Pengertian Oseanografi (Menurut Para Ahli) dan Manfaatnya

Oseanografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang semua aspek mulai dari kelautan dunia hingga samudra, meliputi sifat fisik dan kimia, asal mula dan kerangka geologi serta bentuk kehidupan yang terdapat dilingkungan laut.

Oseanografi dibagi menjadi 4 cabang namun terpisah, tapi masih tetap berhubungan yaitu Oseanografi fisik, kimia, ekologi laut dan geologi laut. Untuk Oseanografi fisik mempelajari tentang berbagai macam sifat-sifat laut, gerakan serta interaksi antara atmosfer dan air laut. Untuk Oseanografi kimia mempelajari tentang komposisi air laut dan juga siklus biogeokimia yang berpengaruh pada hal tersebut.

Geologi laut lebih mengarah pada fitur, struktur dan juga evolusi cekungan laut. Sedangkan untuk ekologi laut atau bisa juga disebut dengan Oseanografi biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hewan dan tanaman laut serta termasuk dalam produksi pangan dan siklus hidup.

Dalam melakukan penelitian tentang Oseanografi untuk studi dekat harus menggunakan sampel air laut dan kehidupan laut. Sedangkan untuk penglihatan dari jarak jauh dalam proses samudra harus menggunakan satelit dan pesawat yang mengiringi bumi. Dan untuk eksplorasi dasar laut menggunakan cara pengeboran laut.

Ilmu ini ternyata juga sangat penting dalam memahami efek yang ditimbulkan dari berbagai macam polusi perairan laut serta pelestarian dari kualitas lautan. Hal ini untuk meningkatkan jika ada tuntutan manusia kepada mereka.

Penelitian tentang Oseanografi yang ada di Indonesia

Di Indonesia dalam penelitian Oseanografidimulai pertama kali pada tahun 1904. Dimana pada saat itu KoningSbene telah mendirikan laboratorium perikanan yang bertempat di Jakarta. Di tahun 1919 laboratorium tersebut dirubah dan menjadi laboratorium biologi laut. Dari sejak itu laboratorium ini mengalami banyak perubahan nama, mulai dari Lembaga Penelitian Laut dan hingga pada tahun 1970 berganti nama lagi menjadi Lembaga Oseanologi nasional.

Saat ini lembaga tersebut telah memiliki sebuah stasiun penelitian yang sudah berjalan dengan baik. Dimana disini telah dilengkapi dengan segala peralatan laboratoriun dan juga beberapa kapal peneliti yang sudah melakukan berbagai macam penelitian di perairan yang ada disekitarnya.

Oseanografi

 merupakan ilmu yang mempelajari tentang semua aspek mulai dari kelautan dunia hingga samu Pengertian Oseanografi (Menurut Para Ahli) dan Manfaatnya

Definisi Oseanografi menurut para ahli dan manfaatnya

Menurut Ingmanson dan juga Wallce selain Oseanografi terdapat juga istilah oseanologi. Dengan adanya akhiran ologi ternyata sebuah ilmu pengetahuan atau cabang pengetahuan. Jadi, oseanologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang laut.

Walaupun kedua ilmu tersebut mempunyai perbedaan, namun ilmu tersebut sangat sering digunakan untuk arti yang sama, yakni sebuah studi ilmiah tentang laut dan berbagai macam peristiwa atau fenomena yang sedang terjadi di laut.

Baca juga : Pengertian Geografi

Adapun beberapa manfaat dari Oseanografi, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Ingin memenuhi rasa ingin tahu dan penasaran
Pada jaman dahulu ada banyak sekali hal yang belum terungkap. Dengan adanya hal tersebut pasti akan menimbulkan rasa penasaran dan rasa ingin tahu yang sangat tinggi terutama bagi para ilmuan. Dengan begitu laut akan menjadi objek untuk penelitian.

2. Adanya kemajuan ilmu pengetahuan
Dengan mempelajari ilmu Oseanografi maka ini merupakan sebuah kemajuan tentang ilmu kelautan. Dalam mempelajari ilmu ini dalam kemajuan ilmu pengetahuan dapat dilakukan dengan cara sistematis dan juga ilmiah. Dimana penelitian tersebut berdasarkan hasil dari penelitian sebelumnya. Setelah itu, hasil dari penelitian tersebut akan disebarkan kedalam bentuk majalah ilmiah.

3. Memanfaatkan sumber daya hayati
Dengan mempelajari Oseanografi, maka Anda dapat mempelajari mengenai sumber daya hayati laut. Bahwa berbagai macam jenis ikan serta biota laut dapat dijadikan sebagai sumber pangan dan obat-obatan. Ilmu ini memiliki fungsi untuk mengetahui tentang adanya sumber daya itu, mengetahui potensi, cara mendapatkan dan mengilahnya. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana cara membudidayakan supaya semua itu tidak akan cepat punah.

4. Memanfaatkan sumber daya non hayati
Selain pemanfaatan sumber daya hayati laut, ilmu ini juga digunakan dalam mencari sumber daya non hayati laut, mengetahui karakter dan potensi dari sumber daya tersebut.

5. Untuk sarana komunikasi
Oseanografijuga memiliki manfaat untuk menentukan tata letak yang tepat dalam meletakkan dan memasang posisi kabel supaya kabel yang ada didalam laut bisa digunakan dengan semaksimal mungkin.

Baca juga : Pengertian Meterorologi

Nah, itulah informasi mengenai Oseanografiyang perlu Anda ketahui. Ternyata dalam mempelajari ilmu ini ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Jadi dari ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa Oseanografiadalah ilmu yang didalamnya ada banyak ilmu. Ilmu ini tidak bisa berdiri sendiri, pasalnya didalamnya ada banyak ilmu yang berkaitan. Dengan begitu, jika mempelajari ilmu Oseanografi juga harus mempelajari ilmu yang juga berkaitan.