Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-8

Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-8– Postingan bagian ke-8 soal-soal essai sejarah peminatan SMA/MA kelas 10 semester genap merupakan lanjutan soal essay peminatan bagian ke-4 sampai dengan bagian ke-7 (soal nomor 86-100) dengan materi yang sama, yang diambil dari Bab 2, “Manusia Purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern”, dimana dengan materi ini, anda bisa mempelajari materi dengan sub pokok bahasan, manusia purba Indonesia, manusia purba dunia, manusia modern, kehidupan awal manusia Indonesia dalam aspek kepercayaan, sosial budaya ekonomi, teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan masa kini.

Oke, berikut dibawah ini soal essay sejarah kelas x semester genap kurikulum 2013 edisi revisi dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 101.

101. Bagaimanakah ciri fisik manusia purba Homo cromagnon?
Jawaban: diperkirakan mahluk ini hidup pada pertengahan akhir Pleistosen, ± 500.000 sampai 50.000 yang lalu. Pada tahun 1868, ditemukan fosil Homo Cro-Magnon di gua Cro-Magnon dekat kota Les Eyzies. Ciri fisiknya mendekati manusia masa kini, umurnya sekitar 40.000-25.000 tahun yang lalu.

102. Apakah arti Pithecanthropus erectus?
Jawaban: Pithecanthropus erectus diambil daeri kata pithekos = kera, anthropus =manusia, erectus = berjalan tegak. Jadi Pithecanthropus erectus artinya manusia kera yang berjalan tegak

103. Sebutkan fosil yang ditemukan di daerah Ngandong dan Sangiran!
Jawaban: manusia purba jenis Pithecanthropus soloensis ditemukan di Ngandong dan Sangiran antara tahun 1931-1933 oleh Von Koeningswald dan Oppenoorth. Fosil yang ditemukan berupa tengkorak dan juga tulang kering

104. Sebut dan jelaskan arti homo sapiens!
Jawaban: homo sapiens artinya manusia cerdas. Homo sapiens berasal dari kata Holosen, bentuk tubuhnya sudah menyerupai manusia sekarang. Mereka sudah menggunakan dan memiliki sifat seperti yang dimiliki manusia sekarang. Kehidupan Homo sapiens sederhana dan mereka masih mengembara.

105. Sebutkan jenis-jenis manusia purba genus Homo!
Jawaban: Homo sapiens, Homo soloensis, Homo wajakensis, Homo florensis.

106. Jelaskan yang dimaksud zaman perundagian!
Jawaban: zaman perundagian adalah zaman dimana manusia purba hidup makin maju dengan memiliki kemampuan membuat alat-alat atau benda dari logam dengan teknik yang tinggi.

107. Jelaskan yang dimaksud kapak penetak!
Jawaban: merupakan alat dari batu, kemudian permukaannya dipangkas, bentuknya hampir sama dengan kapak perimbas tetapi lebih besar dari kapak penetak sedangkan dalam cara pembuatannya masih kasar. Alat ini digunakan untuk membelah.

108. Tuliskan nama-nama manusia modern yang Anda ketahui beserta asalnya!
Jawaban: manusia modern disebut modern karena hampir mirip atau menyerupai manusia yang ada pada saat ini atau sekarang.
a. Manusia Swanscombe – Berasal dari Inggris
b. Manusia Neandertal – ditemukan di lembah Neander
c. Manusia Cro-Magnon/Cromagnon ditemukan di gua Cro-Magnon, Lascaux Prancis. Dicurigai sebagai campuran antara manusia Neandertal dan manusia Gunung Carmel.
d. Manusia Shanidar – Fosil dijumpai di Negara Irak

109. Berapakah volume otak manusia purba Sinanthropus pekinensis?
Jawaban: Sinanthropus pekinensis memiliki volume isi otak sekitar kurang lebih 900 sampai 1200 cm kubik.

110. Sebutkan ciri-ciri Pithecanthropus!
Jawaban:  pithecanthropus memiliki ciri-ciri seperti berikut ini.
a. Mempunyai hidung lebar dan tidak berdagu
b. Mempunyai rahang yang kuat dan geraham yang besar
c. Memakan tumbuhan dan daging hewan buruan
d. Tonjolan kening tebal dan melintang sepanjang pelipis
e. Volume otak berkisar antara 750-1350 cc
f. Berbadan tegap, namun tidak setegap Meganthropus
g. Memiliki tinggi tubuh antara 165-180 cm

Lanjut ke soal penilaian tengah semester genap => 40 Soal UTS/PTS Sejarah Peminatan Kelas X Semester Genap K13 Beserta Jawaban