Mengenal Definisi Dari Komputer

Pengertian komputer ✓ Memiliki sesuatu yang canggih dan bisa digunakan untuk semua keperluan adalah hal yang memudahkan. Semua orang membutuhkannya dan akan mengincarnya. Maka sejak beberapa waktu lampau muncullah komputer sebagai alat canggih pengolah data dan pengolah angka. Hingga kini, komputer terus berkembang dan bisa dipakai sebagai alat pengakses informasi dari seluruh dunia lewat koneksi internet. Namun jangan lupa untuk memahami pengertian komputer yang lebih detail.

 Memiliki sesuatu yang canggih dan bisa digunakan untuk semua keperluan adalah hal yang me Mengenal Definisi Dari Komputer

Pengertian Komputer

Sejak awal kemunculannya, komputer telah digandrungi banyak orang dari seluruh dunia. Bahkan mereka menjadi kecanduan komputer. Di komputer banyak ikon atau program aplikasi yang memudahkan. Mulai dari pengolah foto, pengolah angka, pengolah data, menggambar, dan lain-lain. Ada keyboard yang berfungsi memasukkan huruf ke dalam memori komputer sehingga bisa menghasilkan sebuah tulisan. Kemudian mencetak hasil tulisan tersebut juga lewat komputer yang dikonekkan atau disambungkan dengan printer.

Komputer ini hadir sebagai penyempurna mesin ketik manual. Lebih lengkap komponennya, karena komputer ini memiliki layar sebagai penampil gambar atau data, CPU sebagai otaknya, harddisk sebagai memorinya, dan lain-lain. Penggunaannya pun kian mudah, apalagi kini ada komputer jinjing yang bernama laptop.

Walaupun komputer sudah sangat familiar, namun banyak yang belum begitu jelas dengan definisi atau pengertian komputer itu sendiri.

Mengenal Kembali Pengertian Komputer

Berikut adalah beberapa definisi komputer yang perlu kita ketahui:

1. Komputer adalah alat pengolah data yang sangat cepat karena didukung oleh processor yang canggih. Tanpa ada campur tangan manusia, komputer menjadi alat penghitung data yang mampu menyelesaikan semua jenis operasi hitung dengan tepat. Pengertian ini adalah berasal dari American Standart Institute.

2. Menurut Wimatar, dkk, komputer dinyatakan sebagai bentuk alat elektronik yang memiliki fungsi utama sebagai alat pengolah data dan menghasilkan informasi yang berguna.

3. Sedangkan C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky menyatakan bahwa komputer adalah sebuah jenis penghitung elektronik yang super cepat. Di mana data akan tersimpan dengan aman dan rapi, lalu kemudian dikeluarkan berupa informasi sebagai outputnya.

4. Komputer adalah alat elektronik yang mendapatkan input dan mampu mengeluarkan output. Input yang masuk akan diolah, disimpan, lalu keluarlah outputnya. Pengertian ini diutarakan oleh Robert H. Blissmer.

5. Gordon B. Davis menyatakan bahwa komputer adalah alat untuk menghitung uang yang secara khusus didesain.

6. Pendapat lain berasal dari Williams Sawyer yang memberikan pengertian kepada komputer sebagai mesin pemrograman multiguna yang akan diolah atau dinahkodai oleh usernya.

7. Larry Long dan Nancy Long berpendapat bahwa komputer adalah alat hitung canggih yang mampu menjalankan 4 perintah, yakni perintah imput, operasi logika, output, dan perhitungan.

8. Menurut Arif Susanto, komputer berasal daru bahasa Latin “computare” yang artinya “menghitung”. Jadi komputer adalah sekelompok alat penghitung elektronik yang berisi peralatan input untuk mengolah dan memerintah input yang masuk sehingga menghasilkan output yang diinginkan.

9. Pengertian komputer menurut Robert H. Blissmer adalah alat elektronik multiguna yang berfungsi untuk :

  • Menerima segala macam input, baik berupa angka, data, gambar, suara, dll.
  • Mampu memproses input yang didapatkan melalui program-program yang terpasang
  • Menyimpan hasil pengolahan input
  • Menyediakan output yang berupa informasi-informasi

10.Menurut Elias M. Awad, komputer adalah alat pemrosesan data berupa angka dan tulisan secara digital dan analog.

11. Komputer diartikan sebagai alat pemecah persoalan, sehingga sangat memudahkan penggunanya.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:

1. Pengertian Implementasi

2. Pengertian NPWP

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian komputer lebih dominan kepada alat elektronik canggih sebagai pengolah input untuk menghasilkan output yang diinginkan. Di mana jenis input bisa berupa gambar, suara, angka, data, dll. Di mana di dalamnya ada aplikasi-aplikasi yang dilengkapi dengan perintah-perintah berdasarkan bahasa pemrograman.