Apa Pengertian Disiplin Ilmu Geografi?

Pengertian Geografi ✓ Dalam dunia akademis, banyak sekali keilmuan yang telah memberikan pengaruh besar bagi kehidupan manusia hingga sekarang ini. satu dari sekian banyak keilmuan yang berkembang adalah geografiyang mana jenis keimuan ini telah memasuki kurikulum pembelajaran di sekolah, sehingga hal yang demikian ini sudah seharusnya tidak asing lagi bagi mereka yang telah mengenyam pendidikan hingga tingkat atas.

Apa itu pengertian disiplin ilmu geografi?

Secara etymology, kata geografi ini berasal dari bahasa Yunani atau yang lebih dikenal dengan istilah geo atau yang bisa diartikan sebagai bumi dan graphein atau yang bisa diterjemahkan sebagai tuliskan ataupun juga menjelaskan.

Dari pengertian tersebut, bisa disimpulkan bahwasannya keilmuan tersebut akan berkonsentrasi pada permasalahan penampakan dari permukaan bentuk bumi yang sangat beragam dan struktur bumi serta tidak ketinggalan kejadian yang terdapat di dalamnya.

Menurut beberapa ahli, seperti halnya Claudius Ptolomaeus disebutkan bahwasannya keilmuan ini dikenal sebagai salah satu keilmuan yang mempelajari hampir semua permukaan bumi. Selain itu, ilmuan lain seperti halnya Daldjoeni mendefinisikan geografi sebagai keilmuan yang mempelajari 3 hal pokok seperti halnya ekologi, spasial ataupun region yang keseluruhannya di dasarkan atas perilaku manusia di atas permukaan bumi.

Apa saja cabang – cabang keilmuan tersebut?
Sebagai tindakan untuk mempersempit pembelajaran geografi, banyak para ahli yang kemudian membagi keilmuan tersebut menjadi beberapa bagian cabang keilmuan lainnya dengan fokus yang masih tetap sama.

Dalam hal ini, berikut berbagai cabang keilmuan tersebut yang sampai saat ini banyak ditekuni berbagai orang sebagai bagian dari tindakan untuk memperdalam pengetahuan yang terkait.

1.Geologi merupakan salah satu cabang keilmuan yang lebih berfokus pada sejarah, struktur, proses perkembangan hingga keseluruhan kejadian yang terdapat di atas permukaan bumi.

2.Geofisika adalah kajian ilmu yang menelaah lebih jauh terkait dengan berbagai sifat ataupun struktur bumi dengan merujuk pada konsep fisika seperti halnya telaah mengenai medan magnet dan lain sebagainya.

3.Meteorology adalah keilmuan yang mempelajari ragam kejadian yang terdapat di dalam atmosfer seperti halnya cuaca, angin, udara, suhu dan beberapa lainnya.

4.Astronomi atau yang dikenal dengan salah satu cabang ilmu geografi yang lebih berfokus pada permasalahan kejadian yang terdapat di luar atmosfer seperti halnya kejadian di ruang angkasa.

5.Geomorfologi merupakan salah satu keilmuan yang mempelajari permasalahan ragam asal usul bentuk permukaan bumi yang sangatlah beragam.

 banyak sekali keilmuan yang telah memberikan pengaruh besar bagi kehidupan manusia hingga Apa Pengertian Disiplin Ilmu Geografi?

6.Oseanografi dikenal sebagai cabang keilmuan yang akan mengajak anda untuk mempelajari ragam kejadian yang ada di laut seperti halnya arus, pasang surut air laut dan lain sebagainya.

Pada hakikatnya, cabang dari keilmuan ini tidak sebatas yang tersebut di atas, sebab ada beberapa cabang keilmuan lain yang berasal dari induk yang sama seperti halnya hidrografi, biogeografi, meteorology, hingga ragam geografiyang mencangkup politik, regional, matematik hingga historic.

Baca juga : Pengertian Geodesi

Manfaat apa saja yang didapatkan dengan mempelajari keilmuan tersebut?
Pembelajaran ilmu geografi akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Dalam hal ini, beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mempelajari ilmu yang berkonsentrasi pada berbagai permukaan bumi serta kejadian yang ada di dalamnya adalah sebagai berikut.

1.Pembelajaran ini akan membantu manusia dalam mengetahui pemetaan atas ragam potensi yang terdapat pada pertanian yang mencangkup data jenis tanah hingga kondisi iklim suatu daerah.

2.Mempelajari keilmuan ini akan membantu dalam menelaah lebih jauh terkait dengan potensi dari suatu daerah tertentu apakah cenderung pada pertanian ataupun bidang lainnya.

3.Mengetahui lebih jauh terkait dengan ragam pemetaan atas daerah yang rawan bencana bagi pihak tertentu yang dilakukan dengan mengumpulkan ragam data fisik atas kawasan tersebut.

4.Pemanfaatan ilmu geografi akan membantu dalam mengetahui kepadatan penduduk suatu daerah melalui penghitungan usia produktif dan non produktif serta aspek lain di dalamnya.

5.Mengetahui perubahan kondisi lingkungan yang didasarkan pada cuaca ataupun iklim sehingga akan sangat berharga dalam bidang pertanian.

Baca juga : Pengertian Botani

Banyak manfaat yang didapatkan dengan mempelajari ilmu geografi yang dalam hal ini sangat mempengaruhi kehidupan manusia di permukaan bumi. Untuk itu, tidak mengherankan jika sampai saat ini ragam penelitian terus dilakukan demi meningkatkan kualitas hidup manusia. Selain itu, pembelajaran keilmuan ini juga nantinya akan membantu dalam menghasilkan temuan baru yang berpengaruh di masa yang akan datang.