Apakah Pengertian Ilmu Geodesi Itu?

Pengertian Geodesi ✓ Istilah geodesi mungkin akan sangat awam bagi beberapa orang, namun demikian, disiplin ilmu yang satu ini sangatlah banyak memberikan dampak bagi kehidupan manusia. Kemunculan dari disiplin ilmu ini juga disebabkan oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih sebab bidang navigasi sangat erat kaitannya dengan keilmuan yang satu ini.

Bahkan, kemunculan dari keilmuan ini juga telah ada sejak zaman dahulu kala atau di zaman Mesir Kuno. Lantas, apa saja yang terdapat di dalam keilmuan ini? berikut ulasan singkatnya.

Apakah itu yang disebut dengan geodesi?

Berbicara mengenai asal usul kata, istilah geodesi berasal dari bahasa Yunani yang dalam hal ini adalah geo atau bisa diartikan sebagai bumi dan daiein atau yang dikenal dengan sebutan membagi, sehingga disimpulkan menjadi geodeien atau yang diartikan sebagai membagi bumi. Namun demikian, jika merujuk pada istilah awamnya, istilah keilmuan ini merupakan cabang dari geosains yang kemudian mempelajari berbagai hal terkait dengan bumi.

Terlepas dari istilah di atas, banyak pula beberapa ahli yang juga menafsirkan istilah geodesi tersebut. seperti halnya definisi yang diungkapkan oleh Helmert dan Torge (1880) menjelaskan bahwa disiplin ilmu yang satu ini akan berkonsentrasi pada permukaan dasar laut serta pemetaan permukaan bumi.
Di lain sisi, pihak IAG ( International Association of Geodesy) mendefinisikan keilmuan yang tertua ini sebagai kegiatan pembelajaran atas ragam pengukuran atas bumi dan berbagai benda langit lainnya yang kemudian dihubungkan dengan perubahan yang ada seiring dengan perubahan waktu di dalamnya.

Dari kedua pendapat tersebut, bisa disimpulkan bahwasannya geodesi ini merupakan cabang keilmuan yang berkonsentrasi pada pemetaan permukaan bumi yang didasarkan atas ragam perubahan di dalamnya.

Baca juga : Pengertian Botani

Geodesi

 mungkin akan sangat awam bagi beberapa orang Apakah Pengertian Ilmu Geodesi Itu?

Apa saja cabang – cabang keilmuan dari disiplin ilmu tersebut?
Melihat peliknya keilmuan yang dianggap paling tertua di muka bumi ini, tidak mengherankan jika keilmuan ini memiliki berbagai cabang keilmuan yang sangatlah beragam. Berikut ini adalah beberapa cabang dari keilmuan yang diadopsi dari ilmu matematika terapan.

1. Salah satu cabang dari ilmu geodesi ini adalah geomatika yang dalam hal ini memanfaatkan ragam teknologi modern seperti halnya remote sensing, SIG dan juga fotogrametri. Cabang keilmuan yang satu ini akan berfokus pada pengelolaan lingkungan adanya mitigasi atas ragam bencana alam dari pergeseran tanah dan lain sebagainya.

2. Kadastral merupakan cabang keilmuan yang berfokus pada penelitian pertanahan yang ada di suatu daerah. Hal ini akan memberikan data spasial yang nantinya digunakan sebagai patokan dalam penentuan management informasi atas adanya pajak bumi dan bangunan.

3. Cabang dari geodesi lainnya adalah hidrografi yang dalam hal ini, disiplin keilmuan ini akan melakukan penelitian terkait dengan konfigurasi atas dasar laut  untuk mengetahui karakteristik dan juga dinamika yang terdapat di dalamnya. Dalam praktiknya, cabang keilmuan yang satu ini sangatlah penting dalam hal navigasi.

Baca juga : Pengertian Astronomi

Manfaat apa saja yang didapatkan dari mempelajari keilmuan tersebut? 
Setiap bidang keilmuan yang muncul sebagai dampak adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih tentunya akan memberikan manfaat bagi masyarakat di masa yang akan datang. Seperti halnya kemunculan dari ilmu geodesi yang ternyata sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia dan berikut ini beberapa manfaat yang bisa diambil dari kemunculan ilmu tersebut.

1. Pemanfaatan keilmuan tersebut sangatlah penting dalam menentukan permasalahan yang berkaitan dengan navigasi.

2. Memberikan informasi yang terkait dengan daerah di muka bumi yang memiliki kecenderungan atas terjadinya bencana alam, sehingga hal ini bisa ditanggulangi terlebih dahulu.

3. Dalam bidang pertambangan, keilmuan yang satu ini akan sangat membantu dalam menentukan kemiringan atas lokasi tambang sebagai tindakan untuk menghindari bencana.

4. Untuk mengetahui lebih jauh atas adanya potensi minyak bumi yang terkandung di dalamnya, sehingga keilmuan ini sangatlah diperlukan.

5. Keilmuan ini juga akan memberikan informasi yang sangat signifikan dalam memandu perjalanan agar tidak mengalami permasalahan tersesat.

Cabang keilmuan yang dikenal dengan istilah geodesi ini merupakan salah satu disiplin ilmu yang memberikan pengaruh besar pada berbagai kehidupan manusia. Dalam hal ini, pemanfaatan disiplin ilmu telah merambah pada beberapa kasus seperti halnya kelautan, pertambangan, militer dan beberapa bidang lainnya. mengingat pentingnya cabang keilmuan tersebut, tidak mengherankan jika banyak orang yang tertarik untuk mempelajari permasalahan tersebut.