Contoh Soal Essay Biologi Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Tentang Jamur (Fungi) Part-5

Contoh Soal Essay Biologi Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Tentang Jamur (Fungi) Part-5 – Melanjutkan soal essai biologi peminatan SMA/MA kelas 10 semester genap kurtilas bagian ke-1 sampai bagian ke-4 (soal nomor 46-55) yang diambil dari Bab 1, bagian kelima postingan admin kali ini masih berisikan materi yang sama dengan pertanyaan dimulai dari nomor 56 berikut ini.

56. Jelaksan struktur tubuh jamur!
Jawaban:
Struktur tubuh jamur:
a. badan buah merupakan struktur reproduki jamur yang bersifat sementara.
b. hifa adalah struktur menyerupai benang yang tersusun dari dinding berbentuk pipa.
c. sel penghasil spora merupakan bagian spora yang akan membentuk spora pada jamur.
d. miselium merupakan jaringan yang terbentuk oleh hifa.

57. Sebutkan 4 macam jamur dan peranannya!
Jawaban:
a. neurospora crasa: bermanfaat dalam pembuatan oncom
b. penecillium notatum: penghasil  anti biotik
c. penecillium camemberti: meningkatkan kualitas keju
d. valvariela valvacea: jamur merang

58. Jelaskan klasifikasi jamur!
Jawaban:
Klasifikasi jamur:
a. Zygomicotina, bersifat heterotroph saprofit,  tidak bersepta. Spora  seksual dengan zygospora, dan spora aseksual dengan sporangiospora.
Contohnya: Rhizopus
b. Ascomicotina, bersifat heterotroph saprofit, hifa yang memiliki bersekat, ada yang uniseluler dan multiseluler serta dapat berkembang biak secara seksual dan aseksual. Spora seksual dengan askospora, dan spora aseksual dengan konidiospora. Contohnya, Saccharomyces.
c. Basidiomicota, bersifat heterotrof saprofit  dan multiseluler, bersepta spora seksual dengan basidiospora, dan umumnya tidak memiliki spora aseksual. Contohnya: Auricularia.
d. Deuteromicotina adalah jamur yang berkembang biak dengan konidia dan belum diketahui tahap seksualnya. Tidak ditemukan askus maupun basidium sehingga tidak termasuk dalam kelas jamur. Ascomycota atau basidiumycota oleh karena itu jamur ini merupakan jamur yang tidak  sempurna (jamur imperfeksi).

59. Jelaskan cara reproduksi jamur!
Jawaban:
Cara reproduksi jamur:
a. perkembangan secara aseksual dilakukan dengan pembelahan sel (fragmentasi) dan  pertukaran spora. Pembentukan spora berfungsi untuk menyebarkan spesies dalam jumlah besar.
b. perkembangan secara seksual dilakukan dengan peleburan dua sel yaitu inti melalui kotak gametalium dan konjungsi. Kontak gametangium menyebabkan terjadinya singami, yaitu penyatuan sel dari dua individu. Singami terjadi dalam tiga tahap, yaitu plasmogami, kariogami, dan meiosis, pada tahap plasmogami, terjadi penyatuan dua protoplasma  membentuk sel yang mengandung dua inti yang tidak menyatukan diri selama pembelahan sel (stadium dikariot) pada saat bersamaan, terjadi pula pembelahan inti bersama. setelah pembentukan benda buah terjadilah peleburan sel haploid (kariogami) inti zigot yang diploid. Setelah ini, baru terjadi meiosis, yaitu pembelahan sel dan pengurangan jumlah kromosom menjadi haploid kembali.
c. tubuh jamur biasanya mengandung inti sel yang haploid. Pembelahan mitosis dari sel jamur yang haploid. Membentuk spora aseksual. Jika mencapai tempat yang menguntungkan. Spora aseksual akan memulai pembelahan mitosis.pembelahan ini menghasilkan miselium haploid baru yang secara genetis sama dengan induknya.
d. adapun pembentukan spora seksual dimulai ketika dua inti haploid melakukan fusi dan melakukan pembelahan miosis dan membentuk spora seksual yang haploid. Spora kemudian menyebar, berkecambah dan membelah secara meiosis membentuk miselium haploid yang baru.

60. Sebutkan tiga jamur yang menguntungkan!
Jawaban:
Jamur yang menguntungkan :
a. Volvariella volvacea (jamur merang) berguna sebagai bahan pangan berprotein tinggi.
b. Rhizopus dan Mucor berguna  dalam industri bahan makanan, yaitu dalam pembuatan tempe da noncom.
c. Khamir Saccharomyces berguna sebagai fermentasi dalam industry keju, roti dan bir.

61. Hifa jamur yang dapat menembus sampai lapisan epidermis disebut….
Jawaban: endomikoriza

62. Rhizopus dan Mucor berguna dalam industry bahan makanan, yaitu dalam pembuatan…
Jawaban:  tempe dan oncom

63. Sekat yang menonjol dalam sporangium pada Mucor mocedo disebut….
Jawaban: kulomela

64. Memiliki basidiokarp yang di dalamnya terdapat basidium, kecuali jamur api (Ustilago scitamiena) dan jamur karet (Puccinia tueitessi) adalah salah satu dari ciri….
Jawaban: basidiomycotyna

65. Penicillium notatum berguna sebagai….
Jawaban: penghasil antibiotik

Lanjut ke soal nomor 66-80 => Contoh Soal Essay Biologi Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-6