Ini Dia 3 Faktor Penyebab Global Warming Yang Tidak Pernah Disadari

Dewasa ini, permasalahan global warming sepertinya telah menjadi isu lingkungan hidup yang ternyata memberikan dampak negative atas kehidupan di muka bumi ini. Tentunya, munculnya masalah semacam ini tidak lain karena ulah manusia sehingga ketidakseimbangan unsur yang ada di bumi tidak bisa lagi dihindarkan. Secara umum, penyebab global warming tersebut disebabkan oleh berbagai hal yang salah satu diantaranya adalah mencuatnya efek rumah kaca yang menimbulkan adanya peningkatan berbagai gas yang menyebabkan suhu di bumi mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Ini Dia 3 Faktor Penyebab Global Warming Yang Tidak Pernah Disadari

 permasalahan global warming sepertinya telah menjadi isu  Ini Dia 3 Faktor Penyebab Global Warming Yang Tidak Pernah Disadari

Lebih jauh terkait dengan penyebab global warming, seperti yang tersebut di atas, beberapa dampak yang bisa saja disebabkan oleh adanya permasalahan ini diantaranya adalah kerusakan ekosistem flora ataupun fauna atas terjadinya ketidakseimbangan kelembaban, sumber makanan, kadar air dan suhu di suatu tempat.

Di lain sisi, masalah ini juga mengancam ekosistem laut berupa kerusakan terumbu karang. Bahkan, es di kutubpun akan bisa mencair mengingat permasalahan global warming ini semakin hari kian tidak bisa dikendalikan. Terkait akan hal tersebut, apa yang menjadi penyebab global warming sesungguhnya? Berikut ulasan singkatnya.

Efek rumah kaca adalah penyebab utama global warming
Siapa sangka jika peningkatan suhu di permukaan bumi pada akhir-akhir ini merupakan salah satu penyebab global warming. Dengan kata lain, ketika sinar matahari memantulkan sinarnya ke bumi, maka bumi akan menyerap sekaligus memantulkan sisa panas kembali ke angkasa luar.

Panas matahari yang juga mengandung sinar infrared ini ternyata ada yang sebagian terjebak di lapisan atmosfir, sehingga menyebabkan adanya penumpukan atas jumlah gas rumah kaca seperti halnya metana, uap air dan karbon dioksida. Hal inilah yang kemudian menyebabkan adanya peningkatan suhu di bumi yang semakin tidak terkendali.

Munculnya efek umpan balik sebagai penyebab munculnya global warming
Perihal lain yang ternyata juga dikatakan sebagai penyebab global warming adalah adanya permasalahan atas efek umpan balik dari proses penguapan. Bisa dikatakan bahwasannya umpan balik ini bisa dilihat dari adanya ketidakmampuan atas es dalam memantulkan cahaya yang dipantulkan oleh sinar matahari.

Meskipun daratan memiliki kemampuan memantulkan cahaya matahari, namun kemampuan tersebut tidak sebanding dengan es yang ada di kutub utara ataupun selatan. Hal ini disebabkan oleh adanya es yang mencair mengalami peningkatan dan mengakibatkan adanya efek atas terbukanya daratan yang ada di bawah lapisan es tersebut. Seiring dengan mencairnya es, peningkatan suhu di permukaan bumipun bukan lagi menjadi suatu hal yang dipertanyakan.

Merebaknya kasus penggundulan hutan
Akhir-akhir ini banyak sekali permasalahan illegal lodging yang ternyata merupakan penyebab global warming di muka bumi ini. Hal ini tentunya akan menyebabkan jumlah pohon yang ada di permukaan bumi mengalami pengurangan dalam jumlah yang drastis sehingga gas CO2 juga akan mengalami peningkatan sebanyak 20 persen.

Adanya permasalahan ini menyebabkan terjadinya perubahan dari sistem hidrologis yang kemudian menyebabkan adanya permasalahan terkait dengan tingkat kesuburan dari tanah. Ketika penebangan pohon ini tidak bisa dikendalikan secara baik, maka jumlah pohon yang saat ini ada di atas permukaan bumi ini tidak bisa menyeimbangi jumlah konsentrasi atas gas CO2 di udara.

Ada berbagai penyebab global warming yang sudah sepatutnya untuk difahami sebagai langkah kecil dalam mengurangi efek buruk dari permasalahan pemanasan global. Tindakan penebangan pohon secara illegal, efek rumah kaca hingga munculnya efek umpan balik juga dianggap sebagai penyebab global warming. Ketika hal negative yang demikian ini tidak bisa dihindarkan lagi, sudah pasti akan menyebabkan terjadinya dampak negative atas ketidakseimbangan ekosistem yang ada di muka bumi.

Demikian artikel Ini Dia 3 Faktor Penyebab Global Warming Yang Tidak Pernah Disadari yang semoga bermanfaat.