Rangkuman Materi UN/UNKB Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL 3

Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL bagian ketiga, merupakan lanjutan rangkuman bagian pertama mengenai Paragraf dan bagian kedua yang berisikan materi tentang Tajuk Rencana, Karya Tulis Ilmiah, dan Teks Pidato. Pada bagian ke-3, anda bisa mempelajari rangkuman dan contoh soal b. Indonesia tentang “Resensi, Esai, Kritik, dan Biografi”.

Oh ya, bagi anda yang mau langsung ke contoh soal dan pembahasan per SKLnya, bisa langsung gulir mouse anda ke bagian bawah, tanpa harus membaca rangkuman ini terlebih dahulu.

Oke, berikut ini rangkumannya.

3# Resensi, Esai, Kritik, dan Biografi 

Resensi

Prinsip atau unsur-unsur yang harus ada dalam sebuah resensi buku sebagai berikut.
a. Judul resensi harus menarik dan menggambarkan isi buku.
b. Identitas Buku, seperti judul, nama pengarang, nama kota, dan penerbit, jumlah halaman, cover serta harga buku.
c. Kepengarangan berupa latar kepengarangan pengarang, buku-buku yang pernah ditulis pengarang, pengahrgaan yang pernah diraih, dan dari mana penghargaan itu berasal.
d. Inti cerita atau synopsis, diungkapkan secara singkat, menarik, dan menggambarkan persoalan yang muncul dalam buku serta pelaku utama dalam cerita.
e. Penilaian tentang unsur intrinsic, baik kelemahan maupun keunggulannya.
f. Bahasa pengarang dalam buku
g. Kesimpulan terhadap buku yang diresensi dan dapat disertai ajakan kepada pembaca untuk membaca buku tersebut.

Esai dan Kritik

Menurut H. B. Jassin, esai adalah uraian singkat yang membicarakan beragam hal dan tidak teratur seperti di petik dari berbagai jalan pikiran. Dalam esai akan terlihat keinginan sikap terhadap soal yang dibicarakan dan terhadap kehidupan seluruhnya. Kritik adalah karangan yang membuat penilaian baik-buruk atas karya yang sedang di bahas. Penyajiannya harus sistematis dan mengacu kepada teori atau aturan-aturan bidang tertentu yang sesuai dengan karakteristiknya.

Biografi Tokoh

Biografi tokoh adalah riwayat hidup seorang tokoh sejak dilahirkan sampai meninggal. Tujuan membaca buku biografi sebagai berikut.
a. Mencari hal-hal yang menarik atau mengagumkan dari perjalanan hidup tokoh
b. Mencari hal yang dapat dicontoh atau diteladani dari sosok tokoh tersebut untuk kehidupan sendiri
c. Mencari keistimewaan dari tokoh tersebut
Unsur-unsur yang terdapat dalam biografi;
a. tempat dan tanggal lahir
b. riwayat pendidikan
c. riwayat pekerjaan
d. perjalanan karir, dan
e. karya-karya yang telah dipublikasikan

Latihan Soal Tipe UN/UNBK B. Indonesia dan Pembahasannya 3#

1. Bacalah kalimat resensi berikut dengan saksama!
Banyak buku lain yang memuat tulisan para anggota Forum Lingkar Pena (FLP), baik di pusat maupun di daerah-daerah. Buku ini bahasanya halus dan lancer. Pengarang berdakwah lewat cerita. Kekuatan visinya jelas. Seluruh royalty buku yang diterima para penulis akan didedikasikan kepada Yusakh Ananda, seorang yang sudah renta, tetapi masih setia menulis sambil berjualan di kantin sekolah.
Kalimat resensi yang berupa keunggulan buku berdasarkan penjelasan tersebut adalah ….
a. Para penulis yang tergabung dalam forum Lingkar Pena telah membuat  banyak buku di pusat dan daerah.
b. Bahasa yang digunakan halus dan lancar, kekuatan visi cerita disampaikan melalui dakwah
c. Yusakh Ananda merupakan penulis renta yang tetap berkarya sambil berjualan di kantin sekolah.
d. Seluruh royalti yang diterima penulis anggota FLP akan disumbangkan kepada Yusakh Ananda.
e. Para penulis anggota FLP sangat peduli terhadap visi, dakwah, dan pemakaian bahasa yang halus dan lancar dalam karya mereka.
Jawaban: B

Pembahasan:
Kalimat yang menunjukkan keunggulan buku adalah ketika mengomentari bahasa yang digunakan dan kekuatan cerita yang disampaikan melalui dakwah. Hal ini terlihat dalam kalimat, “Buku ini bahasanya halus dan lancar. Pengarang berdakwah lewat cerita. Kekuatan visinya jelas.”

2. Bacalah kutipan esai berikut dengan saksama!
Kesenjangan di Indonesia cenderung naik pada tahun-tahun ini. Kesenjangan itu Nampak seperti berikut. Pertama, adanya peningkatan kesenjangan pemilikan lahan sector pertanian. Kedua, adanya kesenjangan akses untuk memasuki aktivitas ekonomi sebgaai sumber pendapatan. Di sektor pertanian, misalnya, petani kecil kesulitan mendapatkan kredit. Ketiga, kesenjangan untuk mendapatkan akses pelayanan dasar, seperti pendidikan dan kesehatan.
Hal yang diungkapkan dalam esai tersebut adalah ….
a. Kesenjangan merupakan salah satu pokok persoalan ekonomi kita akhir-akhir ini.
b. Petani semakin sulit hidupnya sehingga lahan pertaniaannya semakin menipis
c. Kesenjangan yang terjadi antara petani dengan pemerintah Indonesia
d. Pendidikan dan kesehatan semakin tidak dijangkauoleh petani
e. Petani kecil selalu mendapatkan kesulitan untuk memperoleh kredit dari pemerintah
Jawaban: A

Pembahasan:
Untuk menemukan hal yang hendak disampaikan sebuah esai, kita harus mencari kalimat utamanya. Kalimat utama dalam paragraf esai berikut adalah kalimat di awall paragraf yang mengatakan bahwa kesenjangan merupakan salah satu pokok persoalan ekonomi negara kita akhir-akhir ini.

Lanjut ke bagian keempat mengenai materi tentang Surat Resmi => Rangkuman Materi UN/UNKB Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL 4