Rangkuman Materi UN/UNKB Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL 5

Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL 5, berisikan materi soal-soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia sebagai referensi atau bekal mempersiapkan UN tahun ajaran 2018/2019, yaitu materi tentang Tabel, Grafik, dan Diagram. Tentunya, berbeda dari rangkuman bagian ke-4 yang berisikan tentang surat resmi.

Berikut rangkuman, contoh soal dan pembahasan per SKL UNBK b. Indonesia bagian kelima………….

5# Tabel, Grafik, dan Diagram 

Tabel

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga mudah untuk disimak.

Penentuan isi tabel dapat dilakukan dengan cara memahami fakta yang terdapat dalam tabel. Tabel terdiri dari kolom (memanjang ke kanan) dan baris (memanjang ke bawah). Kolom dan baris dihubungkan dengan data yang merupakan isi dari tabel tersebut.

Grafik

Grafik adalah lukisan pasang surut suatu keadaan yang digambarkan dengan garis atau gambar. Biasanya untuk menunjukkan turun naiknya hasil, statistik dan sebagainya.

Seperti dalam memahami tabel, untuk memahami grafik dimulai dengan memahami fakta yang terdapat dalam grafik. Agar mudah memahami fakta di dalam grafik, buatlah pertanyaan-pertanyaan dengan mengacu pada rumus 5W + 1H (what, where, when, who, why, dan how) terhadap isi grafik tersebut.

Baca juga: Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas XII Semester 2 Beserta Jawaban

Diagram

Diagram adalah gambaran yang memperlihatkan atau menerangkan sesuatu. Cara memahami diagram sama dengan memahami tabel dan grafik, yaitu dengan memahami fakta yang di dapat dari mengajukan pertanyaan 5W+1H. Berikut contoh diagram berbentuk garis.

Latihan Soal Tipe UN/UNBK B. Indonesia dan Pembahasannya 5#

Cermatilah tabel berikut!

Alasan ke Pameran Buku 
(dalam persen)

Pernyataan yang sesuai dengan tabel tersebut adalah …..
a. Orang yang berusia ≤ 20 tahun lebih banyak mengikuti perkembangan buku baru dibandingkan yang berusia ≥ 41 tahun
b. Para manula banyak yang mengikuti acara pendukung di sebuah pameran buku untuk menambah wawasan
c. Orang yang berusia 30 tahun datang ke pameran buku karena ingin mengikuti acara pendukung pameran
d. Produk yang dijual pada sebuah pameran buku lebih menarik minat pengunjung yang berusia ≤ 20 tahun dibandingkan dengan yang berusia ≥ 30 tahun
e. Orang yang mengunjungi pameran buku umumnya ingin bereaksi yang bermanfaat sambil membaca buku
Jawaban: D

Pembahasan:
Produk yang dijual lebih menarik minat pengunjung yang berusia lebih dari 20 tahun sebanyak 15,8%, berbeda dengan pengunjung yang berusia kurang dari 30 tahun yang hanya 3,4%.

Lanjut ke ringkasan tentang Hikayat dan Gurindam => Rangkuman Materi UN/UNKB Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL 6