Inilah Pengertian Guru dan Keterampilan Dasar yang Harus Dimilikinya

Pengertian guru ✓ Menjadi guru merupakan salah satu profesi yang didambakan oleh beberapa orang. Guru dianggap sebagai orang yang patut untuk digugu dan ditiru, artinya dipatuhi dan diikuti semua sikap dan sifat baik yang ada dalam pribadi seorang guru.

 Menjadi guru merupakan salah satu profesi yang didambakan oleh beberapa orang Inilah Pengertian Guru dan Keterampilan Dasar yang Harus Dimilikinya

Pengertian Guru

Pengertian guru dalam Bahasa Indonesia lebih mengarah kepada guru merupakan tenaga pendidik profesional yang memiliki beberapa tugas utama yaitu mendidik, mengajar, melatih, menilai serta mengevaluasi peserta didiknya.

Pengertian guru juga bisa diartikan sebagai seseorang yang menjadi pengajar di sebuah lembaga pendidikan (lembaga negeri maupun swasta) untuk anak usia dini hingga pendidikan menengah. Dalam profesinya, menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah. Seorang guru harus memiliki beberapa kriteria agar bisa dikatakan sebagai guru yang profesional.

Di Indonesia sendiri, profesi guru dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan statusnya, yaitu guru tetap berstatus PNS dan guru tidak tetap atau honorer (sukwan).

1. Pengertian Guru Tetap (berstatus PNS)
Guru tetap yang berstatus PNS yaitu Pegawai Negeri Sipil merupakan seorang guru yang sudah dinyatakan sebagai guru oleh pemerintah Indonesia. Tugas yang diberikan kepada guru tetap haruslah dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Gaji yang diterima oleh guru berstatus PNS juga ditentukan langsung oleh kementerian pendidikan Indonesia.

2. Pengertian Guru Tidak tetap (berstatus honorer)
Selama tidak ada pengangkatan atau pembukaan lowongan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), seorang guru tidak tetap tidak akan menjadi PNS. Kecuali ada jalur khusus yang memang diprogramkan oleh pemerintah berdasarkan masa kerja atau masa mengabdi. Di Indonesia, jumlah guru honorer sangatlah banyak. Ada yang mengabdi bahkan hingga belasan tahun lamanya dan masih tetap berstatus guru honorer atau biasa dikenal dengan guru sukwan. Gaji yang didapat oleh guru honorer ditentukan oleh lembaga bersangkutan tempat guru tersebut mengabdi. Namun biasanya, setelah beberapa tahun mengabdi, akan ada insentif tambahan dari pusat yang ditransfer langsung ke masing-masing rekening guru yang bersangkutan.

Keterampilan Dasar Yang Harus Dikuasai Guru

Menjadi seorang guru yang profesional, ada setidaknya 7 keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang guru, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Keterampilan Menanya
Pengertian guru yang memiliki keterampilan menanya yaitu guru yang mampu memberikan pertanyaan kepada peserta didiknya. Hal itu dilakukan sebagai upaya memberikan kesempatan bagi peserta didik dalam mengemukakan pendapat dan mengarah pada pendalaman materi.

2. Keterampilan Memberikan Penguatan
Pengertian guru mampu memberikan penguatan yakni guru yang secara verbal maupun non verbal mampu menunjukkan sikap respon dan respect atas tindakan yang dilakukan oleh peserta didiknya. Pemberian penguatan bisa berupa pujian, penghargaan, senyuman, atau bahkan hadiah agar setiap peserta didik bisa tergugah hatinya menjadi lebih baik.

3. Keterampilan Membuat Variasi
Pengertian guru yang mampu membuat variasi dalam kelas bisa berupa variasi dalam teknik, metode maupun media pembelajaran. Hal itu dilakukan untuk memusatkan perhatian siswa.

4. Keterampilan Memberi Penjelasan
Layaknya seorang guru yang baik, haruslah mampu memberi penjelasan tentang materi secara telaten dan baik sampai dirasa seluru peserta didiknya menjadi paham.

5. Keterampilan Membuka dan Menutup KBM
Kegiatan belajar mengajar di kelas memang perlu adanya kegiatan pembuka dan penutup sebagai kegiatan wajib. Guru harus bisa melakukannya dengan baik agar peserta didik merasa nyaman saat mengawali dan mengakhiri waktu belajarnya di sekolah.

6. Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil dan Perseorangan

7. Keterampilan Mengelola Kelas

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:

1. Pengertian permainan bola voli

2. 3 Faktor Penyebab Global Warming

Ketujuh keterampilan dasar harus dikuasai dengan baik oleh seorang guru. Jadi, pengertian guru bukanlah hanya menjelaskan siapakah yang disebut guru, namun juga membahas mengenai apa hal yang harus dikuasai oleh seorang guru.