40 Soal UAS/USBN Biologi SMA/MA Lengkap dengan Jawabannya Part-3

40 Soal UAS/USBN Biologi SMA/MA Lengkap dengan Jawabannya Part-3 2020 – Melanjutkan tulisan soal UAS/USBN Biologi bagian ke-1 dan bagian ke-2 (soal nomor 16-30) yang keduanya berbentuk pilihan ganda/PG, maka untuk bagian ketiga atau terakhir, butir soalnya berentuk essai/uraian.

Dengan dimulai dari pertanyaan nomor 31, berikut dibawah ini soal uas biologi kelas 12 semester genap beserta jawabannya.

31. Apabila penggantian basa nitrogen pada purin digantikan kedudukannya oleh basa pirimidin disebut sebagai peristiwa apa? Berikan skemanya!
Jawaban:
Tranversi yaitu mutasi gen akibat penggantian basa purin diganti basa pirimidin atau sebaliknya missal A -> T atau sebaliknya S -> G atau sebaliknya.

32. Sebutkan macam mutasi yang menyebabkan pergeseran kerangka kromosom, dan berikan contohnya!
Jawaban:
Mutasi yang menyebabkan pergeseran kerangka kromosom:
a. insersi: terjadi penyisipan gen
b. delesi: terjadi pengurangan gen

33. Apabila di suatu kota H ada 1.000 orang diketahui bergolongan darah A ada 130orang, sedangkan yang bergologan darah O ada 360 orang. Berapa orang yang bergolongan darah B heterozigot?
Jawaban:
Diketahui:
A = 130. O = 360, Populasi = 1.000
Berapa golongan B heterozigot?

34. Sebutkan prinsip-prinsip hukum Hardy-Weinberg!
Jawaban:
Prinsip hukum Hardy-Weinberg menyatakan bahwa keseimbangan akan tercapai atau frekuensi gen akan tetap (konstan) apabila terpenuhi syarat-syarat:
a. populasi harus cukup besar
b. tidak ada emigrasi
c. tidak ada mutasi
d. reproduksi berlangsung secara acak

35. Jika pada suatu desa Inhe jumlah pria penderita buta warna ada 9%. Berapa prosentase wanita yang normal tetapi pembawa sifat buta warna?
Jawaban:

36. Jelaskan evolusi kuda dari jaman eosin sampai jaman sekarang dengan ciri gigi dan kaki yang dimiliki di setiap zamannya!
Jawaban: Sampai saat ini, dari semua fosil yang telah ditemukan, yang terlengkap adalah fosil kuda, karena ditemuka di semua zaman geologi. Evolusi kuda dimulai lebih kuarng 60 juta tahun yang lalu. Secara berurutan fosil tersebut adalah:
a. Eohippus (Hyracotherium) dari zaman Eosen (60 juta tahun yang lalu), jumlah gigi 22 pasang dengan 3 gigi seri pada setiap sisi gigi seri, 1 taring, 4 gigi premolar, dan 3 gigi geraham yang hanya khusus untuk menggiling makanan. Kaki depannya terdiri dari 1 rudimen dan 4 jari, sedangkan kaki belakang mempunyai 3 jari dan 2 jari rudimen.

b. Mesohippus dari zaman oligosen (40 juta tahun yang lalu), memiliki beberapa jumlah gigi geraham yang hampir menjadi gigi geraham untuk meningkatkan kemampuannya mengunyah makanan. Mesohippus berukuran lebih besar dari hyracotherium dengan jumlah 3 jari di setiap kakinya, jari tengahnya juga lebih besar daripada jari-jari lainnya. Selain itu, Meshohippus mempunyai kaki yang lebih kuat dan lincah dibandingkan dengan hyracotherium.

c. Merrychippus dari zaman Miosen (30 juta tahun yang lalu), memiliki 3 jari pada kaki belakangnya, dan 4 jari pada kaki depannya. Kaki merrychippus berkembang menjadi kaki yang panjang, dan berbeda dengan kaki kuda yang ada pada zaman sekarang.
d. Pilohippus dari zaman Pliosen (20 juta tahun yang lalu), leluhur jenis kuda ini hanya memiliki satu jari/tracak pada setiap kakiknya.

Jari-jemari pada nenek moyangnya telah berkurang jumlahnya sampai tinggal satu jari di setiap kakinya yang telah dilindungi oleh kuku yang sangat keras dan telah termodifikasi. Struktur kaki kuda zaman  sekarangpun telah beradaptasi bukan hanya untuk hidup di padang rumput tetapi juga untuk berlari dengan cepat. Jenis kaki ini membuat kuda dapat berlari dengan sangat cepat tanpa khawatir akan resiko terkilir.

e. Equus sudah mulai muncul pada zaman Pleistosen (1 juta tahun yang lalu), dengan jari-jemari yang telah berkurang jumlahnya tinggal 1 jari disetiap kakinya yang telah dilindungi oleh kuku yang sangat keras dan telah termodifikasi.

37. Bagaimana cara kerja dari bahan kimia yang termasuk kelompok analog dengan basa nitrogen?
Jawaban: cara kerja: bahkan kimia nanalog dengan basa nitrogen yaitu menggantikan basa nitrogen normal selama proses replikasi DNA.

38. Bagaimana cara pembentukan pirimidin dimer dan apa penyebabnya?
Jawaban: pembentukan piramidin dimer terjadi jika basah timin (T) membentuk matan kovalen bersama. Penyebabnya DNA menyerap sinar UV matahari.

39. Jelaskan perbedaan teori evolusi menurut Darwin dan Lamarck!
Jawaban:
– Menurut Charles Robert Darwin: leher jerapah bervariasi, yang panjang menang dalam kompeteisi mencari makan, sehingga jerapah yang berleher pendek akna mati dan yang berleher panjang akna tetap lestari (survival)
– Menurut Lamarck: leher jerapah semula pendek, karena mencari amakn di tempat yang tinggi, akhirnya lehernya bertambah panjang.

40. Sebutkan evolusi manusia (fosil) yang pernah ada di muka bumi dari yang paling tua sampai yang paling modern!
Jawaban: evolusi manusia (fosil), yang pernah ada di muka bumi dimulai dari radiasi primata, lalu radiasi hominoid, garis sebelum manusia (pramanusia), dan manusia masa kini (modern).
Dijelaskan dengan periode dalam bentuk tabel dibawah ini: