40 Soal UTS/PTS Sejarah Peminatan Kelas X Semester Genap K13 Beserta Jawaban Part-3

40 Soal UTS/PTS Sejarah Peminatan Kelas X Semester Genap K13 Beserta Jawaban Part-3merupakan bagian terakhir dari rangkaian tulisan soal-soal sejarah peminatan kelas 10 SMA/MA semester 2 dengan kurikulum 2013 edisi revisi. Pada bagian ke-1 sampai bagian ke-2 (soal nomor 11-20), butir soalnya berbentuk pg atau pilihan ganda, maka untuk bagian ketiga atau terakhir yang sedang anda baca ini, berbentuk essay.

Dimulai dari pertanyaan nomor 21, berikut dibawah ini, soal ulangan tengah semester genap sejarah peminatan dilengkapi kunci jawabannya.

21. Seni lukis merupakan sebuah hasil cipta yang ada pada zaman Mesolitikum atau Zaman Batu Tengah oleh bangsa….
Jawaban: bangsa Papua Melanosoid.

22. Segala sesuatu dipusatkan pada raja atau keluarga raja (keluarga istana) disebut….
Jawaban: religio sentries

23. Dalam historiografi tradisional, pandangan hidup yang dikisahkan sebagai uraian peristiwa pada masa lampau tercermin dalam….
Jawaban: babad atau hikayat

24. Zaman Mesozoikum merupakan zaman kehidupan pertengahan. Zaman Mesozoikum diperkirakan berlangsung sekitar….
Jawaban: 140 juta tahun.

25. Mereka sudah mengenal perhiasan yang sangat primitive yaitu dengan cara merangkai kulit-kulit kerang sebagai kalung. Merupakan ciri budaya pada masa….
Jawaban: berburu dan meramu

26. Sejenis kapak yang berbentuk massif yang tidak bertangkai dan merupakan peralatan batu hasil buatan manusia yang hidup pada masa Pleistosen adalah….
Jawaban: kapak perimbas

27. Fungsi nekara pada zaman logam sebagai….
Jawaban: upacara

28. Dalam historiografi modern, munculnya peranan-peranan rakyat kecil atau wong cilik sebagai pelaku sejarah dipelopori oleh….
Jawaban: Prof. Sartono Kartodirjo

29. Ras yang menyebar ke Australia (ras Aborigin), Papua dan ke daerah Afrika adalah…..
Jawaban: ras Negroid

30. Homo Pekinensis merupakan manusia purba yang ditemukan di….
Jawaban: Tiongkok

31. Mengapa tahap heuristik banyak menyita waktu, biaya, tenaga, pikiran, dan perasaan?
Jawaban: tahap heuristik ini banyak menyita waktu, biaya, tenaga, pikiran, dan perasaan karena apabila kita mendapatkan yang dicari maka serasa mendapatkan harta karun, sementara jika sudah bersusah payah mencari sumber tetapi tidak berhasil maka rasa frustasi akan muncul.

32. Di mana dapat menemukan sumber sejarah guna melakukan penelitian sejarah?
Jawaban: sumber-sumber sejarah ditemukan di perpustakaan, arsip dan museum, dimana kekayaan perpustakaan arsip dan museum dapat diketahui dari petunjuk-petunjuk, indeks, bibliografi, katalog, majalah, dan jurnal serta brosur yang menginformasikan kepada sejarawan, peneliti, pengunjung apa saja yang tersedia dalam perpustakaan, arsip atau museum itu yang berhubungan dengan literatur atau dokumen sejarah

33. Jelaskan mengenai kritik eksternal!
Jawaban: kritik eksternal adalah cara melakukan verifikasi atau pengujian terhadap aspek-aspek luar dari sumber sejarah.

34. Apakah yang harus dideteksi dalam sumber asli?
Jawaban: dalam mendeteksi sumber, maka harus diperhatikan kriteria fisik (jenis kertas, tinta, cat), garis asal-usul dokumen, tulisan tangan, dan isi dari sumber.

35. Jelaskan faktor yang menentukan berhasil tidaknya pencarian sumber sejarah!
Jawaban: berhasil tidaknya pencarian sumber, pada dasarnya tergantung dari wawasan peneliti mengenai sumber yang diperlukan dan keterampilan teknis penelusuran sumber.

36. Jelaskan ciri historiografi tradisional bersifat feodalistis-aristokratis!
Jawaban: bersifat feodalistis-aristokratis artinya yang dibicarakan hanyalah kehidupan kaum bangsawan feudal, tidak ada sifat kerakyatannya. Historiografi tersebut tidak memuat riwayat kehidupan rakyat, tidak membicarakan segi-segi sosial dan ekonomi dari kehidupan rakyat.

37. Jenis reptil yang memiliki sayap dan dapat terbang selama berjam-jam dan hidup pada zaman Mesozoikum dinamakan….
Jawaban: Pterodon

38. Jelaskan tentang fosil Pithecanthropus!
Jawaban: fosil manusia purba jenis pithecanthropus adalah jenis fosil manusia purba yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Fosil Pithecanthropus berasal dari Pleistosen lapisan bwah dan tengah. Berdasarkan pengukuran umur lapisan tanah, fosil Pithecanthropus yang ditemukan di Indonesia mempunyai umur yang bervariasi, yaitu antara 30.000 sampai 1 juta tahun yang lalu.

39. Homo Floresinsis ditemukan di Sydney, Australia pada bulan oktober tahun….
Jawaban: tahun 2005

40. Homo Floresinsis diperkirakan berlangsung selama…
Jawaban: 18.000 – 30.000 tahun yang lalu.

Lanjut ke soal setelah mid =>
– Contoh Soal PG Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-6 (nomor 51-60)
– Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-9 (nomor 111-120)