Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-5

Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-5– Soal-soal essai sejarah peminatan kelas 10 semester genap kurikulum 2013 SMA/MA bagian kelima postingan kali ini, merupakan lanjutan soal essay sejarah peminatan bagian ke-4 (soal nomor 51-60) dengan materi yang sama diambil dari Bab 2, “Manusia Purba Indonesia dan Dunia dengan Manusia Modern”.

Pada bagian sebelumnya/essay bagian ke-4, sub pokok materinya tentang manusia purba Indonesia, manusia purba dunia serta manusia modern, sedangkan untuk bagian ke-5 yang sedang anda baca ini, berisikan tentang kehidupan awal manusia purba di Indonesia serta soal-soal tentang kehidupan awal manusia Indonesia dalam aspek kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan masa kini.

Note: Bagi Anda yang belum membaca soal-soal essay bagian pertama/sebelumnya (Bab 1), silahkan baca, soal essay sejarah peminatan tentang penelitian sejarah.

Berikut dibawah ini, soal sejarah peminatan kelas x semester genap kurtilas edisi revisi dalam bentuk essay dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 61.

61. Sebutkan teknik pembuatan alat-alat dari perunggu pada zaman Perundagian!
Jawaban: teknik pembuatan alat-alat yang terbuat dari perunggu ini dibuat dengan beberapa macam teknik, yaitu berupa teknik cetakan setangkup atau Bivalve dan teknik cetakan lilin atau a cire perdue.

62. Sebutkan hasil kebudayaan Ngandong dan hasil kebudayaan Pacitan!
Jawaban: Serpih, bilah, gurdi, blades, dan alat-alat dari tulang, kapak perimbas, kapak penetak.

63. Jelaskan fungsi punden berundak!
Jawaban: punden berundak adalah bangunan suci tempat pemujaan terhadap roh nenek moyang yang dibuat dalam bentuk bertingkat-tingkat atau berundak-undak. Bangunan ini banyak ditemukan di daerah Lebak Sibedug, Banten Selatan.

64. Sebutkan budaya dan alat yang dihasilkan pada masa perundagian!
Jawaban: budaya dan alat yang dihasilkan pada masa perundagian, sebagai berikut.
a. Nekara perunggu
Berfungsi sebagai pelengkap upacara untuk memohon turun hujan dan sebagai genderang perang, banyak ditemukan di Bali, Nusa Tenggara, Maluku, Selayar, dan Papua.
b. Kapak perunggu
Bentuknya beraneka ragam. Ada yang berbentuk pahat, jantung, atau tembilang dengan motifnya berpola topang mata atau geometris.
c. Bejana Perunggu
Bentuknya mirip gitar Spanyol tanpa tangkai dan ditemukan di Madura dan Sulawesi
d. Arca Perunggu
Berbentuk orang sedang menari, menaiki kuda, atau memegang bsuru panah. Arca perunggu ditemukan di Bangkinang (Riau), Lumajang, Bogor, Palembang.
e. Perhiasan dan manik-manik
Ada yang terbuat dari perunggu, emas, dan besi. Perhiasan ini biasanya berbentuk gelang tangan, gelang kaki, cincin, kalung, bandul.

65. Apakah sarana yang digunakan manusia purba pada masa bercocok tanam dalam melakukan aktivitas perdagangan?
Jawaban: dengan cara memanfaatkan perahu sederhana atau rakit

66. Apakah fungsi alat sepih?
Jawaban: alat serpih ini berfungsi sebagai alat untuk menguliti hewan buruan yang didapatkan oleh manusia purba.

67. Mengapa manusia purba Indonesia disebut modern?
Jawaban: karena memiliki bentuk dan wajah mirip manusia sekarang.

68. Sebutkan penemuan alat bantu pada manusia praaksara!
Jawaban: perkembangan alat-alat yang dibuat oleh manusia purba, yaitu sebagai berikut.
a. Kapak perimbas dan alat serpih
Kapak perimbas merupakan alat pertama yang dibuat oleh manusia purba. Kapak perimbas diciptakan dan digunakan manusia jenis Pithecanthropus. Hal ini dikarenakan bukti ditemukannya kapak perimbas bersama fosil-fosil. Alat bantu tersebut dibuat pada masa paleolitik sebagai alat tingkat awal budaya batu di Asia Timur.
b. Alat Tulang
Alat tulang yang ditemukan di daerah Ngandong berupa alat-alat tulang berukuran sedang dan kecil. Alat tulang ditemukan bersamaan dengan Pithecanthropus Soloensis yang dibuat dari tanduk hewan buruan. Alat tulang ini hanya ditemukan di Solo dan daerah Ngandong.

69. Sebutkan jenis-jenis kapak perimbas!
Jawaban: kapak perimbas dibagi dalam beberapa jenis menurut ciri-cirinya, yaitu:
a. Kapak perimbas
b. Kapak penetak
c. Pahat genggam
d. Kapak genggam awal

70. Jelaskan yang dimaksud manusia modern!
Jawaban: manusia modern adalah manusia yang termasuk ke dalam spesises homo sapiens denga nisi volume otak kira-kira 1450 cm kubik hidup sekitar 15.000 hingga 150.000 tahun yang lalu.

Lanjut ke soal nomor 71-85 => Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-6