Apa Arti Jerawat Itu?

Apa Arti Jerawat Itu? ✓ Jerawatan lagi jerawatan lagi. Mungkin itulah kalimat yang terucap bagi penderita jerawat. Biasanya bagi orang yang terkena jerawat akan terasa menyebalkan dan juga akan menganggu penampilan. Jerawat dapat menyerang siapa saja, baik itu remaja maupun dewasa, baik itu laki-laki maupun perempuan. Yang jelas bagi penderitanya, menjadikan yang bersangkutan tidak nyaman. Tetapi apakah pernah bagi penderita jerawat memikirkan mengenai apa pengertian atau apa definisi jerawat itu? Bagi sebagian orang akan bilang bahwa jerawat ya gitu, tidak percaya diri, wajah tidak mulus dan terlihat kusam. Ada juga yang bilang bahwa jerawat adalah bisul kecil yang rasanya sangat gatal yang biasa terdapat di wajah, dan masih banyak lagi pendapat-pendapat mengenai arti jerawat.

Tenang, jika ada yang mau lebih jauh mengenai arti jerawat, maka berikut pengertian jerawat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (BP, 2007) yaitu bisul kecil – kecil berisi lemak, terutama pada wajah. Dengan ditopang kosakata jerawat batu (adalah jerawat yang wujud fisiknya besar dan keras) dan jerawat nasi (adalah jerawat apabila dipijit akan mengeluarkan benda putih yan kecil, mirip dengan beras). Pengertian berjerawat dianggap sama dengan pengertian jerawatan. Berikut ulasan lebih dalam mengenai jerawat.

Arti Jerawat

Adalah merupakan jenis penyakit kulit yang pada umumnya diderita oleh berbagai kalangan dan berbagai usia terutama pada usia – usia remaja akan rentan terhadap jerawat. Adapun penyebab jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang memicunya, antara lain: bakteri, faktor cuaca, faktor keturunan, faktor karena terjadi ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh, faktor tekanan psikologis, dan lain – lain.

Seperti yang telah dikatakan bahwa jerawat pada umumnya akan menyerang pada usia – usia remaja, namun tidak menutup kemungkinan jerawat juga akan menyerang usia dewasa, baik itu laki – laki maupun perempuan. Untuk kaum perempuan, jerawat basanya akan terlihat pada saat haid atau pada saat hamil. Untuk jerawat yang ada pada kaum perempuan dapat muncul di mana saja, bisa di wajah, di punggung dan tempat -tempat lainnya. Tidak sedikit yang mempunyai pendapat mengenai munculnya jerawat berhubungan dengan konsumsi lemak yang tinggi, misalnya saja mengonsumsi cokelat, mengonsumsi kacang – kacangan, goreng – gorengan dan lain sebagainya. Akan tetapi pendapat tersebut belum terdapat penelitian yang menguatkan pendapat tersebut. Jadi secara bijak kita tetap menonsumsinya makanan tersebut, namun jumlah porsinya yang mungkin untuk dikurangi. Pada kondisi tidak berjerawat pun makanan tersebut juga mengonsumsinya jangan berlebihan.

 Mungkin itulah kalimat yang terucap bagi penderita jerawat Apa Arti Jerawat Itu?

Munculnya jerawat juga dapat disebabkan oleh keadaan tubuh yang kelebihan hormon sebagai akibat dari aktivitas hormonal. Yang dimaksu dengan aktivitas hormonal di sini adalah aktivitas yang terjadi pada proses perubahan atau siklus hormonal yang terjadi pada seseorang. Sebagai contoh adalah pada saat seseorang mulai memasuki masa pubertas atau memasuki proses kedewasaan, seseorang akan mulai memproduksi hormon se*s. Pada kaum laki – laki hormon ini dikenal dengan nama androgen yang jumlahnya lumayan banyak, oleh karenanya menimbulkan glands (dikenal sebagai kelenjar minyak) sehingga kan meningkatkan sebum juga. Kondisi inilah yang kemudian dapat menimbulkan jerawat. Pada kaum perempuan perubahan hormonal yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat yaitu pada saat masa siklus haids berlangsung.

Baca Juga : 2 Cara Jitu Menghilangkan Jerawat (Dalam dan Luar)

Kondisi psikologis yang banyak tekanan (stres) bisa juga menyebabkan terjadinya jerawat. Pada seseorang yang mengalami tekanan/ depresi maka tubuh akan memproduksi hormon misalnya kortisol yang tentunya akan memperparah jerawat yang sedang dideritanya tersebut. Kondisi stres akan menimbulkan kadar hormon yang ada di dalam tubuh menjadi berubah. Pada saat kadar hormon tersebut merubah perintah tubuh pada kelenjar minyak, maka yang terjadi adalah kelenjar minyak akan menyebar dan kemudian akan mengeluarkan minyak yang jumlahnya cukup banyak. Oleh karenanya stres dapat menjadi penyebab munculnya jerawat.

Penyebab yang lainnya yang dapat menimbulkan jerawat adalah kondisi lingkungan yang tidak baik oleh karena banyaknya debu, bakteri dan berbagai macam penyebab yang lainnya. Dengan demikian penyebab jerawat tidak hanya oleh karena makanan dan hormon saja.

Bagi penderita jerawat, baik itu jerawat batu maupun jerawat nasi akan terasa menganggu. Oleh karenanya bagi penderitanya akan berusaha dengan keras bagai mana cara menghilangkan jerawat tersebut supaya dapat sembuh.