Pengertian Antropologi (Definisi Menurut Para Ahli)

Antropologi merupakan sebuah istilah yang berasal dari Yunani yang berarti manusia dan logosartinya ilmu. Jadi pengertian antropologi adalah ilmu yang harus mencapai pemahaman dan pengertian tentang kehidupan manusia dengan cara mempelajari keanekaragaman bentuk fisik, warna, kebudayaan dan juga masyarakat. Antropologi dalam dunia pendidikan adalah bagian dari ilmu sosial. Didalam ilmu sosial, semua yang berhubungan dengan budaya manusia serta dipenjuru dunia dipelajari dengan sedetail mungkin.

Ilmu antropologi ini mulai muncul karena adanya minat yang sangat tinggi oleh bangsa Eropa pada hal perbedaan yang secara fisik, perilaku dan juga budaya, sampai dengan adat istiadat yang telah berlaku pada suatu daerah dengan cara berperilaku pada daerah yang lainnya. Dengan berbekal rasa ingin tahu yang sangat besar, pada akhirnya terciptanya cabang ilmu sosial yang baru dan memfokuskan dalam dunia sejarah bagaimana perkembangan manusia.

Definisi antropologi menurut para ahli

Antropologi memiliki arti kajian manusia , namun para ahli bukan merupakan satu-satunya yang membuat penelitian tentang manusia serta bukan juga berarti bahwa para ahli hanya membuat penelitian tentang manusia. Lalu sebenarnya apa perbedaan antara antropologi dengan ilmu yang lainnya yang ternyata juga mempelajari tentang kajian manusia.

Menurut Koentjaraningrat ilmu ini telah membuktikan 5 masalah tentang manusia, diantaranya yakni pertama tentang masalah yang terjadi serta perkembangan manusia adalah makhluk biologis. Kedua mengenai masalah sejarah dengan terjadinya keanekaragaman warna makhluk manusia jika dipandang dari segi sudut dan ciri-ciri tubuhnya. Ketiga tentang persebaran dan keanekaragaman bahasa yang diucap oleh semua manusia di dunia. Keempat tentang persebaran, perkembangan dan juga timbulnya keanekaragaman kebudayaan manusia yang ada diseluruh dunia. Terakhir tentang dasar-dasar serta keanekaragaman warna kebudayaan manusia dikehidupan bermasyarakat, suku bangsa yang telah tersebar diseluruh dunia hingga jaman sekarang ini.

Berikut ini ada beberapa pengertian tentang antropologi menurut para ahli, yaitu David Hunter, Koentjaraningrat, William A. Havilland dan yang lainnya. Walaupun para ahli dari ilmu ini memberikan pengertian yang berbeda-beda, namun anda akan bisa untuk menarik kesimpulan yang menggambarkan tentang ilmu manusia ini dengan keseluruhan.

Antropologi

 merupakan sebuah istilah yang berasal dari Yunani yang berarti manusia dan  Pengertian Antropologi (Definisi Menurut Para Ahli)

1. David Hunter Antropologi
Menurut David Hunter yaitu ilmu yang bermula dari rasa ingin tahu yang tdk terbatas besarnya bagi semua manusia.

2. Koentjaraningrat
Antropologimenurut Koentjaraningrat yaitu ilmu yang mempelajari manusia yang pada umumnya, yaitu dengan cara memperhatikan keanekaragaman warna dan bentuk fisik dari masyarakat dan budaya yang telah dihasilkannya.

3. William A. Havilland
Bahwa ilmu ini bisa juga diartikan dengan sebuah studi yang berfokus pada manusia yang telah berusaha dalam menyusun generalisasi yang sangat berguna tentang manusia dan tingkah laku dari manusia tersebut. selain itu untuk memperoleh definisi yang lengkap tentang keanekaragaman seluruh manusia dibumi.

4. Rafhi Siddiq
Bahwa ilmu ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang semua hal dari segala aspek yang ada di kehidupan manusia. Dimana semuanya terdiri dari macam-macam konsepsi, norma, tradisi, ilmu pengetahuan, kebudayaan. Lambang, teknologi. Kelembagaan dan juga linguistik.

5. Ralfh L. Beals dan Harry Hoijen
Bahwa ilmu ini adalah ilmu yang mengkaji tentang manusia serta dengan segala hal yang telah dilakukannya.

6. Tulian Darwin
Bahwa ilmu ini merupakan ilmu yang bermula dari sebuah kehidupan dan keinginan dimana telah membuktikan asal mula serta perkembangan yang telah terjadi terhadap manusia yang telah melaksanakan beberapa penelitian tentang kera dan monyet yang ada di seluruh dunia.

Baca juga : Pengertian Anatomi

Ada 2 jenis antropologi, yaitu fisik dan budaya. Untuk antropologi fisik adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dengan cara memperhatikan pada kondisi fisiknya. Dalam ilmu ini manusia dipelajari tentang sejarahnya dengan berbagai macam kondisi fisik, seperti bentuk rambut, muka, hidung, telinga dan lain sebagainya. Dalam ilmu ini lebih terfokus untuk mempelajari suatu perubahan fisik manusia yang telah terjadi untuk dampak pengaruh dalam lingkungan sekitar.

Sedangkan untuk antropologi budaya yaitu ilmu ini lebih terfokus pada nilai budaya yang telah dianut oleh manusia.  Dalam ilmu ini mencari tentang sejarah manusia dibidang kepercayaan, kebudayaan dan juga tingkah laku dari manusia tersebut.

Nah, itulah informasi mengenai pengertian antropologi, mulai dari pengertian umum hingga definisi menurut para ahli. Bisa disimpulkan banhwa ilmu ini mempelajari tentang seluk beluk manusia, mulai dari bentuk dan keanekaragaman budaya yang dianut.