Manfaat dan Khasiat Adas Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Adas Untuk Kesehatan ✓ Tanaman ini termasuk dalam familia Apiaceae. Tanaman adas dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, meskipun demikian yang terbaik adalah ditanam di dataran tinggi. Dalam rangka untuk mengembangbiakkan dapat dilakukan dengan biji atau dengan memisahkan anak tanaman. Tanaman adas mengandung : minyak atsiri (Oleum Foeniculi), anetol, fenkom, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, dan minyak lemak.

Manfaat dan Khasiat Adas Untuk Kesehatan Manfaat dan Khasiat Adas Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah khasiat adas antara lain:

a). Batuk pada anak-anak
Ambil 1 sendok teh penuh adas, dan sepotong kulit kayu pulasari yang ukurannya sekitar 4 cm serta 1 bawang merah yang sudah dikupas. Seluruh bahan dicuci, kemudian dilumatkan. Selanjutnya beri 1 gelas air dan juga sepotong gula batu. Rebus hingga airnya menjadi setengah gelas. Setengahnya diminum sebelum sarapan dan setengahnya lagi diminum sebelum tidur. Hal tersebut diulangi beberapa hari.

b). Sakit perut pada anak
Khasiat adas yang selanjutnya adalah untuk sakit perut pada anak. Diare 3 – 4 kali dalam sehari, mual, kembung. Ramuannya yaitu ambil 3 sendok teh adas, 5 pucuk daun jambu klutuk, 10 cm pulasari. Semua bahan kemudian dicuci dan dimemarkan. Kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tertinggal 1 gelas, lalu disaring. Airnya tersebut diminum separuh untuk pagi dan separuhnya lagi diminum pada malam harinya.

c). Ambeien
Ramuannya yaitu : ambil 3 sendok teh penuh adas, 1 bawang merah dikupas, 1 cangkir daun patikan Cina, 1/2 cangkir daun meniran, 1 sendok teh penuh jintan putih (Cuminum cyminum L.). Semua bahan kemudian dicuci, lalu direbus dengan menggunakan 1 liter air hingga airnya tinggal setengahnya. Agar rasanya menjadi lebih enak lagi maka ditambahkan gula batu. Kemudian airnya disaring dan diminum antara 4 sampai dengan 5 kali dalam sehari. Lakukan selama beberapa hari.

Ambeien yang terus menerus berdarah yaitu ambil 2 sendok teh penuh adas, 4 cm kulit batang pulsari  kemudian dicuci, dan dimemarkan serta direbus dengan menggunakan segelas air hingga airnya tertinggal setengah. Kemudian ditambahkan gula aren secukupnya sesuai dengan selera. Kemudian saring. Satu pisang batu/klutuk yang masih muda dicuci bersih kemudian diparut bersama dengan kulitnya. Kemudian airnya diperas dan dicampur dengan air rebusan adas pulasari. Minum 1 kali dalam sehari. Lakukan pada keeseokan harinya sekali lagi.

d). Bau mulut karena sariawan atau sakit tenggorokan
Ramuannya : 1 sendok teh adas, 1 cangkir daun beluntas, 2 biji kapulaga, dicuci. Tambahkan sedikit garam. Seduh dengan menggunakan secangkir air. Sesudah airnya dingin lalu diperas dengan memakai kain. Untuk 3 kali pakai sehari. Jangan langsung ditelan, tapi diamkan beberapa saat di mulut, kemudian sedikit demi sedikit ditelan. Lakukan selama beberapa hari.

e). Biduran
Ramuannya yaitu 2 sendok teh penuh adas, kunyit ukuran 7 cm dikupas, 2 bawang merah dikupas. Semua bahan dicuci, kemudian dilumatkan, diseduh dengan 1 1/2 gelas air, diamkan sebentar kemudian disaring dengan memakai kain. Diminum 3 kali sehari setengah gelas. Lakukan untuk beberapa hari.

f). Demam
Kemudian manfaat dan khasiat adas dapat untuk mengobati demam. Ramuan : 2 sendok teh penuh adas, 4 cm kulit batang pulsari dicuci, kemudian dimemarkan, direbus dengan memakai segelas air hingga airnya tertinggal setengahnya, kemudian saring. Labu air dicuci, dikupas dan kemudian diparut. Diperas dengan kain sampai airnya menjadi hampir 1 gelas. Kemudian campurkan dengan air rebusan adas pulasasi dan 2 sendok makan madu. Diminum sekaligus.

Artikel pengetahuan umumu dapat di lihat di sini.

g). Mencegah stuip pada anak
Apabila anak demam dan sulit kencing, supaya menurunkan panasnya dapat diberikan: 4 sendok teh adas, 6 cm kulit batang pulasari, 7 butir biji anyang-anyang. (Anyang-anyang atau Elaeocarpus grandiflorus J. Sm. biasa juga disebut rejasa). Semua bahan dicuci bersih, kemudian direbus dengan  menggunakan 2 gelas air hingga airnya menjadi 1 gelas. Kemudian disaring. Diminum 1 gelas dalam sehari.