Contoh Penerapan Demokrasi Pada Lingkungan Sekolah, Keluarga, Masyarakat dan Negara (PKN Kelas VIII)

Contoh Penerapan Demokrasi Pada Lingkungan Sekolah, Keluarga, Masyarakat dan Negara (PKN Kelas VIII) ✓ Cakupan dari pengertian demokrasi dalam sistem nilai memiliki cakupan yang lebih luas jika dibandingkan dengan pengertian demokrasi dalam arti pemerintahan. Ini semua karena pada penerapan dari budaya demokrasi pada masyarakat akan mempunyai pengaruh dalam kelancaran komunikasi dan silahturahmi antar komponen yang ada di dalam amasyarakat serta dapat secara bersama-sama bisa memcahkan permasalahan dari masyarakat yang sedang dihadapinya.

Daftar Isi

A. Budaya demokrasi di lingkungan keluarga
B. Budaya demokrasi di lingkungan sekolah
C. Budaya demokrasi di lingkungan masyarakat
D. Budaya demokrasi di lingkungan Bernegara

Contoh Penerapan Demokrasi di Lingkungan Sekolah, Keluarga, Masyarakat dan Negara

Nilai positif dalam penerapan demokrasi bisa dilakukan pada berbagai macam lingkungan. Karena kita sedang membicarakan tentang contoh penerpan demokrasi di lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat dan negara maka berikut merupakan contoh dari lingkungan tersebut, antara lain:

A. Budaya demokrasi di lingkungan keluarga
Penerapan dari budaya demokrasi pada lingkungan keluarga akan disesuaikan dengan kebiasaan dan juga kesepakatan dari masing – masing keluarga yang bersangkutan. Berikut ini adalah contoh penerapan budaya demokrasi di lingkungan keluarga antara lain:
• Sikap dari orang tua yang lebih luwes dalam menghadapi anak – anaknya.
• Terdapat pembagian tugas dan wewenang dalam keluarga.
• Memupuk dan mengembangkan rasa saling mengasihi dan rasa saling menghormati antar anggota keluarga
• Adanya sikap yang lebih transparan dalam rangka untuk melancarkan komunikasi antara anggota keluarga yang satu dengan anggota keluarga yang lainnya.

Contoh Penerapan Demokrasi Pada Lingkungan Sekolah Contoh Penerapan Demokrasi Pada Lingkungan Sekolah, Keluarga, Masyarakat dan Negara (PKN Kelas VIII)

B. Budaya demokrasi di lingkungan sekolah
Penerapan budaya demokrasi pada lingkungan sekolah perlu agar proses kegiatan belajar mengajar dan aktivitas di sekolah bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini merupakan contoh penerapan budaya demokrasi di lingkungan sekolah, antara lain:
• Di dalam proses kegiatan belajar bisa dilakukan dengan cara tanya jawab atau diskusi dalam kelompok, sehingga masing-masing-siswa/ kelompok dapat memberikan pendapatnya mengenai perihal yang sedang dibahasnya.
• Adanya proses untuk memilih ketua OSIS yang baru.
• Diadakannya musyawarah kelas dalam rangka untuk menyusun jadwal piket kelas.

Baca Juga : Politik Luar Negeri Indonesia Era Globalisasi

C. Budaya demokrasi di lingkungan masyarakat
Berikut ini adalah contoh penerapan budaya demokrasi pada lingkungan masyarakat antara lain:
• Pemilihan pemimpin dalam masyarakat, sebagai contoh pemilihan ketua RT, ketua RW, dan pemilihan Kepala desa.
• Adanya musyawarah dalam rangka untuk menyusun program pembangunan masyarakat yang mengikutsertakan partisipasi seluruh komponen masyarakat yang ada.

Baca Juga : Rangkuman Materi Pelajaran PKn SD/ MI Kelas VI

D. Budaya demokrasi di lingkungan Bernegara
Di bawah ini adalah contoh penerapan budaya demokrasi di lingkungan bernegara, antara lain:
• Adanya proses pemilihan umum (pemilu) untuk memilih wakil rakyat dan memilih presiden/ wakil presiden setiap 5 tahun sekali.
• Penyampaian aspirasi rakyat kepada wakil rakyat
• Rakyat melakukan pengawasan kepada pemerintah yang bisa melalui  berbagai kebijakan/ perundangan dan dikaji bagai mana pelaksanaannya.
• Mematuhi peraturan perindang-undangan yang berlaku.

Demikian artikel PKn tentang Contoh Penerapan Demokrasi Pada Lingkungan Sekolah, Keluarga, Masyarakat dan Negara (PKN Kelas VIII) yang semoga bermanfaat.