan  misalnya bisa berasal dari terjadinya perselisihan antar individu dalam interaksi sosial dan perilakunya. Dengan terjadinya masalah ini timbul dari psikologi setiap orang pada kehidupan sosial yang dapat menimbulkan dampak positif ataupun negatif. Dengan adanya psikologi sosial maka akan membantu dalam memecahkan suatu masalah dengan cara memberikan pendidikan agama serta lingkungan yang baik.

Itulah sedikit penjabaran tentang psikologi sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Jadi sangat penting ilmu psikologi ini dalam mempengaruhi kehidupan bermasyarakat dalam berinteraksi antar individu.